Senin, 20 Juni 2011

Velociraptor, sang “Predator Cepat”

1. Nama dan Arti
Velociraptor
Nama Velociraptor berasal dari bahasa latin kata-kata Velox artinya 'cepat'  dan raptor 'perampok' atau 'penjarah', termasuk  hewan karnivora. Velociraptor, termasuk ‘pemangsa gesit', adalah sejenis pemangsa seperti Tyrannosaurus, hanya berbadan lebih kecil dan biasa hidup berkelompok. Strategi menyerang mereka lebih pintar daripada dinosaurus lainnya. Mereka menggunakan penarik perhatian untuk mengalihkan perhatian mangsa mereka, yang sebenarnya mangsa mereka telah dikepung.

2. Deskripsi
Velociraptor hidup di akhir Zaman Kretasius sekitar 65-71 juta tahun yang lalu. Ia termasuk dalam sub-ordo Dromaesauridia yang memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 1.5 meter, tinggi 1 meter dan berat sekitar 7-14 Kilogram. Seperti Dromaesauridia lainnya, tubuh Velociraptor kemungkinan memiliki bulu. Selain itu, mereka memiliki sebuah cakar besar berbentuk melengkung, yang kemungkinan digunakan untuk menusuk atau merobek tubuh korbannya, dan juga menyerangnya dengan kuku kaki yang tajam.
Predator  Velociraptor, dapat bergerak cepat, berkaki dua, memiliki beberapa senjata rahasia juga. Yang pertama adalah cakar ukuran 6,5 cm yang dapat dengan cepat untuk melukai musuh dengan luka parah. Yang kedua adalah gigi tajam, ada 80 buah gigi runcing, beberapa sampai 2,5 cm panjangnya. Memiliki tubuh ramping dan kemampuan untuk berlari pada kecepatan tinggi, kemampuannya berburu membantu mereka bertahan hidup di dunia predator yang jauh lebih besar. Para ilmuwan telah menemukan tombol pena pada Velociraptor. Tombol ini tempat bulu burung, mungkin mereka bisa terbang, tapi memberikan petunjuk bahwa bulu bisa digunakan untuk alasan lain, seperti untuk membantu mengatur suhu tubuh, melindungi telur dalam sarang atau sebagai tampilan kawin.
Velociraptor adalah mesin pemakan daging kecil yang mungkin memakan apa pun bisa. Karena fosil Velociraptor sering ditemukan di sekitar dekat satu sama lain, diperkirakan bahwa kemungkinan besar mereka berburu dalam kelompok. Taktik berburu bersama dapat menjadikan sekelompok kecil raptor memangsa satu predator yang lebih besar dengan kecepatan dan keganasan.

3. Penemuan Fosil  Pertempuran Dinosaurus
Duel  Protoceratops lawan Velociraptor
Pada ekspedisi pada tahun 1922 di Gurun Gobi Mongolia, sekelompok ilmuwan dari Museum Sejarah Alam Amerika menemukan sebuah tengkorak Velociraptor lengkap dengan cakar. Cerita berlanjut 50 tahun kemudian dengan menceritakan penemuan lain.
Di Mongolia pada tahun 1971, sebuah tim Mongolia-Polandia menggali fosil yang terawat baik dari Velociraptor memerangi dinosaurus lain. spesimen menunjukkan cakar raptor tertanam di kepala dan perut dari Protoceratop. Selain menjadi temuan yang signifikan pertama spesies ini, itu juga merupakan terobosan untuk memahami tentang bagaimana dinosaurus hidup, menawarkan petunjuk bagaimana dinosaurus tertentu hidup berdampingan selama periode Kapur Akhir.

4. Klasifikasi
Nama Dinosaurus: Velociraptor mongoliensis
Ordo, subordo, Familia: Sauropsida, Dinosauria, Dromaeosauridae

Nama dan Artinya: "predator cepat," karena kemampuannya untuk mengejar mangsa
Hidup pada Zaman: makan Kapur, 84-80.000.000 tahun yang lalu
Lokasi: China, Mongolia, mantan Uni Soviet

5. Velociraptor dalam Budaya Populer
Fosil rangka Velociraptor
Kebanyakan orang berpikir bahwa mereka mengetahui Velociraptor dari gambaran dalam film populer Jurassic Park dan buku. Tapi Hollywood membawa banyak kebebasan dengan penafsiran dinosaurus ini, sangat memanfaatkan nama Latin dinosaurus velox (cepat) dan raptor (pemangsa, penjarah) di layar. Kenyataannya adalah bahwa sejarah tentang bagaimana kita telah datang untuk mengetahui raptor ini merupakan cerita tersendiri.
Meskipun pesona yang lebih besar dari hidupnya di film-film, sebuah Velociraptor yang tegak-berdiri sebenarnya setinggi pemain basket modern - sekitar 1,80 m. Tapi, apa itu kekurangan tidak tepat antara film dan kenyataan pada fosil, itu dibuat untuk daya tarik saja. Yang paling penting, Velocariptor tergolong cerdas dibandingkan dengan banyak rekan-rekan mereka. Mereka juga memiliki rasa penciuman tinggi dan penglihatan binokular, mata menghadap ke depan.

Sumber

Tidak ada komentar: