Cobalah kamu menuju kolam di pekarangan sekolah/rumah. Lemparkanlah sebuah batu yang kecil ke kolam tersebut. Apakah yang kamu saksikan? Jika di atas air kolam tersebut ada sampah dedaunan, mengapa dedaunan tersebut ikut bergerak naik turun, padahal jarak antara daun dan batu yang tercemplung ke dalam kolam cukup jauh?
Gambar Pola gelombang pada permukaan air kolam |
Peristiwa ikut bergeraknya dedaunan pada tepian kolam adalah contoh fenomena perambatan getaran atau yang disebut juga sebagai gelombang. Lebih tepatnya adalah gelombang pada permukaan air. B.
Nah,
jika kamu cermati lebih jauh percobaan yang telah dilakukan, apakah yang
sesungguhnya dirambatkan/dibawa oleh gelombang tersebut? Yang mengakibatkan
dedaunan yang jaraknya jauh dari sumber getar/gangguan juga ikut bergetar.
Ketika
batu jatuh ke dalam kolam, sesungguhnya ia membawa energi potensial dari
ketinggian tertentu ditambah dengan energi kinetik akibat dilempar oleh kamu.
Energi tersebut berubah menjadi gangguan/getaran air di sekitar batu saat
tercemplung. Energi kemudian diteruskan ke segala penjuru kolam sehingga kamu
akan melihat pola-pola melingkar bukan? Lihat Gambar di atas.
Menurutmu
apakah energi yang dirambatkan pada permukaan air dapat diperbesar sehingga
membuat gerakan dedaunan menjadi lebih besar pula? Kemudian apakah rambat
energi getaran tersebut dapat ditingkatkan/dipercepat?
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Okky Fajar Tri Maryana, Dkk. ISBN: 978-602-244-383-4
Baca juga:
Bab 4 Getaran, Gelombang, dan Cahaya | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 | |
22 | |
23 | |
24 | |
25 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar