Selasa, 21 Juni 2011

Apatosaurus, lebih populer dengan nama Brontosaurus

1. Nama dan Arti
Apatosaurus, dikenal dengan nama populer Brontosaurus, adalah genus dari dinosaurus sauropoda yang hidup  sekitar 154 hingga 150 juta tahun lalu, selama Periode Jurasik. Apatosaurus salah satu hewan tanah terbesar yang pernah ada, dengan panjang rata-rata 23 m dan massa setidaknya 23 ton. Apatosaurus berasal dari bahasa Yunani apate nama yang berarti "menipu" dan “sauros” yang berarti "kadal". Jadi Apatosaurus artinya, "kadal menipu".  Otniel Charles Marsh memberi nama ini karena ia menganggap tulang chevron mirip dengan mosasaurus, anggota dari kelompok kadal laut prasejarah.

2. Deskripsi
Ekor Apatosaurus panjang seperti cemeti
Tulang-tulang kaki jauh lebih gempal, menyiratkan binatang ini lebih kuat dari Diplodocus. Ekor di atas tanah selama gerak normal. Seperti sauropoda kebanyakan, Apatosaurus memiliki cakar tunggal yang besar pada setiap tungkai depan, dengan tiga jari pertama pada kaki belakang memiliki cakar. Sebuah studi mikroskopis tulang Apatosaurus menyimpulkan bahwa hewan-hewan tumbuh pesat ketika muda dan menjadi dewasa sekitar 10 tahun. Tengkorak kecil dibandingkan dengan ukuran hewan. Rahang berbaris dengan gigi spatulate, yang menyerupai pahat, cocok untuk herbivora.
 Apatosaurus terlalu besar untuk mendukung berat sendiri di tanah kering, jadi mengira hidup sebagian terendam dalam air, mungkin dalam rawa. Temuan terbaru tidak mendukung hal ini. seperti Diplodocus, Apatosaurus merumput dengan leher yang sangat panjang dan ekor panjang yang berfungsi sebagai penyeimbang. Leher  diplodocid kurang fleksibel daripada yang diyakini sebelumnya, Apatosaurus beradaptasi untuk mencari makanan dari tumbuhan rendah atau tumbuhan dekat tanah. Namu dengan tubuhnya yang besar tidak kesulitan menjangkau makanan dari daun pohon, pakis, semak, sikas, tumbuhan runjung, gingko.
Pada awal abad 20, diplodocids seperti Apatosaurus sering digambarkan dengan leher mereka mengangkat tinggi di udara, yang memungkinkan mereka untuk merumput dari pohon tinggi. Baru-baru ini, para ilmuwan berpendapat bahwa jantung akan mengalami kesulitan mempertahankan tekanan darah yang cukup oksigen ke otak. Selanjutnya, penelitian yang lebih baru telah menunjukkan bahwa struktur tulang leher tidak akan mampu menekuk jauh ke atas. Penelitian  selanjutnya menunjukkan bahwa semua tetrapoda mampu menahan leher mereka sedikit lebih tinggi dari  posisi normal, pada saat waspada. Apatosaurus, seperti Diplodocus, akan memposisikan lehernya miring ke atas dengan kepala menunjuk ke bawah dalam posisi istirahat.
Mengingat massa tubuh besar Apatosaurus, dikombinasikan dengan leher yang panjang, ahli fisiologi telah mengalami masalah menentukan bagaimana hewan-hewan ini berhasil untuk bernapas.  Diduga seperti burung, memiliki kantung udara ganda dan paru-paru utama. Volume dada keseluruhan Apatosaurus telah diperkirakan 1.700 liter memungkinkan untuk 500-liter, memiliki empat-bilik jantung, seperti burung, bukan tiga-bilik seperti reptil,  dan kapasitas paru-paru 900-liter. Yang akan memungkinkan sekitar 300 liter untuk yang diperlukan jaringan. Dengan asumsi Apatosaurus memiliki sistem pernafasan burung dan metabolisme istirahat-reptil, itu akan perlu untuk mengkonsumsi hanya sekitar 262 liter air per hari. Ekor Apatosaurus mempunyai struktur sangat panjang, meruncing menyerupai cambuk. Pemodelan komputer menunjukkan bahwa sauropoda mampu menghasilkan suara seperti lecutan cambuk lebih dari 200 desibel,  sebanding dengan volume meriam.

3. Klasifikasi
Nama Dinosaurus: Apatosaurus
Nama dan Artinya: "Kadal menipu," karena bingung membedakan dengan tulang dinosaurus lain
Hidup pada Zaman: Jura Akhir, 156-144.000.000 tahun yang lalu
Lokasi: Amerika Serikat, Meksiko

Sumber

3 komentar:

Achmad Solehuddin mengatakan...

nice info gan, ngomong2 saya baru tau kalo apatosaurus itu sama dengan brontosaurus ya.

Blog Belajar IPA SMP mengatakan...

iya, dari referensinya gitu

Indra Jaya Kurniawan mengatakan...

waow infonya menarik kak.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang web gratis yukk disini saja. terimakasih