Sabtu, 28 Januari 2012

Tanaman Kantong Semar


1. Deskripsi Tanaman Kantong Semar

Tanaman Kantong Semar (Nepenthes)
Tanaman Kantong Semar (Nepenthes)

Tanaman Kantong semar dalam bahasa Inggris disebut Tropical pitcher plant, termasuk Genus Nepenthes, dalam familia monotipik, terdiri dari 130 spesies dan belum termasuk hibrida alami maupun buatan. 

Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. 

Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya, misalnya: serangga, pacet, anak kodok yang masuk ke dalam kantong.

Pada umumnya, Nepenthes memiliki tiga macam bentuk kantong, yaitu kantong atas, kantong bawah, dan kantong roset. 

Kantong atas adalah kantong dari tanaman dewasa, biasanya berbentuk corong atau silinder, tidak memiliki sayap, tidak mempunyai warna yang menarik, bagian sulur menghadap ke belakang dan dapat melilit ranting tanaman lain, kantong atas lebih sering menangkap hewan yang terbang seperti nyamuk atau lalat, kantong jenis ini jarang bahkan tidak ditemui pada beberapa spesies, contohnya Nepenthes ampullaria

Kantong bawah adalah kantong yang dihasilkan pada bagian tanaman muda yang biasanya tergeletak di atas tanah, memiliki dua sayap yang berfungsi sebagai alat bantu bagi serangga tanah seperti semut untuk memanjat mulut kantong dan akhirnya tercebur dalam cairan berenzim di dalamnya.

Adapun kantong roset, memiliki bentuk yang sama seperti kantong bawah, namun kantong roset tumbuh pada bagian daun berbentuk roset, contoh spesies yang memiliki kantong jenis ini adalah N Nepenthes ampullaria dan Nepenthes gracilis

Beberapa tanaman terkadang mengeluarkan kantong tengah yang berbentuk seperti campuran kantong bawah dan kantong atas.

2. Habitat Tanaman Kantong Semar

Genus Nepenthes merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis yang meliputi negara Indonesia, Republik Rakyat Cina bagian selatan, Indochina, Malaysia, Filipina, Madagaskar bagian barat, Seychelles, Kaledonia Baru, India, Sri Lanka, dan Australia

Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Kalimantan dan Sumatra. Tanaman ini memiliki penyebaran yang sangat luas dari pinggir pantai sampai dataran tinggi, karena inilah nepenthes dibagi dalam dua jenis yaitu jenis dataran tinggi dan jenis dataran rendah, walau kebanyakan spesies tumbuh di dataran tinggi. Spesies yang tercatat tumbuh di ketinggian paling tinggi adalah Nepenthes lamii yaitu di ketinggian 3,520 m.

Kebanyakan spesies tumbuh di tempat dengan kelembaban tinggi dan cahaya dengan tingkat menengah hingga tinggi. Beberapa spesies seperti Nepenthes ampullaria tumbuh di tempat yang teduh dengan tidak terlalu banyak cahaya, sedangkan Nepenthes mirabilis tumbuh ditempat yang terbuka dengan cahaya yang berlimpah. 

Tanah tempat tumbuh nepenthes biasanya miskin hara dan asam. Beberapa spesies tumbuh di tempat yang sangat beracun bagi tanaman lain seperti Nepenthes rajah yang tumbuh pada tanah dengan kandungan logam berat dan Nepenthes albomarginata yang tumbuh pada pantai berpasir di zona yang terkena siraman air laut, beberapa spesies tumbuh epifit seperti Nepenthes inermis yang tumbuh tanpa bersentuhan dengan tanah.

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Kantong_semar
http://en.wikipedia.org/wiki/Nepenthes
http://agroindonesia.co.id/2009/06/16/kantong-maut-nepenthes-mulai-menyebar/
gambar dari google images

Baca juga:

2 komentar:

Unknown mengatakan...

cara menanam tanaman ini yang benar gmn?

Blog Belajar IPA SMP mengatakan...

Cara budidaya tanaman kantong semar ada dua, cara generatif dengan menanam bijinya, dan perbanyakan lewat vegetatif dapat dilakukan dengan memotong tanaman muda dari induknya, setelah dipotong, segera ditanaman dengan media berbahan baku campuran sepagnum moss dan butiran zeolith dengan perbandingan 4:1. Ingin lebih lengkap silahkan klik Sumber: http://agroindonesia.co.id/2009/06/16/kantong-maut-nepenthes-mulai-menyebar/