Kamis, 06 Juni 2013

Ketapel, mainan pelontar peluru dari batu

Dua anak lelaki sedang bermain Ketapel di kebun

Apa itu ketapel? Ketapel yang kita kenal yaitu sebuah alat mainan untuk melempar batu. Sebuah ketapel biasanya terbuat dari kayu dengan dua karet yang di ikatkan pada kedua sisinya. Alat yang sederhana ini mampu melukai seekor binatang bahkan manusia, ada beberapa sebagian orang yang mengoleksi ketapel untuk perlengkapan pada saat berburu, mungkin karena tidak ingin repot akan bahan pelurunya karena cukup menggunakan kerikil yang bisa dengan mudah di temukan di sembarang tempat.
Menggunakan ketapel juga sangat mudah, tinggal isi dan pasang kerikil, lalu tarik dan lepas. Ketapel bekerja berdasarkan gaya pegas. Semakin kuat dalam menarik maka akan semakin jauh kerikil ini akan terlontar, bahkan bisa ratusan meter. Perlu diperhatikan juga walaupun mudah memakainya kalau kurang hati-hati bisa melukai jempol tangan.
Mainan ketapel biasanya di mainkan oleh anak laki-laki, jika kita mengingat masa kecil dahulu kita sering memainkan mainan seperti ini bersama teman-teman untuk berburu burung dan binatang kecil lainya, tidak hanya itu biasanya di adakan lomba memainkan ketapel, siapa dapat mengenai target itulah yang menang, target biasanya sebuah botol atau kaleng.
Sebuah ketapel tidak hanya dimainkan oleh orang Indonesia saja, di luar negeripun sudah sejak lama orang tau ini, bahkan seorang dewasa pun banyak yang menggunakan alat sederhana ini sebagai pengganti mainan dan senjata lainya, sebab jika memiliki senjata lainya memerlukan izin tertentu, dengan memiliki senjata ketapel tidak perlu repot dengan surat izin yang merepotkan. Banyak diluar negeri membuat sebuah ketapel dengan sentuhan modern dan seni tinggi yang unik, membuat sebuah gagang ketapel dengan kayu oak dan pinus akan sangat indah hasilnya. Ketapel diluar negeri masih banyak diperjual belikan secara online baik ketapel yang sederhana ataupun yang modern.
Di sebuah negara, sebuah ketapel digunakan sebagai senjata untuk melawan musuh yang dengan persenjataan lengkap dan hebat, ketapel ini mampu membuat repot musuh mereka. Anak-anak Palestina menggunakan ketapel seperti ini tidak untuk berburu seekor burung, akan tetapi untuk berburu musuh mereka seperti yang sering kita lihat di sebuah berita di TV atupun di chanel video online.
Ketapel adalah sebuah mainan sederhana namun bisa menjadi sebuah senjata sederhana yang hebat, sebuah ketapel apabila dimainkan oleh orang yang sudah terampil tidak hanya mampu membunuh seekor burung merpati.
Sebuah ketapel tidak hanya untuk mainan ataupun senjata, di tangan orang dengan kreatif ini akan menjadikan sebuah karya yang unik seperti tema pada kaos dan topi, di sebuah situs online shop banyak dijual kaos dan pakain yang bertemakan ketapel ini.
Ketapel selain mainan yang kita anggap kuno dan ketinggalan jaman, namun dapat menciptakan ide-ide kreatif yang unik. Sebuah mainan atau senjata seperti ketapel akan sangat susah kita temukan dijaman sekarang ini, biasanya kalau saya sedang nostalgia saya akan membuat dengan batang pohon perdu yang bercabang Y dan karet gelang untuk menciptakan ketapel. Buat teman-teman yang ingin membuat ketapel sendiri, baik dari yang sederhana maupun yang unik silahkan mencoba.
 
Ketapel dibuat dari ranting kayu bentuk Y, karet dan kulit
Gambar:
http://1.bp.blogspot.com/-3t6WhQAtPXU/TbKUWyzZEBI/AAAAAAAAALI/AA5mGa91fP0/s1600/ketapel.mantra.item.blogspot.jpg

Artikel Penerapan Fisika Pada Permainan

No
PENERAPAN FISIKA PADA PERMAINAN
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto

2 komentar:

ari sudono mengatakan...

artikel yang sangat menarik dan menambah wawasan pengetahuan,

Blog Belajar IPA SMP mengatakan...

kalau ingat nembak burung pakai ketapel burungya menggelepar, kasihan juga.