Minggu, 03 Juli 2022

Proyek Berpikir secara Sains

 

Isu Lingkungan

Pikirkanlah gambar yang ada pada awal bab ini dan bacalah paragraf pada halaman tersebut. Jika suhu di Bumi terus mengalami kenaikan akibat beragam aktivitas manusia, yang mengakibatkan meningkatnya gas rumah kaca.

Apa yang akan terjadi jika es di kutub terus mencair? Pertama air di permukaan laut akan meningkat menyebabkan banjir bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir pantai. Mereka akan kehilangan tempat tinggal. Kedua akan terus terjadi gangguan iklim seperti yang telah kita rasakan akhir-akhir ini di berbagai tempat di dunia, banjir di mana-mana, badai, longsor, angin kencang, gelombang laut yang tinngi dan juga kekeringan akibat suhu di bumi yang makin meningkat. Hal ini akan memengaruhi produksi pertanian, hasil laut, industri bahan alam dan pembangkit listrik tenaga air.

Tidak hanya untuk manusia, akibat melelehnya es di kutub juga terjadi pada binatang dan tumbuhan, terutama yang hidup di kutub. Perhatikanlah Gambar berikut. Apakah mereka bisa bertahan apabila es di kutub semakin sedikit?

Faktor-faktor apa yang dapat memperlambat mencairnya es di kutub? Dengan menggunakan prinsip metode ilmiah yang telah kalian pelajari pada Bab I dan pengetahuan sepanjang Bab II ini, rancanglah suatu percobaan untuk menyelidiki salah satu faktor yang dapat memengaruhi waktu melelehnya es.

Penelitian dari Louisiana Tech University menemukan bahwa setiap pepohonan hijau dapat menangkap karbon yang cukup untuk mengimbangi emisi yang dihasilkan dari gas buang pengendara mobil selama setahun. Untuk lebih mudah memahami pengaruh tanaman terhadap suhu Bumi, maka dilakukanlah percobaan berikut.

 

Pengaruh Tanaman Terhadap Suhu Bumi

Percobaan pengaruh tanaman terhadap suhu
Percobaan pengaruh tanaman terhadap suhu

A. Tujuan Percobaan: Menyelidiki Pengaruh Tanaman Terhadap Suhu Bumi

B.  Hipotesis:

Ada pengaruh tanaman terhadap suhu bumi, karena tanaman mampu menyerap gas CO2 yang digunakan untuk fotosistesis.


C. Variabel

1. Variabel bebas: faktor yang diuji, yaitu tanaman

2. Variabel terikat: faktor yang diukur, sebagai akibat dari perubahan variabel bebas, yaitu perubahan suhu.

3. Variabel kontrol: faktor-faktor lain yang harus dipertahankan sama, yaitu ukuran tabung, thermometer, Stopwatch, dan tempat kondisinya sama.


D. Alat dan Bahan

a. Tabung plastik dengan diameter 20 cm 2 buah

b. Termometer 2 buah

c. Stopwatch 1 buah

d. Tanaman kacang hijau 5 buah

 

E. Prosedur 

1. Membuat kelompok kerja dengan teman untuk melakukan kegiatan observasi. Kelompok kerja terdiri atas 4 orang siswa.

2. Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.

3. Memberi label pada masing-masing tabung, yaitu Tabung A dan Tabung B.

4. Memasukkan termometer pada Tabung A.

5. Memasukkan kelima tanaman kacang hijau ke dalam Tabung B, kemudian memasukkan termometer pada Tabung B.

6. Memastikan suhu awal dari kedua termometer tersebut adalah sama dan masing-masing ujung reservoirnya tidak menyentuh tanah.

7.  Meletakkan kedua tabung plastik di bawah sinar matahari.

8.  Mencatat suhu kedua tabung setiap 5 menit, mulai awal percobaan (menit ke-0) sampai dengan akhir percobaan (menit ke-20).

9. Mencatat hasil pengamatan pada Tabel.

 

F. Pengumpulan & Pengolahan Data Percobaan 

Waktu (menit)

Suhu Tabung

tanpa Tanaman (0C)

Suhu Tabung

dengan Tanaman (0C)

0

31

31

5

37

35

10

39

36

15

40

37

20

41

38

Rata-rata

37,6

35,4


Grafik Hasil Percobaan

Grafik Pengaruh Tanaman Terhadap Suhu
Grafik Pengaruh Tanaman Terhadap Suhu

Keterangan

Biru    : Tabung tanpa Tanaman

Merah: Tabung dengan Tanaman 


G.  Kesimpulan 

Kesimpulan yang dapat dibuat, apabila ruang di dalam tabung tersebut dianalogikan sebagai Bumi adalah:

a. Rata-rata suhu pada Tabung A (kosong) adalah = 37,6 0C

b. Rata-rata suhu pada Tabung B (berisi kecambah) adalah = 35,4 0C

c. Selisih suhu antara tabung A dengan tabung B adalah 37,6 0C – 35,4 0C = 2,2 0C

d. Percobaan ini membuktikan adanya pengaruh tumbuhan yang dapat mengurangi kenaikan suhu.

 

Referensi:

Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Percobaan http://siefatoharoh.blogspot.com/2012/05/pengaruh-tanaman-terhadap-perubahan.html

Baca juga:

Zat dan Perubahannya

01

 Wujud Zat dan Model Partikel

02

 Aktivitas Wujud Zat dan Model Partikel

03

 Uji Wujud Zat dan Model Partikel

04

 Perubahan Wujud Zat

05

 Aktivitas Perubahan Wujud Zat

06

 Uji Perubahan Wujud Zat

07

 Perubahan Fisika dan Kimia

08

 Aktivitas Perubahan Fisika dan Kimia

09

 Uji Perubahan Fisika dan Kimia

10

 Kerapatan Zat

11

 Aktivitas Kerapatan Zat

12

 Proyek Berpikir secara Sains

Tidak ada komentar: