A. Pengantar
Setiap
hari, kita dapat mendengar suara burung berkicau, orang bernyanyi, klakson
mobil atau kendaraan bermotor. Mengapa kamu dapat mendengar suara tersebut?
Suara yang kamu dengar dikenal dengan bunyi. Bunyi merupakan gelombang
longitudinal yang merambatkan energi gelombang di udara sampai terdengar oleh
reseptor pendengar. Agar mengetahui bagaimana bunyi ini dibentuk, lakukan
kegiatan berikut.
B. Apa yang kamu perlukan?
1. Gitar/sasando/ukulele
2. Kendang/tong/gong/kaleng
biskuit/ember/panci
3. Garpu tala dan pemukul garpu tala
C. Apa yang harus kamu
lakukan?
1. Memetik gitar
![]() |
Senar gitar yang dipetik bergetar & menghasilkan bunyi |
a. Petiklah gitar sehingga mengeluarkan suara!
b.
Amatilah senar yang dipetik, bagaimanakah keadaan senar?
c.
Pegang senar yang dipetik, apa yang kamu rasakan dan apakah kamu masih dapat
mendengarkan suara gitar yang dipetik?
2. Memukul kendang
![]() |
Kendang yang dipukul bergetar & menghasilkan bunyi |
a.
Pukullah kendang hingga mengeluarkan suara!
b.
Sentuhlah kendang itu secara perlahan dengan jarimu, apa yang kamu rasakan?
c.
Pegang permukaan kendang sampai tidak bersuara, kemudian sentuhlah dengan jari.
Apa yang kamu rasakan?
3. Memukul garpu tala
![]() |
Garputala yang dipukul bergetar & menghasilkan bunyi |
a.
Peganglah garpu tala!
b.
Pukullah garpu tala dengan alat pemukul garpu tala hingga mengeluarkan suara!
Sentuh garpu tala dengan tanganmu, apa yang kamu rasakan? Setelah garpu tala
tidak bersuara, apa yang kamu rasakan?
4. Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan
percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
D. Hasil Pengamatan
1. Ketika memetik
gitar, memukul tong, memukul garpu tala, didapati bahwa benda bergetar dan
benda mengeluarkan bunyi, kita dapat merasakan adanya getaran tersebut. Namun
pada saat benda-benda itu diam, ketiga benda itu tidak bergetar.
2. Apabila kita sedang
berbicara atau mengeluarkan bunyi, coba tempelkan jari pada batang tenggorokan,
maka akan terasa ada getaran.
3. Oleh karena itu,
bunyi ditimbulkan oleh benda-benda yang bergetar. Bunyi merupakan gelombang
longitudinal.
4. Ketika bunyi garpu
tala menuju telinga dihantarkan oleh rapatan dan renggangan partikel-partikel
udara.
5. Pada waktu bunyi
keluar dari garpu tala, langsung akan menumbuk molekul-molekul udara, molekul
udara ini akan menumbuk udara di sebelahnya yang mengakibatkan terjadinya
rapatan dan renggangan, demikian seterusnya sampai ke telinga.
E. Kesimpulan
Saat
bunyi keluar dari benda yang bergetar, molekul-molekul udara tidak berpindah,
tetapi hanya merapat dan merenggang. Bunyi sampai telinga merambat dalam bentuk
gelombang. Gelombang yang tersusun dari rapatan dan renggangan adalah gelombang
longitudinal.
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam, untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017.
Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/
SMP/MTs Saeful Karim – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam:
Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4/ Rinie Pratiwi P, -Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII/oleh H. Moch. Agus
Krisno; editor Intan Mahanani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII/oleh Wasis, Sugeng Yuli Irianto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga:
Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar