![]() |
Gambar Percobaan Bandul Sederhana |
A. Pengantar
Untuk
memahami tentang getaran, perhatikan Gambar tentang bandul sederhana. Sebuah bandul sederhana mula-mula diam pada
kedudukan O (kedudukan setimbang). Bandul tersebut ditarik ke kedudukan A
(diberi simpangan kecil). Pada saat benda dilepas dari kedudukan A, bandul akan
bergerak bolak-balik secara teratur melalui titik A-O-B-O-A dan gerak bolak
balik ini disebut satu getaran. Salah satu ciri dari getaran adalah adanya
amplitudo atau simpangan terbesar.
![]() |
Gambar Bandul Sederhana |
Setiap kali bergetar, berapa banyak waktu yang dibutuhkan? Apa saja yang memengaruhi getaran tersebut? Agar memahami hal tersebut, lakukan kegiatan berikut.
B. Apa yang kamu perlukan?
1. bandul 1 buah
2. statif 1 buah
3. Stopwatch 1 buah
4. Tali nilon dengan panjang 15 cm dan 30 cm
C. Apa yang harus kamu lakukan?
1. Ikatkan bandul pada statif sehingga
menggantung!
2. Tarik bandul dengan memberi simpangan
kecil (< 10°) kemudian lepaskan. Setelah bandul bergerak satu getaran,
hidupkan stopwatch!
3. Catatlah waktu yang diperlukan bandul bergerak bolak-balik dengan jumlah getaran dan panjang tali seperti yang tercantum pada Tabel berikut!
D. Apa yang perlu kamu
diskusikan?
1. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan
1 getaran dengan panjang tali 15 cm? Berapa pula waktu yang dibutuhkan untuk
melakukan 1 getaran dengan panjang tali 30 cm?
Jawab: Jawaban soal
pada nomor ini disesuaikan dengan hasil percobaan peserta didik.
Waktu yang diperlukan
untuk melakukan satu getaran disebut periode (T)
2.
Berapa jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon pada panjang tali 15 cm?
Berapa pula jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon pada panjang tali 30
cm?
Jawab: Jawaban soal
pada nomor ini disesuaikan dengan hasil percobaan peserta didik.
Jumlah getaran yang
terjadi dalam satu sekon disebut frekuensi (f)
3.
Secara matematis, bagaimana kamu merumuskan periode? Apa satuannya?
Jawab: Waktu yang
dibutuhkan oleh bandul untuk menempuh atau melakukan satu kali getaran disebut
periode getar yang dilambangkan dengan T dengan satuannya yaitu sekon (s).
Secara matematis periode dirumuskan
dengan: T= periode (s), t = waktu getaran (s), dan n= jumlah getaran.
4.
Secara matematis, bagaimana kamu merumuskan frekuensi? Apa satuannya?
Jawab: Banyaknya getaran
dalam satu sekon disebut frekuensi (f). Satuan frekuensi adalah getaran per
sekon atau disebut dengan Hertz (Hz). Secara matematis frekuensi dirumuskan
dengan: f = frekuensi, n= jumlah getaran, dan t = waktu getaran (s).
5.
Bagaimana hubungan antara frekuensi dan periode?
Jawab: Hubungan antara
frekuensi dan periode dirumuskan
dengan: T= periode (s) f = frekuensi (Hz)
6. Berdasarkan
percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Kesimpulan: Berdasarkan percobaan
yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa panjang tali pada percobaan getaran
bandul berpengaruh terhadap periode getar. Semakin panjang tali, periode
getarnya semakin besar. Hal ini membuat frekuensinya semakin kecil. Sehingga,
dapat dikatakan bahwa besar periode berbanding terbalik dengan besar frekuensi.
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam, untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017.
Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/
SMP/MTs Saeful Karim – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam:
Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4/ Rinie Pratiwi P, -Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII/oleh H. Moch. Agus
Krisno; editor Intan Mahanani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII/oleh Wasis, Sugeng Yuli Irianto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga:
Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar