![]() |
Gambar Bagian-bagian gelombang longitudinal |
A. Pengantar
Gelombang
longitudinal dapat kamu amati pada slinki atau pegas yang diletakkan di atas lantai. Ketika slinki
digerakkan maju mundur secara terus menerus, akan terjadi gelombang yang
merambat pada slinki dan membentuk pola rapatan dan regangan. Gelombang
longitudinal memiliki arah rambat yang sejajar dengan arah getarnya.
B. Apa yang kamu perlukan? Slinki
![]() |
Gambar Slinki |
C. Apa yang harus kamu
lakukan?
1.
Letakkan slinki di atas lantai yang licin dan minta temanmu memegang salah satu
ujungnya!
2.
Gerakkan salah satu ujung slinki dengan cara memberikan dorongan dan tarikan
pada slinki!
3.
Amati dan gambarkan fenomena yang terjadi pada slinki!
D. Hasil Pemgamatan
![]() |
Gambar Slinki digerakkan searah dengan panjangnya |
E. Apa yang perlu kamu diskusikan?
1.
Pada saat kamu mendorong dan menarik slinki, ke arah manakah getaran pada
slinki?
Jawab: Ketika slinki
di getarkan slinki akan bergetar sejajar dengan arah getaran, membentuk pola
rapatan dan renggangan.
2.
Kemanakah arah rambat gelombang?
Jawab: Gelombang merambat
sejajar dengan arah rambatan gelombang.
3.
Apakah arah getar dengan arah rambat gelombang searah? Mengapa?
Jawab: Iya, arah getar
searah dengan arah rambat gelombang.
![]() |
Gambar Rapatan dan Renggangan pada Gelombang Longitudinal |
4. Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Kesimpulan: Gelombang
longitudinal adalah gelombang yang arah getarannya sejajar dengan arah
rambatnya.
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam, untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017.
Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/
SMP/MTs Saeful Karim – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam:
Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4/ Rinie Pratiwi P, -Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII/oleh H. Moch. Agus
Krisno; editor Intan Mahanani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII/oleh Wasis, Sugeng Yuli Irianto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga:
Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar