Jumat, 21 Desember 2012

Ikan Penyumpit atau Pemanah dapat Menembak Mangsa


1. Identifikasi Ikan Penyumpit atau Pemanah
Ikan Pemanah
Ikan Penyumpit atau Ikan Pemanah dalam bahasa Inggris Archerfish banded, atau dalam nama ilmiah Toxotes jaculatrix, adalah ikan air payau dari genus Archerfish Toxotes. Ikan Penyumpit atau Pemanah memiliki sisik warna keperakan, dan memiliki sirip punggung menjelang akhir posterior. Memiliki ciri khas, tanda segitiga sepanjang sisinya. Ikan Penyumpit atau Pemanah paling dikenal karena kemampuannya untuk meludah seperti sebuah jet air untuk "menembak jatuh" mangsa. IkanPenyumpit atau Pemanah yang lebih besar mungkin mampu memukul mangsa pada jarak 2 sampai 3 meter. Ikan Penyumpit atau Pemanah dapat “menembakkan air” mencapai mangsa dalam waktu 50 milidetik.
Nama binomial mengacu pada Sagitarius pemanah, karena penggunaan metode yang tidak biasa pada Ikan Penyumpit atau Pemanah untuk menangkap mangsanya. Ikan Penyumpit atau Pemanah ditemukan di Indo-Pasifik dan Oseania perairan, umumnya di muara sungai dan hutan bakau. Mereka bergerak di antara air tawar, air garam, dan air payau selama hidup mereka, meskipun tidak untuk berkembang biak. Karena tanda-tanda dan warna keperakan, Ikan Penyumpit atau  pemanah kadang-kadang disimpan sebagai ikan akuarium, meskipun mereka sulit dirawat dan tidak direkomendasikan untuk akuarium rumah.

2. Kemampuan Ikan Penyumpit atau Pemanah
Peneliti Universitas Milan di Italia memecahkan misteri kemampuan Ikan Penyumpit atau Pemanah yang diberi nama latin Toxotes jaculatrix  dalam kemampuan  "menembak mangsanya”. Dalam BBC 25 Oktober 2012, dijelaskan, Ikan Penyumpit atau Pemanah mampu menyemburkan air secepat jet secara akurat dari jarak 2 meter. Hebatnya lagi, tembakan air ini mampu menjatuhkan serangga yang sedang bergelantung di ranting. Setelah mangsa jatuh, Ikan Penyumpit atau Pemanah ini akan menyantapnya.
Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE ini menggunakan metode pangamatan. Gerakan ikan direkam menggunakan video berdefinisi tinggi untuk merekam gerakan yang sangat cepat. Prof Alberto Vailati, anggota tim peneliti, menggambarkan proses semburan air dari mulut ikan mirip dengan mekanisme pistol air atau menekan mainan dari bahan karet yang berisi air. Semprotan air yang sangat kuat ini dihasilkan saat ikan menekan lidahnya pada lekuk mulutnya. Ini membentuk formasi yang sempit dan tajam. Kemudian, Ikan Penyumpit atau  Pemanah ini menutup insangnya untuk mendorong air melesat ke arah mangsa.
Pancaran air ini diklaim lebih kuat dibanding enam kali kekuatan ototnya. tembakan air ini menerobos badan air dan bertambah cepat sehingga membentuk tetesan air yang besar. Energi yang sangat besar ini memaksimalkan dampak titik air saat menghantam mangsa.

Sumber:
gambar dari google images


Artikel Organisme Unik
No
ORGANISME UNIK
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto
06
Semiyanto
07
Semiyanto
08
Semiyanto
09
Intan Furaida
10
Rizki Ari M
11
M. Ikhsan S
12
Rena Fillias A.
13
M. Ali Nurdin.
14
Semiyanto
15
M.N. Maulana 
16
Semiyanto
17
Semiyanto

Tidak ada komentar: