Jumat, 06 Mei 2022

Percobaan Gelombang

 

Gambar Gelombang pada Tali
Gambar Gelombang pada Tali

A. Pengantar

Berdasarkan energinya, gelombang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gelombang mekanis dan gelombang elektromagnetik. Perambatan gelombang mekanis memerlukan medium (perantara), misal gelombang tali, gelombang air, dan gelombang bunyi. Perambatan gelombang elektromagnetik tidak memerlukan medium, misal gelombang cahaya. 

Dari kedua jenis gelombang tersebut, yang akan kamu pelajari  adalah  gelombang  mekanis.  Apakah  yang  dirambatkan  oleh gelombang tersebut? Agar mengetahuinya, lakukan kegiatan berikut.

 

B. Apa yang kamu perlukan?

1. Tali dengan panjang 3 m

2. Karet gelang

 

C. Apa yang harus kamu lakukan?

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan!

2. Ikatlah karet gelang pada tali kira-kira pada jarak 0,5 m dari salah satu ujungnya!

3. Peganglah salah satu ujungnya olehmu dan ujung yang lain oleh temanmu, kemudian usikan tali ke atas dan ke bawah!

4. Amati yang terjadi pada tali dan karet gelang yang diikatkan tadi!

 

D. Hasil Pengamatan

Gambar Karet gelang bergerak mengikuti gerak tali
Gambar Karet gelang bergerak mengikuti gerak tali

E. Apa yang perlu kamu diskusikan?

1.  Pada saat kamu getarkan, apakah karet gelang ikut merambat bersama gelombang?

Jawab: Karet gelang ikut bergerak bersama gelombang tali. 

2. Apakah bagian tali ikut berpindah merambat bersama gelombang?

Jawab: Bagian tali (karet) tidak ikut berpindah, tetapi bergerak naik turun pada tempat yang sama. 

3. Apa yang dirambatkan oleh gelombang?

Jawab: Energi gerak. 

4. Mintalah temanmu untuk menggetar-getarkan tali tersebut dengan cepat. Apakah kamu merasakan sesuatu?

Jawab: Ya, merasakan getaran. 

5. Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Kesimpulan: Percobaan tersebut membuktikan bahwa gelombang merambat hanya menghantarkan energi, mediumnya tidak ikut merambat.

 

Referensi

Ilmu Pengetahuan Alam, untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs Saeful Karim – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam: Sekolah  Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4/ Rinie Pratiwi P, -Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII/oleh H. Moch. Agus Krisno; editor Intan Mahanani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII/oleh Wasis, Sugeng Yuli Irianto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. 

Baca juga:

Getaran, Gelombang, dan Bunyi  dalam Kehidupan Sehari-hari

01

Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan

02

Getaran dalam Kehidupan

03

Aktivitas Percobaan Getaran

04

Gelombang dalam Kehidupan

05

Percobaan Gelombang

06

Percobaan Gelombang Transversal

07

Percobaan Gelombang Longitudinal

08

Bunyi dalam Kehidupan

09

Percobaan Bergetar Menimbulkan Bunyi

10

Frekuensi Bunyi

11

Karakteristik Bunyi

12

Percobaan Frekuensi pada Garpu Tala

13

Percobaan Frekuensi Nada pada Senar

14

Percobaan Resonansi Bunyi

15

Percobaan Pemantulan Bunyi

16

Mekanisme Pendengaran Manusia

17

Pengamatan Struktur dan Fungsi Pendengaran

18

Percobaan Proses Pendengaran

19

Pendengaran pada Hewan

20

Aplikasi Getaran dan Gelombang dalam Teknologi

21

Inspirasi Teknologi dari Kehidupan Lumba-lumba


Tidak ada komentar: