A. Pengantar
Istilah
Lingkungan berasal dari kata "Environment ", yang memiliki makna "The physical, chemical, and biotic condition surrounding an
organism”. Berdasarkan istilah tersebut, lingkungan secara umum dapat diartikan
sebagai segala sesuatu di luar individu. Segala sesuatu di luar individu
merupakan sistem yang kompleks, sehingga dapat memengaruhi satu sama lain.
Lingkungan
hidup adalah suatu kesatuan hidup antara kondisi fisik yang mencakup keadaan
sumber daya alam, seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan
fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan.
Lingkungan
hidup terdiri atas dua bagian, yakni lingkungan abiotik dan lingkungan biotik.
Lingkungan abiotik adalah segala sesuatu yang tidak bernyawa seperti tanah,
udara, air, iklim, kelembapan, cahaya, dan bunyi. Lingkungan hidup biotik
adalah segala sesuatu yang bernyawa, seperti tumbuhan, hewan, manusia, dan
mikroorganisme (virus dan bakteri).
Kondisi
yang saling memengaruhi ini membuat lingkungan selalu dinamis dan dapat
berubah-ubah sesuai dengan kondisi. Selain itu, komponen lingkungan
itu dapat saling memengaruhi dengan kuat. Ada saatnya
kualitas lingkungan berubah menjadi baik dan tidak menutup kemungkinan untuk
berubah menjadi buruk. Perubahan itu dapat disebabkan oleh makhluk hidup dalam
satu lingkungan tersebut.
B. Mempelajari Lingkungan
Apa
yang kamu amati pada Gambar di bawah ini? Pada gambar tersebut merupakan
lingkungan hidup ikan di kolam, yang terdapat air, cahaya matahari, dan
tumbuhan air.
Lingkungan Hidup Ikan dalam Kolam |
Diskusikan dengan teman sebangku
1. Bagian yang hidup adalah ... ikan dan
tumbuhan air.
2. Bagian yang tidak hidup adalah ... air, tanah,
udara.
3. Bagaimana bagian yang hidup dan tidak hidup dapat berinteraksi? Tumbuhan air berfotosintesis menghasilkan Oksigen, gas Oksigen digunakan ikan untuk bernafas, hasil pernafasan ikan menghasilkan gas Karbondioksida, yang digunakan tumbuhan air untuk berfotosintesis.
C. Alat dan Bahan
1. Toples, Gelas, atau botol plastik besar
2. Gunting
3. Pasir
4. Kerikil
5. Penggaris
6. Air
7. Tumbuhan Elodea, Hidrylla, atau tanaman
lain
8. Ikan kepala timah, ikan mas, atau ikan
lain
9. Makanan ikan
D. Lakukan percobaan dengan langkah-langkah berikut.
1. Potonglah bagian atas dari botol plastik
yang telah dicuci.
2. Tuangkan lapisan pasir setebal 5-10 cm di
bagian dasar botol.
3. Isilah botol tersebut dengan air sampai 5
cm di bawah permukaan botol dan biarkan terbuka selama 2 hari. Jaga volume air
agar tetap stabil dengan menambahkan air untuk mengganti air yang menguap dari
botol.
4. Tanamlah dan tambahlah 2 cm lapisan
kerikil.
5. Bila air telah jernih, tambahkanlah seekor
ikan kepala timah atau ikan koki atau ikan lain yang berukuran kecil.
6. Berilah makan ikan dengan memasukkan
makanan ikan secukupnya setiap hari.
7. Sekarang kamu telah membuat suatu
lingkungan yang disebut ekosistem.
8. Amatilah ekosistemmu setiap hari dan
catatlah apa yang kamu amati dalam buku catatanmu. Pastikan kamu mengamati
tentang bagian yang hidup dan bagian yang tidak hidup dalam ekosistemmu.
E. Foto Lingkungan Hidup
Ikan dalam Toples
Lingkungan Hidup Ikan dalam Toples |
F. Analisislah hasil kegiatanmu dengan menjawab pertanyaan berikut!
a. Bagaimana bagian-bagian dalam botol
berinteraksi untuk menyusun ekosistem? Jelaskan!
Jawab: Tumbuhan air berfotosintesis menghasilkan Oksigen,
gas Oksigen digunakan ikan untuk bernafas, hasil pernafasan ikan menghasilkan
gas Karbondioksida, yang digunakan tumbuhan air untuk berfotosintesis.
b. Apa yang diperlukan untuk menjaga agar
ekosistem tersebut sehat?
Jawab: menjaga air tetap jernih, menambah air bila air
berkurang karena menguap, menjaga tumbuhan air memperoleh sinar matahari atau
sinar dari lampu, ikan diberi makanan secukupnya tiap hari.
c. Kesimpulan: (1). Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, yaitu komponen biotic (makhluk hidup) dan abiotik (benda-benda tidak hidup). (2). Terdapat interaksi antara komponen biotik dan abiotik
Referensi:
Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2017.
Buku Siswa Ilmu
Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Gambar Akuarium dari https://temonggo.com/aquarium-dari-toples.jp
Baca juga:
Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | Interaksi antar Makhluk Hidup melalui Peristiwa Makan dan Dimakan |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | Pola Interaksi Manusia Mempengaruhi Ekosistem |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar