Kamis, 16 Juni 2022

Aktivitas Pengukuran

 

Pengukuran
Pengukuran

A. Ayo Latihan Aktivitas 1.12

Konversilah satuan-satuan di bawah ini ke dalam satuan bakunya.

1) 2,4 km  = 2.400 m  

2) 3,5 ton = 3.500 kg   

3) 1.400 gram = 1,4 kg

4) 24 menit = 1.440 s

5) 4,5 jam = 16.200 s

 

B. Percobaan Aktivitas 1.13 “Mengukur dalam Sains”

Untuk mempraktikkan teknik pengukuran yang benar, marilah kita melakukan empat percobaan berikut. Ikutilah arahan dari guru kalian dalam pembagian kelompok dan  percobaan pertama yang harus kalian lakukan. Bacalah dulu semua instruksi (tujuan dan prosedur) sebelum memulai percobaan sesuai dengan nomor percobaan yang kalian lakukan. Lakukan percobaan langkah demi langkah. Ingatlah untuk menjalankan peraturan keselamatan dalam laboratorium IPA. Masih ingatkah kalian apa sajakah itu?

Kalian akan melakukan percobaan-percobaan ini dalam kelompok yang ditentukan oleh guru. Lalu pada waktu yang telah ditentukan, kalian akan bertukar tempat dengan kelompok lain untuk melakukan percobaan yang berbeda.

 

Percobaan 1 – Menggunakan Penggaris dan Pita Meteran

Tujuan: Mengukur panjang kertas dan kotak yang ada di atas meja dan mengukur tinggi badan kalian semua dalam satu kelompok.

Prosedur:

1. Sebelum melakukan pengukuran, salinlah Tabel 1.2 pada buku catatan  kalian, lalu isi bagian kolom “Perkiraan Ukuran” dengan memperkirakan panjang, lebar dan tinggi (apabila ada) dari kertas dan kotak yang ada di atas mejamu. Jangan lupa menyertakan satuan pengukuran.

2. Dengan menggunakan penggaris yang tersedia, ukurlah panjang, lebar dan tinggi (apabila ada) dari kertas dan kotak tersebut.

3. Catatlah hasilnya pada kolom “Hasil Pengukuran”. Jangan lupa menyertakan satuan pengukuran.

Tabel Ukuran Kertas dan Kotak


Cara mengukur panjang dengan mistar sebagai berikut:

Cara mengukur panjang dengan mistar


Hasil Pengukuran panjang menggunakan mistar

Barang yang diukur

Besaran yang diukur (cm)

Perkiraan Ukuran (cm)

Hasil Pengu-kuran (cm)

Kertas

panjang

40

35,5

 

lebar

30

24,5

Kotak

panjang

25

20

 

lebar

15

13

 

tinggi

7

5



4. Sekarang kalian akan melakukan pengukuran tinggi badan semua anggota kelompok kalian. Sebelum melakukan pengukuran, salinlah Tabel 1.3 di bawah pada buku catatan kalian, lalu isi pada kolom “Perkiraan Tinggi” dengan memperkirakan tinggi badan semua anggota kelompok kalian. Satuan yang digunakan adalah cm.

Tabel Tinggi Badan

5. Dengan menggunakan pita meteran, ukurlah tinggi setiap anggota kelompok kalian. Catatlah hasilnya pada kolom “Hasil Pengukuran Tinggi Badan” disertai satuannya.

6. Kembalikan semua benda pada tempatnya dan pastikan meja dalam keadaan bersih dan rapi.

Gambar Pengukuran Tinggi badan dengan pita meteran

 

Pengukuran Tinggi badan dengan pita meteran

Hasil Pengukuran tinggi badan siswa


Nama Siswa

Perkiraan Tinggi Badan (cm)

Hasil Pengukuran Tinggi Badan (cm)

1. Andi

160

155

2. Siti

153

150

3. Jivo

150

153

4. Sundari

150

152

 

Percobaan 2 – Menggunakan Stopwatch

Tujuan: Menentukan kecepatan denyut nadi kalian dan teman-teman dalam kelompok kalian.

Prosedur

1. Carilah tempat terbaik untuk mengukur denyut nadi kalian.

2. Dibantu oleh teman kalian, dengan menggunakan stopwatch, ukurlah waktu yang dibutuhkan untuk 20 kali denyut nadi.

3. Salinlah Tabel 1.4 di bawah ini, kemudian catatlah data waktu untuk 20 denyut nadi pada kolom “Waktu” untuk nama kalian.

Tabel Denyut Nadi

4. Hitunglah kecepatan denyut nadi kalian dengan menggunakan rumus:

Kecepatan denyut nadi

5. Apakah satuan dari kecepatan denyut nadi? Diskusikan dalam kelompok kalian dan tulis pada kurung di bawah “Kecepatan Denyut Nadi”.

6. Catatlah waktu dan kecepatan denyut nadi semua anggota kelompok kalian pada tabel di atas.

7. Kembalikan semua benda pada tempatnya dan pastikan meja dalam keadaan bersih dan rapi.


Cara Pengukuran waktu dengan Stopwatch

Pengukuran waktu dengan Stopwatch


Hasil pengukuran denyut nadi, waktu, dan kecepatan denyut nadi siswa

Tabel Data Kecepatan Denyut Nadi


Percobaan 3 – Menggunakan Termometer

Tujuan: Mengukur suhu air dingin, air keran dan air panas.

Prosedur:

1. Sebelum melakukan pengukuran, salinlah Tabel 1.5, kemudian isi tabel di bawah ini pada kolom “Perkiraan Suhu Air” dengan memperkirakan suhu air dingin, air keran dan air panas.

Tabel Suhu Air

2. Masukkan termometer pada gelas yang berisi air dingin namun jangan sampai menyentuh dasar gelas.

3. Tunggu selama 30 detik agar pengukuran stabil atau tidak berubah lagi. Catat suhu tersebut dalam tabel  di atas kolom “Hasil Pengukuran Suhu Air”. 

4. Ukurlah suhu air keran dan air panas dengan cara yang sama. Berhatihatilah agar air panas tidak tumpah.

5. Kembalikan semua objek pada tempatnya dan pastikan meja dalam keadaan bersih, rapi dan kering untuk digunakan oleh kelompok lainnya.

Gambar pengukuran suhu menggunakan Termometer

Gambar pengukuran suhu menggunakan Termometer

 Jawab:

Jenis Air

Perkiraan Suhu Air (0C)

Hasil Pengukuran Suhu Air (0C)

Air Es

00 C

00 C

Air Keran

50 C

40 C

Air Hangat

400 C

37,20 C

 

Percobaan 4 – Menggunakan Gelas Ukur

Tujuan: Mengukur volume objek yang tidak beraturan (batu) dengan menggunakan gelas ukur.

Catatan: Untuk mengukur volume cairan pada gelas ukur, bacalah pada bagian bawah meniskus (permukaan cairan) dan mata harus sejajar pada level tersebut.

Prosedur

1. Isilah gelas ukur dengan air kira-kira ¼  tinggi gelas ukur.

2. Ukurlah volume ini dan catat sebagai volume awal atau volume air pada Tabel 1.6 seperti di bawah ini, yang telah kamu buat di buku kalian. Tuliskan juga satuannya.

Tabel Volume Air dan Batu

3. Dengan perlahan, masukkan batu kecil yang telah disiapkan ke dalam gelas ukur. Untuk mencegah air tumpah, masukkan perlahan, jangan melemparkan batu tersebut ke dalam air.

4. Bacalah ukuran volumenya sekarang. Apakah volumenya bertambah atau berkurang?

5. Catatlah volume ini sebagai volume air dan batu. Lengkapi dengan satuannya.

6. Ulangi langkah-langkah nomor 1-5 sekali lagi namun menggunakan volume awal air yang berbeda.

7. Catat data volume air dan volume air dan batu sebagai data percobaan ke dua.

8. Berapakah volume batu pada percobaan pertama?   Dan berapakah volume batu pada percobaan kedua?

9. Apakah sama atau berbeda hasilnya? Mengapa bisa demikian?

10 Tuanglah air dari gelas ukur ke dalam wadah air semula. Ambil batu dan simpan di atas meja.

11. Pastikan meja dalam keadaan kering dan bersih.

 Gambar pengukuran volume menggunakan gelas ukur

Gambar pengukuran volume menggunakan gelas ukur

Jawab:

Percobaan   ke-

Volume Air (mL)

Volume Air dan Batu (mL)

Volume Batu (mL)

1

20

40

20

2

20

38

18

3

30

45

15

4

30

47

17


Refleksi

• Apakah perkiraan kalian mendekati, sama atau masih jauh dari hasil pengukuran kalian?

• Manakah percobaan yang menurut kalian paling menarik?

• Apakah yang kalian pelajari dari percobaan-percobaan di atas mengenai pengukuran? 

• Apakah selama pengukuran, ada kesalahan yang kalian lakukan? Jika ada, kesalahan apakah itu dan bagaimana cara memperbaikinya?

• Apakah sikap disiplin dan hati-hati penting dalam melaksanakan percobaan Sains? Sebutkan contoh-contohnya.

 

Referensi:

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VII. Penulis : Budiyanti Dwi Hardanie, dkk. ISBN : 978-602-244-382-7 (jilid-1).

Gambar Siswa Berkebun dari   https://yandex.ru/images/siswamenanamdipekaranganrumah

Pengukuran Tinggi badan dg pita meteran dari   https://yandex.ru/images/mengukurtinggibadandenganpitameteran


Baca juga:

Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

01

Apa Itu Sains?

02

Ilmuwan Sains Indonesia

03

Penemuan Ilmuwan Sains Dunia

04

Membuat Poster Ilmuwan Sains Dunia dan Indonesia

05

Uji Apa Itu Sains?

06

Laboratorium IPA

07

Alat-alat Laboratorium IPA

08

Bahan Kimia dalam Laboratorium IPA

09

Keselamatan Kerja di Laboratorium

10

Uji Laboratorium IPA

11

Memanaskan Cairan dalam Tabung Reaksi

12

Merancang Percobaan

13

Aktivitas Merancang Percobaan

14

Uji Merancang Percobaan

15

Pengukuran

16

Aktivitas Pengukuran

17

Uji Pengukuran

18

Pelaporan Hasil Percobaan

19

Aktivitas Pelaporan Hasil Percobaan

20

Uji Pelaporan Hasil Percobaan

21

Review Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

Tidak ada komentar: