Rabu, 04 Mei 2022

Aktivitas Percobaan Getaran

Gambar Percobaan Bandul Sederhana
Gambar Percobaan Bandul Sederhana

A. Pengantar

Untuk memahami tentang getaran, perhatikan Gambar tentang bandul sederhana. Sebuah bandul sederhana mula-mula diam pada kedudukan O (kedudukan setimbang). Bandul tersebut ditarik ke kedudukan A (diberi simpangan kecil). Pada saat benda dilepas dari kedudukan A, bandul akan bergerak bolak-balik secara teratur melalui titik A-O-B-O-A dan gerak bolak balik ini disebut satu getaran. Salah satu ciri dari getaran adalah adanya amplitudo atau simpangan  terbesar.

Gambar Bandul Sederhana
Gambar Bandul Sederhana

Setiap   kali   bergetar, berapa  banyak  waktu  yang  dibutuhkan? Apa  saja  yang  memengaruhi getaran tersebut? Agar memahami hal tersebut, lakukan kegiatan berikut.

 

B. Apa yang kamu perlukan?

1. bandul 1 buah

2. statif 1 buah

3. Stopwatch 1 buah

4. Tali nilon dengan panjang 15 cm dan 30 cm

 

C. Apa yang harus kamu lakukan?

1. Ikatkan bandul pada statif sehingga menggantung!

2. Tarik bandul dengan memberi simpangan kecil (< 10°) kemudian lepaskan. Setelah bandul bergerak satu getaran, hidupkan stopwatch!

3. Catatlah  waktu  yang  diperlukan  bandul bergerak bolak-balik dengan jumlah getaran dan panjang tali seperti yang tercantum pada Tabel berikut! 

Tabel Hasil Pengamatan Getaran Bandul

 

D. Apa yang perlu kamu diskusikan?

1.  Berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 1 getaran dengan panjang tali 15 cm? Berapa pula waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 1 getaran dengan panjang tali 30 cm?

Jawab: Jawaban soal pada nomor ini disesuaikan dengan hasil percobaan peserta didik.

Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran disebut periode (T)

2. Berapa jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon pada panjang tali 15 cm? Berapa pula jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon pada panjang tali 30 cm?

Jawab: Jawaban soal pada nomor ini disesuaikan dengan hasil percobaan peserta didik.

Jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon disebut frekuensi (f)

3. Secara matematis, bagaimana kamu merumuskan periode? Apa satuannya?

Jawab: Waktu yang dibutuhkan oleh bandul untuk menempuh atau melakukan satu kali getaran disebut periode getar yang dilambangkan dengan T dengan satuannya yaitu sekon (s). Secara matematis periode dirumuskan

rumusan periode getaran

dengan: T= periode (s), t = waktu getaran (s), dan n= jumlah getaran.

4. Secara matematis, bagaimana kamu merumuskan frekuensi? Apa satuannya?

Jawab: Banyaknya getaran dalam satu sekon disebut frekuensi (f). Satuan frekuensi adalah getaran per sekon atau disebut dengan Hertz (Hz). Secara matematis frekuensi dirumuskan

rumusan frekuensi getaran

dengan: f = frekuensi, n= jumlah getaran, dan t = waktu getaran (s).

5. Bagaimana hubungan antara frekuensi dan periode?

Jawab: Hubungan antara frekuensi dan periode dirumuskan

hubungan antara frekuensi dan periode

dengan: T= periode (s) f = frekuensi (Hz)

6. Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Kesimpulan: Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa panjang tali pada percobaan getaran bandul berpengaruh terhadap periode getar. Semakin panjang tali, periode getarnya semakin besar. Hal ini membuat frekuensinya semakin kecil. Sehingga, dapat dikatakan bahwa besar periode berbanding terbalik dengan besar frekuensi.


Referensi

Ilmu Pengetahuan Alam, untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs Saeful Karim – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam: Sekolah  Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4/ Rinie Pratiwi P, -Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII/oleh H. Moch. Agus Krisno; editor Intan Mahanani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII/oleh Wasis, Sugeng Yuli Irianto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. 

Baca juga:

Getaran, Gelombang, dan Bunyi  dalam Kehidupan Sehari-hari

01

Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan

02

Getaran dalam Kehidupan

03

Aktivitas Percobaan Getaran

04

Gelombang dalam Kehidupan

05

Percobaan Gelombang

06

Percobaan Gelombang Transversal

07

Percobaan Gelombang Longitudinal

08

Bunyi dalam Kehidupan

09

Percobaan Bergetar Menimbulkan Bunyi

10

Frekuensi Bunyi

11

Karakteristik Bunyi

12

Percobaan Frekuensi pada Garpu Tala

13

Percobaan Frekuensi Nada pada Senar

14

Percobaan Resonansi Bunyi

15

Percobaan Pemantulan Bunyi

16

Mekanisme Pendengaran Manusia

17

Pengamatan Struktur dan Fungsi Pendengaran

18

Percobaan Proses Pendengaran

19

Pendengaran pada Hewan

20

Aplikasi Getaran dan Gelombang dalam Teknologi

21

Inspirasi Teknologi dari Kehidupan Lumba-lumba

 

Tidak ada komentar: