Isu
Lingkungan
Pikirkanlah
gambar yang ada pada awal bab ini dan bacalah paragraf pada halaman tersebut.
Jika suhu di Bumi terus mengalami kenaikan akibat beragam aktivitas manusia,
yang mengakibatkan meningkatnya gas rumah kaca.
Apa
yang akan terjadi jika es di kutub terus mencair? Pertama air di permukaan laut
akan meningkat menyebabkan banjir bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir
pantai. Mereka akan kehilangan tempat tinggal. Kedua akan terus terjadi
gangguan iklim seperti yang telah kita rasakan akhir-akhir ini di berbagai
tempat di dunia, banjir di mana-mana, badai, longsor, angin kencang, gelombang
laut yang tinngi dan juga kekeringan akibat suhu di bumi yang makin meningkat.
Hal ini akan memengaruhi produksi pertanian, hasil laut, industri bahan alam
dan pembangkit listrik tenaga air.
Tidak
hanya untuk manusia, akibat melelehnya es di kutub juga terjadi pada binatang
dan tumbuhan, terutama yang hidup di kutub. Perhatikanlah Gambar berikut.
Apakah mereka bisa bertahan apabila es di kutub semakin sedikit?
Faktor-faktor apa yang dapat memperlambat mencairnya es di kutub? Dengan menggunakan prinsip metode ilmiah yang telah kalian pelajari pada Bab I dan pengetahuan sepanjang Bab II ini, rancanglah suatu percobaan untuk menyelidiki salah satu faktor yang dapat memengaruhi waktu melelehnya es.
Penelitian
dari Louisiana Tech University
menemukan bahwa setiap pepohonan hijau dapat menangkap karbon yang cukup untuk
mengimbangi emisi yang dihasilkan dari gas buang pengendara mobil selama
setahun. Untuk lebih mudah memahami pengaruh tanaman terhadap suhu Bumi, maka
dilakukanlah percobaan berikut.
Pengaruh Tanaman Terhadap Suhu Bumi
Percobaan pengaruh tanaman terhadap suhu |
A. Tujuan Percobaan: Menyelidiki Pengaruh Tanaman Terhadap Suhu Bumi
B. Hipotesis:
Ada pengaruh
tanaman terhadap suhu bumi, karena tanaman mampu menyerap gas CO2 yang
digunakan untuk fotosistesis.
C. Variabel
1. Variabel bebas: faktor yang diuji, yaitu
tanaman
2. Variabel terikat: faktor yang diukur,
sebagai akibat dari perubahan variabel bebas, yaitu perubahan suhu.
3. Variabel kontrol: faktor-faktor lain yang
harus dipertahankan sama, yaitu ukuran tabung, thermometer, Stopwatch, dan
tempat kondisinya sama.
D. Alat dan Bahan
a. Tabung plastik dengan diameter 20 cm 2
buah
b. Termometer 2 buah
c. Stopwatch 1 buah
d. Tanaman kacang hijau 5 buah
E. Prosedur
1. Membuat kelompok kerja dengan teman untuk
melakukan kegiatan observasi. Kelompok kerja terdiri atas 4 orang siswa.
2. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
3. Memberi label pada masing-masing tabung,
yaitu Tabung A dan Tabung B.
4. Memasukkan termometer pada Tabung A.
5. Memasukkan kelima tanaman kacang hijau ke
dalam Tabung B, kemudian memasukkan termometer pada Tabung B.
6. Memastikan suhu awal dari kedua termometer
tersebut adalah sama dan masing-masing ujung reservoirnya tidak menyentuh
tanah.
7. Meletakkan
kedua tabung plastik di bawah sinar matahari.
8. Mencatat
suhu kedua tabung setiap 5 menit, mulai awal percobaan (menit ke-0) sampai
dengan akhir percobaan (menit ke-20).
9. Mencatat hasil pengamatan pada Tabel.
F. Pengumpulan & Pengolahan Data Percobaan
Waktu (menit) |
Suhu Tabung tanpa Tanaman (0C) |
Suhu Tabung dengan Tanaman (0C) |
0 |
31 |
31 |
5 |
37 |
35 |
10 |
39 |
36 |
15 |
40 |
37 |
20 |
41 |
38 |
Rata-rata |
37,6 |
35,4 |
Grafik Hasil Percobaan
Grafik Pengaruh Tanaman Terhadap Suhu |
Biru :
Tabung tanpa Tanaman
Merah: Tabung dengan Tanaman
G. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat dibuat, apabila ruang
di dalam tabung tersebut dianalogikan sebagai Bumi adalah:
a. Rata-rata suhu pada Tabung A (kosong) adalah
= 37,6 0C
b.
Rata-rata suhu pada Tabung B (berisi kecambah) adalah = 35,4 0C
c.
Selisih suhu antara tabung A dengan tabung B adalah 37,6 0C – 35,4 0C
= 2,2 0C
d. Percobaan ini membuktikan adanya pengaruh tumbuhan yang dapat mengurangi kenaikan suhu.
Referensi:
Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017.
Buku Siswa Ilmu
Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Percobaan http://siefatoharoh.blogspot.com/2012/05/pengaruh-tanaman-terhadap-perubahan.html
Baca juga:
Zat dan Perubahannya | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar