Aksi Lompat Jauh Siswa |
Dalam kegiatan ini kita akan mencari tahu seberapa jauh kita bisa melompat jika berada di planet lain. Sebelum melakukannya, jawablah pertanyaan berikut berdasarkan perkiraan kalian.
A. Membuat Hipotesis:
Gravitasi
Mars 0,376 kali dibanding gravitasi Bumi. Perkirakan, di manakah kalian bisa
melompat lebih jauh? Di Mars atau di Bumi? Jelaskan alasan kalian!
Jawab: Melompat di
Mars, karena grafitasinya lebih kecil.
B. Alat dan Bahan:
1. Meteran
atau alat mengukur jarak lainnya
2. Tali
rafia atau tali lainnya untuk menandai daerah lompatan
3. Gunting
4. Alat
tulis
C. Persiapan
Siapkan
juga lokasi yang aman untuk kalian melompat jauh. Jika di sekolah ada bak pasir
untuk lompat jauh, kalian bisa melakukan aktivitas ini di tempat tersebut. Jika
tidak ada, pastikan tempat yang akan kalian gunakan rata dan aman.
Kegiatan
ini dapat dilakukan secara berpasangan maupun berkelompok. Setiap pelompat akan
didampingi oleh pencatat. Pencatat bertugas untuk memastikan pelompat melakukan
gerakan dengan benar dan mencatat hasil lompatannya. Setelah selesai, pelompat
dan pencatat dapat berganti peran.
D. Kegiatan:
1.
Tandai permulaan lompat menggunakan garis atau tali.
2.
Siapkan meteran sebagai penanda. Pastikan angka 0 pada meteran berada pada
garis permulaan ini.
3.
Setelah siap, pelompat dapat mulai melompat. Pencatat memastikan melihat letak
jatuhnya kaki di akhir lompatan.
4.
Ukur jarak akhir lompatan, lihat angka pada meteran.
5.
Setiap pelompat melakukan 3 kali lompatan. Hasil dari ketiga lompatan itu
kemudian dihitung rata-ratanya, sehingga didapatkan angka rata-rata lompatan.
6.
Catat hasil penyelidikan ini dalam tabel seperti berikut.
7. Setelah data lengkap, sekarang saatnya kalian menggunakan data tersebut untuk menghitung seberapa jauh lompatan ini jika dilakukan di planet lainnya. Caranya adalah dengan mengisi tabel berikut.
E. Hasil Pengamatan
Tabel Pengamatan Lompatan Siswa, nama: Zunu
Wanis
Lompatan-1 (Cm) |
Lompatan-1 (Cm) |
Lompatan-1 (Cm) |
Rata-rata Lompatan (Cm) |
3,00 |
2,98 |
3,00 |
3,00 |
Lompat jauh jika dilakukan di planet lain
Rerata Lompatan (Cm) |
Nama Planet |
Perbandingan Gravitasi Planet dengan
Gravitasi Bumi |
Lompatan di Planet (Cm) |
3,00 |
Merkurius
|
0,380 |
7,89 |
3,00 |
Venus
|
0,900 |
3,33 |
3,00 |
Bumi
|
1,000 |
3,00 |
3,00 |
Mars
|
0,376 |
7,98 |
3,00 |
Jupiter
|
2,525 |
1,19 |
3,00 |
Saturnus
|
1,064 |
2,82 |
3,00 |
Uranus
|
0,903 |
3,32 |
3,00 |
Neptunus
|
1,135 |
2,64 |
E. Pertanyaan
1.
Berdasarkan tabel tersebut, tentukan: a. Variabel Kontrol b. Variabel Bebas
Jawab: (a). Variabel
Kontrol: Rerata Lompatan; (b). Variabel Bebas: Lompatan di Planet
2.
Di planet manakah lompatan terjauh kalian?
Jawab: di Planet Mars
3.
Di planet manakah lompatan terpendek kalian?
Jawab: di Planet
Yupiter
4.
Di planet manakah lompatan kalian hampir sama jauhnya dengan lompatan di Bumi?
Jawab: di Planet
Saturnus
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani
Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)
Data Lompat Jauh dari
https://media.neliti.com/media/publications
Aksi Lompat Jauh Siswa dari aiophotos.com
Baca juga:
Bumi dan Tata Surya | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 | |
22 | |
23 | |
24 | |
25 | |
26 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar