A. Pengantar
Di
sekolah, kamu menghabiskan waktu dalam ruangan kelas untuk berinteraksi dengan
teman dan guru. Setelah kegiatan sekolah selesai, mungkin kamu pergi ke
lapangan olahraga, ke toko buku, atau berjalan menuju tempat bermain. Setiap
hari, kamu menuju ke tempat yang berbeda di sekitarmu. Pernahkah kamu mencatat
tempat yang kamu kunjungi? Apakah kamu juga mempelajari interaksimu dengan
lingkungan yang kamu kunjungi?
Setiap
makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu
sebagai tempat hidupnya. Tahukah kamu, tempat hidup dinamakan habitat. Dalam suatu habitat, terdapat berbagai jenis makhluk
hidup (biotik) dan makhluk tak hidup (abiotik). Tempat yang kamu kunjungi
merupakan suatu habitat bagi suatu makhluk hidup. Pada tempat tersebut akan
terjadi interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
B. Mengamati Ekosistem
1. Apa yang
diperlukan?
a. ekositem di sekitar sekolah
b. alat untuk memotret
c. buku catatan
2. Apa yang dilakukan?
a. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5
orang.
b. mendatangi lingkungan sekitar sekolah
c. Catatlah semua makhluk hidup dan makhluk
tak hidup yang terdapat pada lingkungan tersebut dalam suatu tabel seperti
berikut. Kerjakan di buku tugasmu.
3. Foto Lingkungan Pengamatan
Gambar Siswa mengamati lingkungan di sekitar sekolah |
4. Tabel Hasil pengamatan
No |
Makhluk Hidup (Biotik) |
Jumlah |
Makhluk tak hidup (Abiotik) |
Keterangan |
1 |
Padi |
banyak |
Tanah |
Hitam kecoklatan |
2 |
Kacang Panjang |
23 |
Air |
Jernih kehijauan |
3 |
Ulat |
4 |
Udara |
Bersih dan segar |
4 |
Belalang |
7 |
Sinar Matahari |
Terasa hangat |
5 |
Semut |
banyak |
Kerikil |
Agak bulat, keras |
4. Kesimpulan
(1). Ekosistem terdiri atas dua komponen
utama, yaitu komponen biotic (makhluk hidup) dan abiotik (benda-benda tidak
hidup). (2). Komponen biotic yang ditemukan ialah Padi, Kacang Panjang, Ulat,
Belalang, dan Semut, (3). Komponen abiotik yang ditemukan ialah tanah, air,
udara, sinar matahari, dan kerikil.
Referensi:
Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017.
Buku Siswa Ilmu
Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Baca juga:
Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | Interaksi antar Makhluk Hidup melalui Peristiwa Makan dan Dimakan |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | Pola Interaksi Manusia Mempengaruhi Ekosistem |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar