Jumat, 17 Juni 2022

Uji Pengukuran

 

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Identifikasilah pernyataan berikut apakah benar atau salah. Ubahlah pernyataan yang salah hingga menjadi benar.

a. Mengukur menggunakan penggaris adalah contoh pengamatan secara kualitatif.

Jawab: Salah

Pernyataan yang benar: Mengukur menggunakan penggaris adalah contoh pengamatan secara kuantitatif.

b. Warna suatu larutan adalah contoh pengamatan kualitatif.

Jawab: Benar

c. Satuan yang tepat untuk mengukur jarak adalah detik.

Jawab: Salah

Pernyataan yang benar: Satuan yang tepat untuk mengukur jarak adalah meter.

d. Jam adalah satuan untuk waktu sesuai Standar Internasional.

Jawab: Salah

Pernyataan yang benar: Sekon adalah satuan untuk waktu sesuai standar internasional.

e. Volume adalah contoh besaran turunan.

Jawab: Benar

 

2. Apakah dua kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada Gambar di bawah?

Gambar Siswa melakukan pengukuran suhu
Gambar Siswa melakukan pengukuran suhu

Jawab: Kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah

a. Termometer yang digunakan tidak berada dalam cairan yang akan diukur suhunya.

b. Kesalahan paralaks

 

3. Lihatlah sekeliling kelas kalian dan buatkan dua (2) pengamatan kualitatif dan dua (2) pengamatan kuantitatif.

Jawaban bisa beraneka ragam: Dua pengamatan kualitatif dan dua pengamatan kuantitatif di sekeliling kelas.

Contoh pengamatan kualitatif yaitu semua pelajar menggunakan seragam putih-biru atau Lena sedang memperhatikan penjelasan guru.

Contoh pengamatan kuantitatif yaitu ada 12 anak laki-laki di kelas ini atau 8 orang siswa sedang mengerjakan tugas dan 4 orang siswa sedang melakukan percobaan).

 

4. Sebutkan nama alat ukur di bawah ini lalu nyatakan hasil pengukuran dilengkapi satuannya.

Gambar Hasil pengukuran dengan beberapa alat ukur
Gambar Hasil pengukuran dengan beberapa alat ukur

Jawab:

a. Alat ukur: termometer Hasil pengukuran: 22°C,

b. Alat ukur: timbangan Hasil pengukuran: 1,5 g,

c. Alat ukur: gelas ukur Hasil pengukuran: 32 mL

 

5. Ketika kalian menyentuh air hangat, maka kalian dapat mengetahui bahwa suhunya lebih tinggi dari air di bak kamar mandi kalian. Kalian juga dapat merasakan dinginya es batu ketika kalian memegangnya, namun mengapa tangan tidak dapat dijadikan satuan baku?

Jawab: Tangan tidak dapat dijadikan satuan baku karena hasil pengukuran dari tangan tidak memiliki standar yang sama.

 

Referensi:

Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VII. Penulis : Budiyanti Dwi Hardanie, dkk. ISBN : 978-602-244-382-7 (jilid-1).

Baca juga:

Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

01

Apa Itu Sains?

02

Ilmuwan Sains Indonesia

03

Penemuan Ilmuwan Sains Dunia

04

Membuat Poster Ilmuwan Sains Dunia dan Indonesia

05

Uji Apa Itu Sains?

06

Laboratorium IPA

07

Alat-alat Laboratorium IPA

08

Bahan Kimia dalam Laboratorium IPA

09

Keselamatan Kerja di Laboratorium

10

Uji Laboratorium IPA

11

Memanaskan Cairan dalam Tabung Reaksi

12

Merancang Percobaan

13

Aktivitas Merancang Percobaan

14

Uji Merancang Percobaan

15

Pengukuran

16

Aktivitas Pengukuran

17

Uji Pengukuran

18

Pelaporan Hasil Percobaan

19

Aktivitas Pelaporan Hasil Percobaan

20

Uji Pelaporan Hasil Percobaan

21

Review Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah


Tidak ada komentar: