Jumat, 25 Februari 2022

Kegiatan Mengamati Ekosistem

 

A. Pengantar

Di sekolah, kamu menghabiskan waktu dalam ruangan kelas untuk berinteraksi dengan teman dan guru. Setelah kegiatan sekolah selesai, mungkin kamu pergi ke lapangan olahraga, ke toko buku, atau berjalan menuju tempat bermain. Setiap hari, kamu menuju ke tempat yang berbeda di sekitarmu. Pernahkah kamu mencatat tempat yang kamu kunjungi? Apakah kamu juga mempelajari interaksimu dengan lingkungan yang kamu kunjungi?

Setiap makhluk hidup memerlukan  lingkungan tertentu sebagai tempat hidupnya. Tahukah kamu, tempat hidup dinamakan habitat. Dalam suatu habitat, terdapat berbagai jenis makhluk hidup (biotik) dan makhluk tak hidup (abiotik). Tempat yang kamu kunjungi merupakan suatu habitat bagi suatu makhluk hidup. Pada tempat tersebut akan terjadi interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup.


B. Mengamati Ekosistem

1. Apa yang diperlukan?

a. ekositem di sekitar sekolah

b. alat untuk memotret

c. buku catatan

 

2. Apa yang dilakukan?

a. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.

b. mendatangi lingkungan sekitar sekolah

c. Catatlah semua makhluk hidup dan makhluk tak hidup yang terdapat pada lingkungan tersebut dalam suatu tabel seperti berikut. Kerjakan di buku tugasmu.

 

3. Foto Lingkungan Pengamatan

Gambar Siswa mengamati lingkungan di sekitar sekolah
Gambar Siswa mengamati lingkungan di sekitar sekolah

4. Tabel Hasil pengamatan

No

Makhluk Hidup (Biotik)

Jumlah

 

Makhluk tak hidup (Abiotik)

Keterangan

1

Padi

banyak

Tanah

Hitam kecoklatan

2

Kacang Panjang

23

Air

Jernih kehijauan

3

Ulat

4

Udara

Bersih dan segar

4

Belalang

7

Sinar Matahari

Terasa hangat

5

Semut

banyak

Kerikil

Agak bulat, keras

 

4. Kesimpulan

(1). Ekosistem terdiri atas dua komponen utama, yaitu komponen biotic (makhluk hidup) dan abiotik (benda-benda tidak hidup). (2). Komponen biotic yang ditemukan ialah Padi, Kacang Panjang, Ulat, Belalang, dan Semut, (3). Komponen abiotik yang ditemukan ialah tanah, air, udara, sinar matahari, dan kerikil.

 

Referensi:

Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Baca juga:

Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

01

Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

02

Kegiatan Mengamati Lingkungan

03

Kegiatan Mengamati Ekosistem

04

Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola

05

Interaksi antar Makhluk Hidup melalui Peristiwa Makan dan Dimakan

06

Interaksi Antar Makhluk Hidup membentuk Simbiosis

07

Peran Organisme Berdasarkan Kemampuan Menyusun Makanan

08

Komponen-komponen Ekosistem

09

Satuan-satuan dalam Ekosistem

10

Aliran Energi dalam Ekosistem

11

Pola Interaksi Manusia Mempengaruhi Ekosistem


Tidak ada komentar:

Posting Komentar