Sabtu, 18 Juni 2011

Triceratops, sang wajah bertanduk tiga

1. Nama dan Arti

Triceratops
Triceratops

Triceratops secara harfiah berarti "wajah bertanduk tiga", berasal dari Yunanitri” yang berarti "tiga",  ”kéras”  berarti "tanduk", dan ”ops”  berarti "wajah". Triceratops merupakan jenis dinosaurus bertanduk tiga yang berbadan besar. Panggilan pendeknya Tritop.

2. Deskripsi

Dinosaurus ini jarang lari ketakutan karena Tyrannosaurus, karena biasanya mereka melindungi diri mereka dengan tanduknya yang tajam. Pernah disebut sebagai dinosaurus ksatria, karena bentuk kombinasi kepala dan tanduknya membuat dirinya seperti seorang ksatria dengan pedang dan tameng. Sebutan ini ada benarnya, karena kulit yang berada pada posisi 'tameng' amatlah keras. Selain itu tanduknya yang tajam mampu membuat lawan ketakutan.

Ketika sebuah pasangan tanduk aneh digali di dataran tinggi timur Pegunungan Rocky di tahun 1880-an, ahli paleontologi mengira mereka telah menemukan sisa-sisa banteng prasejarah. Ternyata mereka menemukan dua dari tiga tanduk Triceratops, dinosaurus yang memegang tiga rekor di antara semua dinosaurus bertanduk. Itu adalah yang terbesar, terberat dan, pada waktunya, ceratopsid paling umum. Triceratops berkaki empat, dinosaurus pemakan tumbuhan, bertanduk tulang tiga, dan berkembang biak dengan baik.
Berat triceratops bisa sampai enam ton, tidak seperti kepala beberapa dinosaurus yang jauh lebih kecil dari tubuh mereka, kepala dinosaurus ini adalah sangat besar. Kepalanya sendiri adalah sepanjang manusia dewasa. Peneliti  menggunakan tengkorak yang ada untuk memperkirakan ukuran otak dan bentuk. Berdasarkan studi tersebut, otak Triceratops seukuran kepalan tangan manusia, menunjukkan dinosaurus tidak memiliki indra yang sangat bagus dan tidak termasuk pada binatang cerdas. Namun demikian, ia mahir menangkis serangan lawan untuk dirinya sendiri, menggunakan gigi untuk memotong dedaunan.

Triceratops
Triceratops

Fosil tanduk Triceratops terlihat cukup mengesankan. Dalam kehidupan nyata, tanduknya senjata kuat.  Dinosaurus  bisa menanduk atau menusuk lawan karnivora dengan tanduk hidung pendek atau dua tanduk alis panjang, yang menonjol di atas setiap mata. Jika karnivora tidak takut ketika ia menakut-nakuti dengan ancaman. Triceratops mungkin mematuk si penyerang dengan paruh ompong, namun runcing.

Triceratops agak mirip gajah dan badak hari ini. Lingkar tubuhnya sebanding dengan gajah dan juga memiliki kaki berat, seperti badak, kaki pendek, kaki lebar dengan jari-jari kaki berlapis untuk membantu bantal berat karena hidup di daerah berlumpur. Mungkin  Triceratops memiliki gaya hidup badak juga, dengan sebagian besar waktu untuk mengunyah tanaman dan kemudian menggunakan tanduknya untuk melawan ketika predator mendekat.

3. Klasifikasi

Nama Dinosaurus: Triceratops
Ordo, subordo, Keluarga: Ornithischia, Marginocephalia, Ceratopsidae
Nama dan Artinya: "wajah bertanduk tiga," karena memiliki satu tanduk di hidung dan dua tanduk panjang di kening.
Hidup pada Zaman: Kapur Akhir, 68-65.000.000 tahun yang lalu
Lokasi: Barat Amerika Serikat, Kanada Barat Daya

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Triceratops
http://dsc.discovery.com/dinosaurs

Tidak ada komentar: