Jumat, 16 Desember 2011

Tanaman Tali Putri


1. Ragam Tanaman Tali Putri

Tanaman Tali Putri atau Cuscuta adalah genus dari sekitar 100 - 170 spesies yang berwarna kuning, oranye atau merah, jarang berwarna hijau, termasuk tanaman parasit. Ditempatkan  dalam  famili atau keluarga Convolvulaceae, dan genus Cuscuta. Genus ini ditemukan di seluruh daerah beriklim tropis di seluruh dunia, dengan keragaman spesies terbesar di daerah subtropis dan tropis, genus menjadi langka di daerah beriklim sejuk, dengan hanya empat spesies asli di bagian utara Eropa.

Tanaman Tali Putri termasuk parasit
Tanaman Tali Putri

2. Deskripsi Tanaman Tali Putri

Tanaman Tali Putri dapat diidentifikasi dengan batang bulat tipis tanpa daun. Tanaman  dapat menghasilkan buah yang kecil. Tanaman Tali Putri memiliki klorofil yang sangat rendah, beberapa spesies seperti Cuscuta reflexa dapat berfotosintesis sedikit, sementara yang lain seperti Cuscuta. Europaea sepenuhnya tergantung pada tanaman inang untuk menghisap sari-sari makanan.

Bunga  Tanaman Tali Putri berkisar dalam warna putih, merah muda, kuning dan krim. Biji diproduksi dalam jumlah besar. Mereka memiliki lapisan keras, dan dapat bertahan dalam tanah selama 5-10 tahun atau lebih.

Benih berkecambah dekat permukaan tanah, perkecambahan dapat terjadi tanpa tumbuhan inang, segera harus mencapai tanaman berdau hijau dengan cepat,  Tanaman Tali Putri tumbuh ke arah bau tanaman di dekatnya. Jika tanaman tidak tercapai dalam waktu 5 sampai 10 hari perkecambahan, benih Tanaman Tali Putri akan mati. Sebelum tanaman inang tercapai, Tanaman Tali Putri, seperti tanaman lain, bergantung pada cadangan makanan di embrio, yaitu kotiledon.

Setelah Tanaman Tali Putri melekat sendiri pada tanaman, ia membungkus sendiri sekitar tanaman. Jika tananan induk berisi makanan bermanfaat untuk Tanaman Tali Putri, segera menghasilkan haustoria untuk memasukkan diri ke dalam sistem xylem dan floem dari tuan rumah. Akar asli Tanaman Tali Putri dalam tanah lalu mati. Tanaman Tali Putri dapat tumbuh dan melampirkan dirinya sendiri untuk beberapa tanaman. Di daerah tropis ini dapat tumbuh terus-menerus, dan dapat mencapai tinggi ke kanopi semak dan pohon. Di daerah beriklim empat musim merupakan tanaman tahunan yang hidup setiap musim semi.

3. Tanaman Tali Putri termasuk Tanaman Parasit
Tanaman Tali Putri adalah parasit pada berbagai tanaman yang sangat luas, termasuk sejumlah spesies tanaman pertanian dan hortikultura, seperti rami, kentang, krisan, dahlia, bunga matahari.

Banyak negara memiliki hukum yang melarang impor benih Tanaman Tali Putri. Bibit  tanaman harus bebas dari kontaminasi benih Tanaman Tali Putri, sebab Tanaman Tali Putri bisa tumbuh kembali jika ada dari haustoria .

Sumber: wikipedia.org

Tidak ada komentar: