Jumat, 17 Juni 2011

Spinosaurus, sang “Kadal Berduri”

1. Nama dan Arti
Baik artikel

Spinosaurus mencari mangsa hewan air

Spinosaurus , berarti “kadal berduri” atau "kadal tulang belakang", adalah genus dari dinosaurus theropoda yang hidup di tempat yang sekarang disebut Afrika Utara, hidup pada periode Kapur , sekitar 112 sampai 97 juta tahun yang lalu. Genus ini pertama kali diketahui dari Mesir, ditemukan pada  tahun 1910-an oleh paleontolog Jerman Ernst Stromer

2. Deskripsi

Spinosaurus berjalan dengan dua kaki

Spinosaurus mungkin terbesar dari semua karnivora dinosaurus, bahkan lebih besar dari Tyrannosaurus rex dan Giganotosaurus. Perkiraan diterbitkan pada tahun 2005 dan 2007 menunjukkan bahwa ukuran panjang 12,6 sampai 18 meter  dan berat 7,7-23,0 ton. Tengkorak Spinosaurus adalah panjang dan sempit seperti yang buaya modern . Spinosaurus diperkirakan telah memakan ikan, bukti menunjukkan bahwa ia hidup baik di darat dan di air seperti buaya modern. Duri khas Spinosaurus, perpanjangan dari vertebra , tumbuh panjang setidaknya 1,65 meter dan mungkin memiliki kulit yang menghubungkan mereka, membentuk struktur seperti layar, meskipun beberapa peneliti menyarankan bahwa duri ditutupi lemak dan membentuk punuk. Beberapa fungsi telah diajukan untuk struktur ini, termasuk termoregulasi dan layar. Spinosaurus memiliki tengkorak memanjang, ukuran tubuh besar, dan punuk berlayar. panjang tengkorak Spinosaurus adalah 1,75 meter.  Sejak penemuannya, Spinosaurus telah menjadi pesaing untuk dinosaurus theropoda terpanjang dan terbesar.
Sangat mungkin bahwa layar atau punuk gabungan fungsi-fungsi ini, biasanya bertindak sebagai pengatur panas, menjadi bantuan pacaran selama musim kawin, yang digunakan untuk mendinginkan dirinya sendiri dan, pada kesempatan, berubah menjadi perangkat menakutkan. Para ilmuwan berpendapat Spinosaurus hidup antara habitat darat dan perairan untuk bersaing makanan dengan buaya besar dan theropoda besar lainnya.

3. Klasifikasi:
Nama Dinosaur: Spinosaurus
Ordo, subordo, Familia: Saurischia, Theropoda, Spinosauridae
Nama dan Artinya: "kadal berduri," karena memiliki layar diatas punggung
Hidup pada Zaman: Kapur Tengah, 100-93.000.000 tahun yang lalu
Lokasi: Mesir, Maroko, Republik Nigeria

 

4. Spinosaurus dalam budaya populer

Spinosaurus terlihat mencolok pada tahun 2001 melalui film Jurassic Park III. Konsultasi ahli paleontologi dalam film ini John R. Horner mengatakan seperti dikutip: "Jika kita mendasarkan faktor ganas pada panjang hewan, tidak ada yang pernah hidup di planet ini yang bisa cocok selain makhluk ini, Spinosaurus.  Juga hipotesis saya  adalah bahwa T-rex sebenarnya pemulung, perampas, pemakan bangkai ketimbang sebagai pembunuh. Spinosaurus benar-benar hewan predator. "  Dalam film tersebut, Spinosaurus digambarkan sebagai lebih besar dan lebih kuat daripada Tyrannosaurus .  Dalam  sebuah adegan yang menggambarkan pertempuran antara dua predator yang dibangkitkan dari fosil, Spinosaurus muncul menang dengan luka pada leher tyrannosaurus itu. Pada kenyataannya, pertempuran tidak bisa terjadi,  karena kedua spesies hidup terpisah sangat jauh, karena Spinosaurus dan Tyrannosaurus tinggal berjauhan ribuan kilometer Spinosauru hidup di tempat yang sekarang disebut Afrika sedangkan T-rex hidup di tempat yang sekarang di sebut Amerika Utara, demikian juga saat hidupnya, terpisah  jutaan tahun. Film  dibuat mengandaikan simulasi computer,  jika  mereka dihidupkan kembali dalam satu lokasi. T-rex dan Spinosaurus juga ditampilkan dalam barang dagangan yang terkait dengan film Jurassic Park, termasuk video game.

Sumber:
Gambar dari Google Images

Tidak ada komentar: