![]() |
Gambar Gelombang pada Tali |
A. Pengantar
Berdasarkan energinya, gelombang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gelombang mekanis dan gelombang elektromagnetik. Perambatan gelombang mekanis memerlukan medium (perantara), misal gelombang tali, gelombang air, dan gelombang bunyi. Perambatan gelombang elektromagnetik tidak memerlukan medium, misal gelombang cahaya.
Dari kedua
jenis gelombang tersebut, yang akan kamu pelajari adalah
gelombang mekanis. Apakah
yang dirambatkan oleh gelombang tersebut? Agar mengetahuinya,
lakukan kegiatan berikut.
B. Apa yang kamu perlukan?
1. Tali dengan panjang 3 m
2. Karet gelang
C. Apa yang harus kamu lakukan?
1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan!
2. Ikatlah karet gelang pada tali kira-kira
pada jarak 0,5 m dari salah satu ujungnya!
3. Peganglah salah satu ujungnya olehmu dan
ujung yang lain oleh temanmu, kemudian usikan tali ke atas dan ke bawah!
4. Amati yang terjadi pada tali dan karet
gelang yang diikatkan tadi!
D. Hasil Pengamatan
![]() |
Gambar Karet gelang bergerak mengikuti gerak tali |
E. Apa yang perlu kamu diskusikan?
1.
Pada saat kamu getarkan, apakah karet gelang ikut merambat bersama
gelombang?
Jawab: Karet gelang ikut bergerak bersama gelombang tali.
2. Apakah bagian tali ikut berpindah merambat
bersama gelombang?
Jawab: Bagian tali (karet) tidak ikut berpindah, tetapi bergerak naik turun pada tempat yang sama.
3. Apa yang dirambatkan oleh gelombang?
Jawab: Energi gerak.
4. Mintalah temanmu untuk menggetar-getarkan
tali tersebut dengan cepat. Apakah kamu merasakan sesuatu?
Jawab: Ya, merasakan getaran.
5. Berdasarkan percobaan dan diskusi yang
telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Kesimpulan: Percobaan tersebut
membuktikan bahwa gelombang merambat hanya menghantarkan energi, mediumnya
tidak ikut merambat.
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam, untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017.
Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/
SMP/MTs Saeful Karim – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam:
Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4/ Rinie Pratiwi P, -Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII/oleh H. Moch. Agus
Krisno; editor Intan Mahanani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII/oleh Wasis, Sugeng Yuli Irianto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga:
Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar