Sabtu, 29 Juni 2013

Pesawat Terbang Kertas, Mainan Anak yang Terkenal


A. Deskripsi Pesawat Terbang Kertas

Pesawat kertas atau Kapal Terbang Kertas ialah kapal terbang mainan yang dibuat dari kertas. Ia adalah reka bentuk yang paling asas dalam seni membentuk kertas. Pesawat Kertas merupakan salah satu aktivitas yang melibatkan lipat-lipat kertas supaya kertas berkenaan mempunyai bentuk tertentu seperti bentuk binatang, rumah, dan sebagainya. Dalam bahasa Jepang ini disebut sebagai “kami hikoki” artinya kami = kertas, hikoki = terbang. Kapal terbang kertas sangat terkenal, karena ini adalah reka bentuk yang paling mudah dalam seni membentuk kertas. Kapal terbang kertas semudah-mudahnya boleh disiapkan dalam 6 langkah. Pada zaman sekarang, ada juga kapal terbang kertas yang dibuat daripada "cardboard".

B. Sejarah Pesawat Terbang Kertas
Bahan kertas telah digunakan untuk membuat barang mainan sejak 2000 tahun dahulu di negeri Cina. Pada masa itu, layang-layangtelah menjadi permainan yang popular di sana. Walaupun demikian, adalah tidak pasti, bahwa siapakah yang betul-betul menciptakan benda ini. Adapun reka bentuk kapal terbang kertas ini semakin maju, tahun demi tahun. Kapal terbang kertas mungkin telah diciptakan pada tahun 1909. Tetapi, kebanyakan orang akan menerima pendapat bahawa Jack Northrop telah menciptakan kapal terbang kertas pada tahun 1930. Dalam hal itu, beliau telah menggunakan kapal terbang kertas untuk mengkaji seluk-beluk bagi pembuatan kapal terbang yang sebenarnya.

C. Cara Membuat Pesawat Terbang Kertas
1. Siapkan selembar kertas. berbentuk persegi atau persegi panjang


2. Lipat kertas jadi dua bagian. Harus sama rata


3. Buka lipatan, lalu lipat ujung-ujung kearah bekas lipatan


4. Lipat ke tengah, kearah lipatan yang dibuat pada langkah nomor dua


5. Lipat masing-masing kearah sisi luar. Sekarang sudah jadi




D. Mengapa Pesawat Terbang Kertas Bisa Melayang ?

Ada 3 faktor penyebabnya, yaitu:
(1). Gaya Angkat: ketika kita mendorong Pesawat Terbang Kertas, maka aliran udara dibelokkan, terjadi aksi-reaksi antara aliran udara dan Sayap Pesawat Terbang Kertas yang membelokkan udara tersebut. Aliran udara yang awalnya lurus kemudian belok setelah alirannya dibengkokkan oleh Sayap Pesawat Terbang Kertas tersebut. Gaya yang dikerjakan oleh Sayap Pesawat Terbang Kertas dinamakan gaya angkat. 
(2). Gaya Berat Kertas: semakin ringan kertas, maka semakin mudah Pesawat Terbang Kertas melayang, maka pilih bahan kertas yang ringan. 
(3). Efek Bernoullihal ini bisa dihasilkan apabila kecepatan aliran di bagian bawah sayap pesawat terbang kertas lebih kecil daripada kecepatan aliran udara di bagian atas sayap pesawat. 



Sumber:


Artikel Penerapan Fisika Pada Permainan

No
PENERAPAN FISIKA PADA PERMAINAN
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto

2 komentar:

ari sudono mengatakan...

penjelasan yang sahgat menarik dan gak bikin bosen, terima ksaih pak

Blog Belajar IPA SMP mengatakan...

bila ada yang belum bisa buat pesawat terbang kertas, silahkan coba, yang sudah bisa buat lagi!asyik !