Rabu, 15 Juni 2011

Tyrannosaurus rex sang Raja Kadal yang Kejam

1. Arti Tyrannosaurus rex


Tyrannosaurus rex raja kadal yang kejam

Tyrannosaurus rex raja kadal yang kejam


Tyrannosaurus rex artinya “kadal yang kejam” dan  rex, artinya “raja”, merupakan dinosaurus jenis karnivora yang terbesar. Dinosaurus ini memangsa dinosaurus herbivora besar seperti triceratops dan edmontosaurus yang merupakan herbivora terbesar di saat itu. Selain itu tyrannosaurus juga diketahui memiliki salah satu gigitan terkuat dibanding hewan lain yang pernah ada. 

2. Ciri-ciri Tyrannosaurus rex

Meskipun tubuh dan kepalanya amat besar tyrannosaurus memiliki suatu kejanggalan, yaitu tangannya yang amat kecil. Tyrannosaurus kemungkinan memakainya untuk bangkit dari tanah saat berbaring. Selain itu ada sedikit bukti kalau mereka memiliki bulu. Tengkorak tyrannosaurus sendiri panjangnya kurang lebih 1,5 meter. Rahangnya memiliki gigi yang amat besar sepanjang kurang lebih 15 cm untuk gigi terbesar. Panjang tubuh monster ini kemungkinan sekitar 12-13 meter. T-rex dapat berlari hingga 70 km/jam, letak matanya pada kepalanya mirip dengan serigala. T-rex dapat tumbuh sepanjang 12 meter dan berat mencapai 7 ton.

Ahli paleontologi terkejut ketika mereka menggali kerangka lengkap Tyrannosaurus rex pada tahun 1902. Pada saat mengamati  tulangnya, para ilmuwan tahu bahwa mereka telah menemukan salah satu predator pemakan daging terbesar sepanjang masa. Kepalanya adalah ukuran dari orang dewasa. Tubuh Tyrannosaurus rex bisa mengisi seluruh panjang dan lebar lapangan tenis. Sampai tujuh ton otot dan jaringan lain mengisi sisa kerangka yang kokoh. Ini adalah karnivora raksasa yang menjadikan ketakutan semua dinosaurus lainnya selama zaman Kapur Akhir.

Tyrannosaurus kemungkinan berperilaku sama seperti buaya dan reptil modern lainnya, hal ini diketahui dari bentuk otak mereka yang amat mirip dengan buaya dan aligator. Dalam catatan fosilnya juga ditemukan sedikit bukti perilaku sosial.

3. Klasifikasi Ilmiah

Tyrannosaurus membuat  ketakutan semua dinosaurus

Tyrannosaurus membuat  ketakutan semua dinosaurus


Nama Dinosaur: Tyrannosaurus rex.
Ordo, subordo, Keluarga:
Saurischia, Theropoda, Tyrannosauridae
Arti Nama :
"kadal tiran," karena memaksakan kepala dan gigi
Hidup pada Zaman:
Kapur Akhir, 68-65.000.000 tahun yang lalu
Lokasi tempat hidup:
Barat Amerika Serikat, Kanada Barat Daya, Asia
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Tyrannosaurus_rex

Tidak ada komentar: