Kamis, 20 Februari 2014

Terompet Kertas

1) Penggunaan Terompet
Pada malam pergantian tahun tentunya sangat identik dengan kembang api dan juga terompet kertas. Belajar untuk membuat terompet  kertas sendiri bisa menghasilkan banyak uang. Kita membeli bahan untuk modalnya tidak terlalu mahal, namun bisa menghasilkan untung yang lumayan. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat terompet kertas dengan menggunakan kertas karton. Silahkan dicoba jika ingin menjual terompet pada tahun baru ataupun digunakan sendiri untuk memeriahkan malam tersebut. Cara membuat terompet ini sangat mudah sekali dan bisa dibilang gampang. Ayo kita membuatnya untuk memberikan rasa bangga.

2) Alat dan Bahan Terompet Kertas
Kertas karton, Bambu kecil untuk peluit, Kertas 3d atau kertas mas yang mengkilat warna-warni, Isolatif bening, Alat pemotong/cutter, Lem takol/lem kertas, Steples/stapler dan isinya.

3) Cara Membuat Terompet Kertas
a) Potong bambu kecil sekitar 5-6 cm dengan bentuk ujungnya serong, lalu sedikit dibelah agar dapat menyelipkan kertas kecil sehingga jika ditiup akan berbunyi. Namun suaranya masih kecil dan tidak kuat sebelum ada corongnya.
b) Lalu bentuk kertas karton menjadi seperti corong yang membesar didepan agar suara yang ditimbulkan lebih keras setelah dipasangkan bambu peluit tadi.
c) Kemudian apabila corong dan pluit sudah dipadukan, rekatkan dengan menggunakan isolatif pada ujungnya dengan benar. Cobalah tiup kembali berbunyi atau tidaknya, jika menjadi tidak berbunyi berarti memasangnya kurang pas.
d) Langkah terakhirnya adalah menghiasi terompet tersebut menggunakan kertas mas semenarik mungkin. Gunakanlah kertas mas atau kertas 3d yang warna-warni sehingga terlihat cantik.

Itulah cara membuat terompet kertas. Mudah bukan? Tinggal dipraktekkan saja dirumah anda masing-masing. Demikianlah cara membuat terompet kertas.

4) Mengapa Terompet Kertas Bila Ditiup Berbunyi ?

Bunyi adalah suatu bentuk gelombang longitudinal yang merambat secara perapatan dan perenggangan terbentuk oleh partikel zat perantara serta ditimbulkan oleh sumber bunyi yang mengalami getaran. Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh getaran udara dari sumber bunyi. Benda atau alat yang dapat menimbulkan bunyi disebut sumber bunyi, misalnya, gong yang dipukul dan gitar yang dipetik, serta terompet yang ditiup.

Pada saat terompet kertas ditiup, maka udara yang bergetar dapat menghasilkan bunyi. Getaran ini menyebar di udara sebagai gelombang. Gelombang tersebut diterima oleh telinga sebagai bunyi.

Sumber:
Gambar: http://kstv.co.id/wp-content/uploads/2012/12/6-pengrajin-terompet.jpg

2 komentar:

Eko Prasetyo mengatakan...

Saya mau tanya sejenis kertas apakah yang di selipkan di bambu yang sudah di potong potong itu,mohon jawabannya terima kasih

Blog Belajar IPA SMP mengatakan...

Mas Eko Prasetyo, jenis kertas yang diselipkan pada bambu untuk bisa bergetar menghasilkan suara pilih jenis kertas yang tipis. Bila penasaran belum berhasil, beli saja trompet yang murah, lalu bongkar, pasti ketahuan deh.