Sabtu, 21 Januari 2012

Benalu


1) Deskripsi
Benalu
Benalu dengan  nama ilmiah Loranthus termasuk  suku Loranthaceae, adalah sekelompok tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada batang, dahan, ranting pohon tumbuhan berkayu. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Tumbuhan ini menghasilkan getah yang lengket. Persebaran tumbuhan ini terjadi dibantu hewan burung. Apabila burung memakan buah dan bijinya lalu mengekskresikan pada dahan pohon yang sesuai, bijinya akan berkecambah dan benalu muda tumbuh. Persebaran tumbuhan. Bunga-bunga Loranthus kecil, hijau, biasanya memiliki empat sampai enam bagian dan berkelamin tunggal atau biseksual. Spesies lain dari Loranthus tumbuh sangat besar, bunga mencolok, dengan mekar dalam warna hidup.

2) Penyebaran Benalu
Penyerbukan bunga pada benalu dilakukan oleh serangga, burung dan mamalia, seperti kelelawar, kolibri, burung beo, kupu-kupu, ngenga. Benalu dapat ditemukan di seluruh dunia. Buah benalu merupakan sumber makanan penting bagi burung. Biasanya burung-burung pemakan buah benalu dari genera Columbidae, dan Turdidae. Burung memakan buah utuh dan biji dimuntahkan utuh. Perilaku burung ini memperluas penyebaran benih, penyebaran benih dapat juga dilakukan oleh monyet, tupai, landak, oposum.




3) Pengaruh Benalu pada pohon yang ditumpangi
Proses Biji Benalu Tumbuh
Kadang-kadang bila benalu terlalu banyak hidup di pohon dapat menyebabkan kematian. Tetapi dalam sebagian kasus perilaku mereka epifit, pohon-pohon yang ditumpangi mendukung karena telah mengembangkan perlawanan atau strategi untuk mengurangi pertumbuhan spesies Loranthus.  Sebagian besar tanaman tanpa pertahanan terhadap benalu, dan benalu hidup sebagai parasit. Beberapa spesies Loranthus, adalah parasit merepotkan, misalnya mereka terjadi di Kerala India sebagai ancaman pada pohon mangga (Mangifera indica). Tanaman benalu tumbuh kuat pada pohon terutama di suatu tempat di tengah-tengah cabang tua. Setelah tumbuh, benalu mencuri mineral dan air, serta menutupi sinar matahari.

4) Peran Benalu secara Ekologis
Kehadiran mereka secara ekologis penting bagi keanekaragaman hayati.  Banyak spesies hewan tergantung dari buah di musim yang tidak menguntungkan. Sebuah metode kontrol pertanian yang digunakan adalah memotong cabang yang ditumbuhi oleh Loranthus sebelum menyebar ke cabang lain. Untuk beberapa spesies benalu yang hidup di Asia digunakan larva dari kupu-kupu Izebel, untuk pengendalian alami. Daun benalu adalah makanan untuk ulat yang tumbuh besar, karenanya dengan cepat bisa menggerogoti daun-daun benalu. Larva berkepompong dan mengalami metamorfosis menjadi kupu-kupu yang indah kemudian disebut Izebel. Benalu Loranthus ferrugineus, merupakan varietas benalu yang secara tradisional digunakan untuk pengelolaan hipertensi.

5) Klasifikasi Benalu
Kerajaan: Plantae, Divisi: Magnoliophyta, Kelas: Magnoliopsida, Ordo: Santalales, famili: Loranthaceae
Genus: Loranthus

Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Loranthus
gambar dari google images

Artikel Organisme Unik
No
ORGANISME UNIK
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto
06
Semiyanto
07
Semiyanto
08
Semiyanto
09
Intan Furaida
10
Rizki Ari M
11
M. Ikhsan S
12
Rena Fillias A.
13
M. Ali Nurdin.
14
Semiyanto
15
M.N. Maulana 
16
Semiyanto
17
Semiyanto

Tidak ada komentar: