Kamis, 16 Juni 2011

Brachiosaurus, sang “Kadal berlengan panjang"

1. Nama dan Arti

Kaki depan Brachiosaurus lebih panjang daripada kaki belakang

Elmer S. Riggs  memberi  nama pada tahun 1903 dari fosil yang ditemukan di Sungai Colorado dari barat Colorado  Amerika Serikat, dengan nama genus dari bahasa Yunani brachion berarti "lengan" dan sauros berarti "kadal", karena ia menyadari bahwa lengan/kaki depan lebih panjang dari pada kaki belakang, hal ini tidak biasa untuk sebuah sauropod. Brachiosaurus berarti “Kadal berlengan panjang”
2. Deskripsi
Brachiosaurus salah satu dinosaurus terbesar sepanjang masa, Brachiosaurus bisa menjulang tinggi di atas sebagian besar bangunan empat lantai kantor modern saat ini. Brachiosaurus memiliki berat sekitar 50 ton, yang setara dengan enam gajah. Brachiosaurus menjadi salah satu sauropod tertinggi,  terbesar, terberat dan terpanjang, meskipun ekornya relatif pendek bila dibandingkan dengan sauropod lainnya di grup pemakan tumbuhan yang beragam.
Tinggi Brachiosaurus bisa tegak menjadi sekitar 9 meter panjangnya. Dua belas tulang mendukung leher seperti jerapah, dengan masing-masing tulang vertebra berukuran 28 inci atau lebih. Ahli paleontologi bingung tentang bagaimana makhluk dengan leher raksasa bisa menyediakan  arus aliran darah ke otak. Tanpa adaptasi khusus, dinosaurus akan pingsan, lebih buruk lagi, mengalami pecah pembuluh darah di otak ketika membungkuk setelah mengangkat kepala yang kecil. Para ilmuwan berteori bahwa jantungnya sangat kuat, memompa darah pada tekanan tinggi konstan, atau kepala dinosaurus terus berada pada posisi sejajar dengan tanah, mungkin menyapu dari sisi ke sisi untuk mencari makanan. Panjang Brachiosaurus telah diperkirakan  26 meter

3. Makanan dan Pencernaan

Brachiosaurus dapat menjangkau daun yang letaknya tinggi

Karena berat, Brachiosaurus akan memerlukan sekitar 440 kilogram makanan setiap hari. Karena dinosaurus ini hanya makan bahan tanaman, ia harus menghabiskan sebagian besar waktunya tiap hari untuk mengunyah dedaunan dengan gigi tajam, melengkung dalam, meneguk makanan ke leher panjang. Gastroliths, atau dikenal sebagai "batu rempela," berada dalam usus untuk membantu menggiling makanan dari tanaman.
Untuk mendukung semua tindakan makan dan leher bergoyang-goyang, Brachiosaurus memiliki dua "senjata kaki panjang." dinosaurus ini dikenal memiliki kaki depan lebih panjang dari pada kaki belakang. Jerapah mewujudkan desain mirip untuk hari ini, kaki  depan lebih panjang dari kaki belakang. Brachiosaurus dengan  panjang kaki depan memungkinkan sauropod untuk meningkatkan dada dan wilayah bahu sekitar 9 meter di atas permukaan tanah. Meskipun dinosaurus ini mungkin bukan pelari cepat, anggota badan bisa melangkahi hambatan dengan mudah dan memungkinkan untuk akses lebih baik mencapai daun di pohon-pohon tinggi.

4. Pertahanan Diri
Hewan pemakan daging rakus seperti Allosaurus mungkin mengincar individu Brachiosaurus muda atau sakit, tetapi karnivora mungkin menjauh dari individu Brachiosaurus dewasa, karena ukuran mengintimidasi mereka. Brachiosaurus juga memiliki cakar tajam pada kakinya yang bisa melukai dengan satu tendangan cepat. Selain itu, dinosaurus ini mungkin bepergian pada wilayah kecil, sehingga mendapatkan perlindungan dalam kelompok besar.

5. Klasifikasi
Nama Dinosaurus: Brachiosaurus altithorax 
Ordo, Subordo, Familia: Saurischia, Sauropodomorpha, Brachiosauridae
Nama dan Arti ”kadal lengan panjang dengan rongga dada besar”
Hidup Pada Zaman: Jura Akhir, 153-113.000.000 tahun yang lalu
Lokasi: Barat Amerika Serikat, Eropa Selatan, Afrika Utara
Panjang, tinggi: panjang sampai 26 meter, tinggi sampai 9 meter

Tidak ada komentar: