Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk melatih mengingat kembali pemahaman
kalian akan materi yang telah dipelajari pada Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan
Metode Ilmiah.
1. Ada enam cabang utama ilmu Sains, yaitu Astronomi, Biologi,
Fisika, Kimia, Geologi dan Ekologi. Sebutkan fokus masing-masing cabang ilmu
tersebut.
Jawab: Cabang utama ilmu Sains dan fokusnya
a. Biologi = Mempelajari makhluk hidup
b. Fisika = Mempelajari gejala dan fenomena alam, sifat benda-benda
c. Kimia = Zat atau materi dan perubahannya (reaksi
kimia)
d. Astronomi = Tata Surya, Alam Semesta
e. Geologi = Bumi dan perubahannya
f. Ekologi = Interaksi makhluk hidup dengan
lingkungan
2. Identifikasikan lima hal yang akan menimbulkan masalah
keselamatan di laboratorium IPA dalam gambar berikut ini. Berikan alasan kalian
mengapa hal tersebut menjadi masalah.
Gambar Suasana di laboratorium |
Jawab: Jawaban bisa bermacam-macam sepanjang terdapat dalam gambar ini yang melanggar peraturan keselamatan di laboratorum, contohnya sebagai berikut:
a. Berlarian di
laboratorium bisa membahayakan karena ada kemungkinan menyenggol orang yang
sedang membawa bahan kimia.
b. Mengarahkan tabung
reaksi ke wajah ketika memanaskan cairan di dalamnya. Cairan yang akan menguap
bisa mengenai wajahnya.
c. Tidak menggunakan
jas laboratorium, kacamata pengamat dan sarung tangan bisa mengakibatkan cidera
bahan kimia, api, benda panas.
d. Mencampurkan bahan
kimia tanpa instruksi guru. Bahan kimia yang digunakan mungkin saja
berbahaya/korosif, dapat menyebabkan kebakaran/ledakan atau menghasilkan gas
beracun.
e. Rambut yang panjang
tidak diikat ketika menggunakan api. Rambut bisa terbakar ketika kena api.
f. Bercanda di
laboratorium, sama dengan berlarian di laboratorium, ada kemungkinan menyenggol
orang yang sedang membawa bahan kimia.
3.
Apakah nama alat-alat laboratorium di bawah ini? Terbuat dari bahan apakah
alat-alat tersebut dan apa saja kegunaan alat-alat itu? Tuliskan jawaban kalian
dengan lengkap.
Jawab:
4. Apakah
perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan? Sebutkan masing-masing dua
contoh !.
Jawab:
Besaran pokok adalah
besaran yang dijadikan dasar untuk menetapkan besaran lain. Contohnya adalah
massa, waktu, suhu dan panjang.
Besaran turunan ialah
besaran yang ditetapkan dari besaran pokok. Contohnya adalah luas, kecepatan,
volume, gaya dan sebagainya.
5.
Tuliskanlah hasil pengukuran di bawah ini disertai dengan satuannya yang benar.
Jawab:
a. Suhu yang terukur =
410C
b. Volume cairan yang
terukur = 220 mL
c. Panjang pelat
terukur = 17,4 cm
d. massa batu = 100 g
6. Berdasarkan gambar di bawah ini, tentukan volume batu.
Jawab: Volume batu = 40 mL – 20 mL = 20 mL
7. Bagas, Raffen, Nyongki dan Daniel ingin mengetahui apakah
waktu untuk mendidihkan air akan lebih cepat apabila airnya diberikan garam
terlebih dahulu atau tidak. Bantulah mereka:
a) menentukan tujuan percobaan
b) menentukan variabel-variabel dalam percobaan mereka
c) tuliskan langkah-langkah kerja/prosedur mengerjakan percobaan
ini.
Jawab:
Bagas, Raffen, Nyongki
dan Daniel ingin mengetahui apakah untuk mendidihkan air akan lebih cepat
apabila airnya diberikan garam terlebih dahulu atau tidak. Bantuan mereka:
a. Tujuan percobaan:
menyelidiki pengaruh penambahan garam pada waktu mendidihnya air
b. Variabel bebas:
jumlah garam yang ditambahkan, variabel terikat: waktu mendidihnya air,
variabel kontrol: jumlah air yang digunakan, jenis dan merk mie yang digunakan, pengadukan dan wadah yang
digunakan.
c. Prosedur
Percobaan 1): Panaskan
air, tanpa garam sampai mendidih, ukur suhunya. Setelah air mendidih, tambahkan
garam 1 sendok teh, ukur suhunya. Tambahkan lagi garam 1 sendok teh, ukur
suhunya.
Percobaan 2): Siapkan air, tambahkan garam 1 sendok teh, panaskan air sampai mendidih, ukur suhunya. Setelah air mendidih, tambahkan lagi garam 1 sendok teh, , ukur suhunya.
Referensi:
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani
Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)
Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Budiyanti Dwi Hardanie, dkk. ISBN : 978-602-244-382-7 (jilid-1).
Baca juga:
Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar