Jumat, 17 Juni 2011

Ankylosaurus, "kadal menyatu" dalam Benteng Pertahanan

1. Nama dan Arti
Ankylosaurus
Ankylosaurus berarti "kadal menyatu", adalah sebuah genus dari dinosaurus ankylosaurid, mengandung satu spesies , Ankylosaurus  magniventris. Fosil dari Ankylosaurus ditemukan dalam formasi geologi akhir dari Periode Kapur 60-75.000.000 tahun yang lalu di barat Amerika Utara.
Ankylosaurus
2. Deskripsi
Ankylosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus yang memiliki tubuh sepanjang 9 meter.  Ankylosaurus memiliki tubuh yang dilindungi oleh semacam cangkang keras yang membuat tubuhnya tidak bisa diserang dengan mudah, bahkan oleh Tyrannosaurus-Rex. Ekornya panjang lurus dan sangat keras. Jika Ankylosaurus dihadang oleh lawannya, ia akan menyerang lawan tersebut dengan ekor kerasnya dan dalam sekejap lawannya akan terjatuh. Para ilmuwan dan ahli palaeontologi biasanya menyebut Ankylosaurus dengan sebutan 'Anky kecil'.
Fitur yang paling jelas dari Ankylosaurus adalah armornya, terdiri dari tombol-tombol besar dan pelat tulang, dikenal sebagai osteoderms atau sisik, tertanam di kulit. Osteoderms juga ditemukan pada kulit buaya, armadillo dan beberapa kadal . Tulang itu mungkin dilapisi oleh lapisan dari keratin . Osteoderms ini beragam dalam ukuran, luas, pelat datar kecil, nodul bulat. Piring-piring selaras dalam baris horizontal biasa di leher hewan, punggung, dan pinggul, dengan nodul yang lebih kecil melindungi daerah antara lempeng besar. Piring kecil mungkin telah diatur pada tungkai dan ekor.
Bagian ekor yang terkenal pada Ankylosaurus terdiri dari beberapa osteoderms besar, beberapa bagian akhir vertebra menyatu ke ekor. Benda itu berat dan didukung oleh tujuh terakhir ekor vertebra, yang saling bertautan membentuk batang kaku di dasar klub. Tendon tebal telah diawetkan, yang melekat pada vertebra ini. Ini adalah sebagian tendon kaku, atau tulang dan tidak sangat elastis, memungkinkan kekuatan besar untuk ditransmisikan ke ujung ekor ketika berayun. Tampaknya telah menjadi senjata pertahanan diri aktif, mampu memproduksi cukup dari dampak yang menghancurkan untuk mematahkan tulang penyerang. Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa tombol-tombol ekor yang besar bisa menghasilkan kekuatan yang cukup untuk mematahkan tulang selama pemukulan, namun rata-rata untuk tombol-tombol kecil tidak bisa, dan bahwa perilaku ekor berayun umum untuk ankylosaurids, diduga tombol ekor besar digunakan untuk pertahanan, dan bertempur.
Ankylosaurus adalah dinosaurus bertubuh  pendek dan jongkok, dinosaurus berat lapis baja yang merupakan anggota keluarga Ankylosauridae. Sedikit seperti landak prasejarah , memiliki  pelat baja yang disebut osteoderms,  menutupi punggung dan sisi, membuat perutnya terlindungi. Beberapa piring ada di  punggung disebut lunas. Ankylosaurus juga memiliki tubuh pendek, kaki padat untuk menahan berat badan tersebut. Ukuran  tubuh adalah 9 meter panjang dan beratnya 3 - 4 ton.
Di balik masing-masing mata, Ankylosaurus memiliki sepasang tanduk. Ini mungkin telah menyediakan baris lain pertahanan terhadap pemangsa seperti Tyrannosaurus, atau mereka mungkin telah digunakan untuk tampilan atau untuk melawan saingan. Mulutnya mungkin tidak menimbulkan banyak ancaman. Ankylosaurus memiliki gigi kecil yang baik untuk meraih dan mengunyah tanaman.
Dibandingkan dengan anggota lain dari keluarga Ankylosauridae, Ankylosaurus relatif hidup singkat. Ia hidup menguasai bumi selama sekitar 5 juta tahun, sementara keluarga Ankylosauridae secara keseluruhan ada yang bertahan selama hampir 80 juta tahun, selama periode Cretaceous keseluruhan. Fosil  Ankylosaurus jarang  ditemukan, berkisar dua tengkorak dan kurang dari lima kerangka tidak lengkap. Ini berarti bahwa banyak dari apa yang kita ketahui tentang Ankylosaurus berasal dari studi tentang keluarganya.
Kaki depan Ankylosaurus agak lebih pendek daripada kaki belakang. Berdasarkan bentuk  tulang mungkin  kepala dapat digerakan kebawah dan mampu mengangkatnya. Mungkin makanannya vegetasi dataran rendah, seperti rumput dan semak belukar.

3. Klasifikasi:
Nama Dinosaurus: Ankylosaurus
Ordo, subordo, Familia: Ornithischia, Thyreophora, Ankylosauridae
Nama dan Arti "kadal menyatu," karena pelat lapis baja di bagian belakang dihubungkan bersama-sama
Waktu: Akhir Kapur, 60-75.000.000 tahun yang lalu
Lokasi: Amerika Utara Utara

Sumber:

Tidak ada komentar: