I. Tugas: Buatlah peraturan keselamatan kerja di
laboratorium!
Buatlah
peraturan keselamatan mengenai hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh
dilakukan di laboratorium IPA. Perhatikan Gambar A dan Gambar B di bawah ini
yang bisa membantu kalian menulis peraturan keselamatan tersebut. Diskusikanlah
peraturan yang kalian buat bersama teman-teman kalian. Apakah menurut kalian
ada peraturan lain yang perlu ditambahkan? Konsultasikanlah dengan guru kalian.
A. Hal-hal
yang harus dilakukan untuk menjaga keselamatan di laboratorium IPA.
B. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan di laboratorium IPA.
II. Hasil Pencarian:
A. Mencegah Kecelakaan
Menggunakan Alat dan Bahan Laboratorium
Di
dalam laboratorium terdapat beberapa jenis alat dan bahan, serta perlengkapan
laboratorium lainnya. Pengadaan alat dan bahan harus diperlakukan
sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan alat dan bahan laboratorium didasarkan pada
tujuan yang hendak dicapai.
Alat
adalah suatu benda yang digunakan dalam melakukan kegiatan praktikum,
eksperimen dan penelitian. Bahan adalah suatu benda yang diteliti atau diuji
dalam praktikum dan eksperimen. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mencegah
terjadinya kecelakaan terhadap alat dan bahan yang digunakan? Untuk mencegah
terjadinya bahaya dari alat dan bahan yang digunakan, maka perlu diperhatikan
hal-hal di bawah ini:
1. Biasakan membawa peralatan dari kaca
dengan sikap vertikal dengan menggunakan kedua tangan, dan jangan dijinjing.
2. Gunakan pipet isap atau tekan karet dengan
pijitan.
3. Jangan menengok isi tabung reaksi dari
arah lubang, terutama ketika atau selesai dipanaskan.
4. Jangan menghadapkan mulut tabung reaksi
yang sedang atau setelah dipanaskan ke arah tubuh orang lain.
5. Perhatikan penggunaan alat yang terbuat
dari kaca dalam kegiatan pemanasan. Kaca yang tahan panas adalah pyrex.
6. Pahami secara betul dalam memperlakukan
bahan-bahan terutama bahan kimia.
7. Jangan meletakkan botol yang berisi bahan
kimia langsung terkena sinar matahari.
8.
Alat yang berputar kuat letakkan pada tempat yang kokoh.
B. Memperhatikan dan
Menerapkan Keselamatan Kerja dalam
Pengukuran
Pernahkah
kalian mengadakan pengamatan di dalam laboratorium? Apa yang harus kamu
lakukan? Di dalam pengamatan tidak terlepas dari kegiatan percobaan atau
eksperimen. Eksperimen sangat menarik, tetapi sekaligus juga dapat
membahayakan. Untuk itu kita harus benar-benar memahami dan mampu memperlakukan
alat dan bahan secara aman, sehingga memperkecil resiko terjadinya kecelakaan.
Belajar
IPA tidak dapat dipisahkan dari kegiatan laboratorium. Dalam melaksanakan
percobaan dan kegiatan di laboratorium mungkin saja terjadi kecelakaan. Oleh
karena itu, penting sekali untuk menjaga keselamatan dalam bekerja. Salah satu usaha
menjaga keselamatan kerja dan mencegah terjadinya kecelakaan adalah dengan
memperhatikan dan melaksanakan tata tertib di laboratorium.
Mengapa
kecelakaan dapat terjadi? Kecelakaan di laboratorium dapat terjadi disebabkan
beberapa hal, antara lain
1. tidak mematuhi tata tertib laboratorium,
2. tidak bersikap baik dalam melaksanakan
kegiatan laboratorium,
3. kurangnya pemahaman dan pengetahuan
terhadap alat, bahan, serta cara penggunaannya,
4. kurangnya penjelasan dari guru atau tenaga
laboratorium, dan
5.
tidak menggunakan alat pelindung.
Adapun
bahaya-bahaya yang mungkin perlu diantisipasi di lingkungan laboratorium adalah
sebagai berikut:
1. luka bakar akibat panas,
2. bahaya listrik,
3. bahaya radioaktif, dan
4. bahaya kebakaran.
Kegiatan percobaan yang menggunakan
bahan-bahan kimia atau bahan radioaktif dan peralatan listrik hendaknya
dilakukan dengan hati-hati. Mintalah petunjuk dan bimbingan kepada guru apabila
kamu belum memahami langkah kerjanya.
C. Tata Tertib Laboratorium
Ruang laboratorium yang ada di
dalamnya terdapat beberapa alat dan bahan berbahaya perlu dilengkapi dengan
peraturan-peraturan untuk menjaga keselamatan selama belajar atau bekerja di
ruang laboratorium. Peraturan peraturan tersebut berupa tata tertib yang harus
ditaati. Berikut ini contoh tata tertib laboratorium IPA yang ada di sekolah.
Tata Tertib Laboratorium IPA
1. Siswa tidak diperkenankan
masuk ke dalam laboratorium tanpa seizin guru.
2. Alat serta bahan yang ada di
laboratorium tidak diperkenankan untuk diambil keluar tanpa seizin guru.
3. Alat dan bahan harus
digunakan sesuai dengan petunjuk praktikum yang diberikan.
4. Jika ada alat-alat yang
rusak atau pecah hendaknya segera melapor pada guru.
5. Jika dalam melakukan
percobaan tidak mengerti atau ragu-ragu segeralah bertanya pada guru.
6. Jika terjadi kecelakaan
sekecil apapun segera laporkan pada guru.
7. Etiket bahan yang hilang
atau rusak segera diberitahukan guru.
8. Botol besar yang berisi
bahan kimia jangan diangkat pada lehernya, karena dengan mengangkat demikian
akan ada kemungkinan botol menjadi pecah.
9. Tutup botol hendaknya dibuka
sesuai cara yang dianjurkan dan setelah selesai menggunakan isinya hendaknya
ditutup segera dan dikembalikan ke tempat semula.
10. Dalam melakukan percobaan
hendaknya menggunakan bahan sesuai dengan petunjuk.
11. Jika ada bahan kimia yang
masuk ke dalam mulut, hendaknya segera dikeluarkan, kemudian berkumur dengan
air sebanyak-banyaknya.
12. Jika tangan atau kulit atau
baju terkena asam atau alkali supaya segera dibasuh/dicuci dengan air
sebanyak-banyaknya.
13. Setelah selesai percobaan,
alat-alat harus dikembalikan ke tempat semula dalam keadaan kering dan bersih.
14. Buanglah sampah pada tempat
sampah yang sudah disediakan, jangan pada bak cuci.
15. Sebelum meninggalkan laboratorium, meja praktikum harus dalam keadaan bersih, kran air dan gas ditutup, kontak listrik dicabut.
Bagaimana tata tertib yang ada
di laboratorium sekolahmu? Cobalah bandingkan dengan contoh tata tertib di
atas!
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani
Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1).
IPA TERPADU: SMP/MTs Kelas VII oleh Anny Winarsih, Agung
Nugroho, Sulityoso HP, M Zajuri,
Supliyadi, Slamet Suyanto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu pengetahuan alam 1 : untuk SMP/MTs/ kelas VII Teguh
Sugiyarto, Eny Ismawati — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
IPA TERPADU: SMP/MTs Kelas VII oleh Anny Winarsih, Agung Nugroho, Sulityoso HP, M Zajuri, Supliyadi, Slamet Suyanto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga:
Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar