Minggu, 08 Mei 2022

Percobaan Gelombang Longitudinal

 

Gambar Bagian-bagian gelombang longitudinal
Gambar Bagian-bagian gelombang longitudinal

A. Pengantar

Gelombang longitudinal dapat kamu amati pada slinki atau pegas  yang diletakkan di atas lantai. Ketika slinki digerakkan maju mundur secara terus menerus, akan terjadi gelombang yang merambat pada slinki dan membentuk pola rapatan dan regangan. Gelombang longitudinal memiliki arah rambat yang sejajar dengan arah getarnya.

B. Apa yang kamu perlukan? Slinki 

Gambar Slinki
Gambar Slinki


C. Apa yang harus kamu lakukan?

1. Letakkan slinki di atas lantai yang licin dan minta temanmu memegang salah satu ujungnya!

2. Gerakkan salah satu ujung slinki dengan cara memberikan dorongan dan tarikan pada slinki!

3. Amati dan gambarkan fenomena yang terjadi pada slinki!


D. Hasil Pemgamatan

Gambar Slinki digerakkan searah dengan panjangnya
Gambar Slinki digerakkan searah dengan panjangnya

E. Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Pada saat kamu mendorong dan menarik slinki, ke arah manakah getaran pada slinki?

Jawab: Ketika slinki di getarkan slinki akan bergetar sejajar dengan arah getaran, membentuk pola rapatan dan renggangan.

2. Kemanakah arah rambat gelombang?

Jawab: Gelombang merambat sejajar dengan arah rambatan gelombang.  

3. Apakah arah getar dengan arah rambat gelombang searah? Mengapa?

Jawab: Iya, arah getar searah dengan arah rambat gelombang.

Gambar Rapatan dan Renggangan pada Gelombang Longitudinal
Gambar Rapatan dan Renggangan pada Gelombang Longitudinal

4. Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Kesimpulan: Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarannya sejajar dengan arah rambatnya.

 

Referensi

Ilmu Pengetahuan Alam, untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs Saeful Karim – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam: Sekolah  Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4/ Rinie Pratiwi P, -Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII/oleh H. Moch. Agus Krisno; editor Intan Mahanani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII/oleh Wasis, Sugeng Yuli Irianto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. 

Baca juga:

Getaran, Gelombang, dan Bunyi  dalam Kehidupan Sehari-hari

01

Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan

02

Getaran dalam Kehidupan

03

Aktivitas Percobaan Getaran

04

Gelombang dalam Kehidupan

05

Percobaan Gelombang

06

Percobaan Gelombang Transversal

07

Percobaan Gelombang Longitudinal

08

Bunyi dalam Kehidupan

09

Percobaan Bergetar Menimbulkan Bunyi

10

Frekuensi Bunyi

11

Karakteristik Bunyi

12

Percobaan Frekuensi pada Garpu Tala

13

Percobaan Frekuensi Nada pada Senar

14

Percobaan Resonansi Bunyi

15

Percobaan Pemantulan Bunyi

16

Mekanisme Pendengaran Manusia

17

Pengamatan Struktur dan Fungsi Pendengaran

18

Percobaan Proses Pendengaran

19

Pendengaran pada Hewan

20

Aplikasi Getaran dan Gelombang dalam Teknologi

21

Inspirasi Teknologi dari Kehidupan Lumba-lumba

Tidak ada komentar: