Gambar Siswa Melakukan Eksperimen |
1. Apa saja alat-alat laboratorium yang digunakan untuk melakukan halhal di bawah ini?
a.
Mengukur volume air sebanyak 25 mL.
b.
Memanaskan air.
c.
Mengukur suhu air setelah dipanaskan.
d.
Mencampur bahan kimia dalam jumlah yang sedikit.
e.
Mengambil garam untuk ditimbang sebelum digunakan.
f.
Mengaduk garam agar dapat larut dalam air.
Jawab:
Alat-alat yang
digunakan untuk:
a. Mengukur volume air
sebanyak 25 mL= gelas ukur.
b. Memanaskan air = gelas kimia, kaki tiga, kawat kasa.
c. Mengukur suhu air
setelah dipanaskan = termometer.
d. Mencampur bahan
kimia dalam jumlah yang sedikit = tabung reaksi.
e. Mengambil garam
untuk ditimbang sebelum digunakan = kaca arloji dan spatula.
f. Mengaduk garam agar
dapat larut dalam air: batang pengaduk.
2. Bandingkanlah alat-alat laboratorium berikut ini dengan
menyebutkan persamaan dan perbedaannya !.
a.
Batang pengaduk dan spatula.
b.
Gelas kimia dan labu Erlenmeyer.
c.
Kawat kasa dan segitiga porselen.
d.
Tabung reaksi dan cawan penguap.
Jawab:
Persamaan dan
perbedaan antara alat-alat laboratorium (jawaban bisa bervariasi).
a. Batang pengaduk dan
spatula sama-sama alat yang berfungsi sebagai pengaduk. Perbedaannya adalah Batang
pengaduk terbuat dari kaca, untuk mengaduk bahan kimia, spatula terbuat dari
kayu digunakan untuk mengaduk makanan.
b. Gelas kimia dan
labu Erlenmeyer sama-sama alat lab yang terbuat dari gelas, memiliki skala dan
digunakan untuk mencampur bahan kimia. Perbedaannya adalah labu Erlenmeyer
dapat digunakan untuk penyaringan dan mencampur bahan-bahan yang menghasilkan
gas karena dapat ditutup.
c. Kawat kasa dan
segitiga porselen sama-sama alat yang berfungsi sebagai penyangga proses
pemanasan. Perbedaannya adalah Kawat
kasa untuk menyangga gelas kimia dan labu Erlenmeyer, sedangkan segitiga porselen digunakan untuk menyangga
cawan porselen.
d. Tabung reaksi dan
cawan penguap sama-sama alat yang berfungsi sebagai penampung cairan. Perbedaannya
adalah cairan dalam tabung reaksi
sedikit, sedangkan cairan dalam cawan penguap banyak.
3. Perhatikanlah gambar
berikut.
Gambar Suasana di laboratorium IPA. |
Apakah pendapat kalian mengenai kejadian pada gambar di atas? Tuliskanlah semua peraturan keselamatan yang dilanggar dan juga sarankan bagaimana memperbaikinya.
Jawab:
Peraturan yang dilanggar
berdasarkan gambar yang diberikan bisa bermacam-macam jawaban, misalnya sebagai
berikut.
a. Makan di
laboratorium
b. Mencampur bahan
kimia tidak dengan instruksi guru
c. Memecahkan alat
gelas tanpa melaporkan kepada guru
d. Bercanda di dalam laboratorium.
e. Tidak menggunakan
perlengkapan keselamatan laboratorium seperti jas laboratorium, kacamata
pengaman atau sarung tangan
f. Membuang bahan
kimia ke dalam bak cuci alat tanpa menanyakan pada guru
g. Membaui cairan
kimia secara langsung
4. Gambarlah diagram 2D untuk susunan alat-alat secara lengkap
yang digunakan untuk memanaskan air yang suhunya akan diukur setiap 3 menit.
Jawab:
Susunan alat-alat yang
digunakan untuk memanaskan air yang suhunya akan diukur setiap 3 menit dalam
bentuk diagram alat sebagai berikut.
Gambar Susunan alat percobaan memanaskan air. |
5. Dalam kelompok kecil, pilihlah salah satu peraturan keselamatan laboratorium, lalu buatkan poster mengenai peraturan itu dengan tulisan yang mudah terbaca dari jauh dengan disertai gambar. Poster itu dapat ditempel di laboratorium, untuk mengingatkan kalian dengan teman-teman kalian tentang peraturan itu.
Poster yang dipilih: “Jika
terjadi kecelakaan sekecil apapun segera laporkan pada guru”.
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani
Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)
Gambar Siswa Melakukan Eksperimen dari https://www.pinterest.ru/
Baca juga:
Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar