Senin, 20 Juni 2011

Protoceratops, sang Wajah Bertanduk Pertama

1. Nama dan Arti

Model Protoceratops
Model Protoceratops

Protoceratops , artinya “Wajah Bertanduk Pertama”,  makna berasal dari bahasa Yunani, proto- artinya 'pertama', cerat- artinya 'tanduk', dan –ops- artinya wajah, adalah genus domba berukuran 1,5 m sampai 2 m panjangnya, termasuk dinosaurus herbivora, dari Periode Cretaceous hidup di daerah yang sekarang disebut Mongolia.

2. Deskripsi

Protoceratops
Protoceratops

Protoceratops  termasuk anggota Protoceratopsidae, sekelompok dinosaurus bertanduk awal. Tidak seperti ceratopsians kemudian, bagaimanapun, tidak memiliki tanduk yang baik dan mempertahankan beberapa ciri primitif yang tidak terlihat dalam marga kemudian. Protoceratops memiliki embel-embel leher besar, untuk melindungi leher, otot rahang untuk memakan daun.
  
Protoceratops adalah dinosaurus berkaki empat ditandai khas embel-embel leher di belakang tengkorak mereka. Ukuran, bentuk embel-embel leher bervariasi untuk tiap individu, beberapa hewan memiliki embel-embel pendek, embel-embel kompak, sementara yang lain embel-embel hampir setengah panjang tengkorak. Embel-embel ini sebagian besar terdiri dari tulang.
 
Protoceratops berukuran sekitar 1,8 meter panjangnya dan 0,6 meter tinggi di bahu. Protoceratops dewasa memiliki berat kurang dari 180 kg. Protoceratops hidup berkelompok. Protoceratops adalah dinosaurus yang relatif kecil dengan tengkorak proporsional besar. 

Meskipun herbivora, Protoceratops tampaknya memiliki otot rahang kuat, mampu untuk mengigit kuat. Rahang ini dilengkapi dengan puluhan gigi, cocok untuk mengunyah tumbuhan keras. Tengkorak memiliki paruh depan besar, lubang untuk mata sekitar 50 milimeter diameternya.

3. Penemuan Fosil

Pada tahun 1971, sebuah fosil ditemukan beradegan Velociraptor mencengkeram Protoceratops di Mongolia. Hal ini diyakini bahwa mereka meninggal secara bersamaan, saat berkelahi, ketika mereka terkejut dengan badai pasir atau terkubur ketika gundukan pasir runtuh di atas mereka.

Fosil duel Protoceratops lawan Velociraptor
Fosil duel Protoceratops lawan Velociraptor

Pada tahun1920-an, Roy Chapman Andrews menemukan fosil telur dinosaurus, di Gurun Gobi di Mongolia. Setiap telur adalah sekitar 8 inci panjang, dan tetasan baru lahir diperkirakan sekitar satu kaki panjangnya. Karena berada bersama fosil-fosil Protoceratops, telur ini diyakini milik genus ini.

Oviraptor theropoda dianggap mengonsumsi telur Protoceratops karena penemuan sebuah kerangka Oviraptor hadir pada sarang. Tengkorak itu hancur, dan itu berspekulasi bahwa cedera itu diterima oleh seorang ibu Protoceratops marah membela sarangnya dari pemangsa.

Mata besar Protoceratops telah disarankan sebagai bukti aktif mencari makan malam hari. Hal ini menunjukkan bahwa pertarungan antara Protoceratops dan Velociraptor terutama terjadi malam hari, seperti yang ditunjukkan oleh fosil adegan pertempuran, mungkin terjadi pada saat senja atau di bawah kondisi cahaya rendah.

4. Klasifikasi

Nama Dinosaurus: Protoceratops andrewsi.
Ordo, subordo, Familia: Ornithischia, Cerapoda, Protoceratopsidae.
Nama dan Artinya: "wajah bertanduk pertama," karena itu diyakini menjadi yang pertama dari ceratopsians.
Waktu: Akhir Kapur, 85-80.000.000 tahun yang lalu.
Lokasi: Mongolia.

Sumber:
http://dsc.discovery.com/dinosaurs
http://en.wikipedia.org/wiki/Protoceratops
http://commons.wikimedia.org/wiki/Protoceratops

Tidak ada komentar: