Sabtu, 18 Februari 2012

Tumbuhan Penangkap Serangga


A. Deskripsi

Tanaman Venus Fly Traps
Tumbuhan penangkap serangga, disebut juga penangkap lalat Venus, atau Venus Fly traps, dalam bahasa ilmiah dinamakan Dionaea muscipula. Tumbuhan Dionaea muscipula adalah tanaman karnivora yang dapat menangkap dan mencerna mangsa hewan dari serangga dan laba-laba. Struktur perangkap dibentuk oleh bagian masing-masing daun tanaman, dipicu oleh rambut-rambut kecil pada permukaan daun. Ketika suatu serangga atau laba-laba merayap di sepanjang daun kontak rambut, perangkap menutup jika rambut terinjak dalam waktu dua puluh detik. Hewan yang dimangsa Dionaea berupa semut 33%, laba-laba 30%,  kumbang 10%, dan belalang 10%, dengan kurang dari 5% serangga terbang.
Tumbuhan penangkap lalat Venus adalah tanaman kecil yang mempunyai 4-7 daun, muncul dari batang bawah. Setiap batang mencapai ukuran maksimum sekitar tiga sampai sepuluh sentimeter, tergantung pada umur; daun dengan perangkap yang kuat biasanya terbentuk setelah berbunga. Tumbuhan Venus Fly traps yang memiliki lebih dari 7 daun akan membentuk koloni atau rumpun.
Mekanisme mengatupnya daun penangkap serangga
Daun dibedakan menjadi dua, daun datar berbentuk hati untuk fotosintesis dan memiliki tangkai daun. Sepasang  daun berengsel di pelepah, membentuk perangkap yang merupakan daun sejati. Permukaan atas daun mengandung pigmen merah antosianin dan bagian tepi yang mensekresi lendir. Gerakan menutup terjadi ketika dirangsang oleh injakan serangga. Mekanisme menjebak adalah mangsa tersandung saat kontak salah satu dari tiga rambut seperti trikoma yang ditemukan pada permukaan atas. Mekanisme menjebak sangat khusus, dapat membedakan antara mangsa yang hidup dan rangsangan non mangsa seperti air hujan yang turun. Tepi-tepi rongga daun perangkap dibatasi oleh tonjolan rambut yang  kaku atau silia, digunakan mencegah mangsa besar dari melarikan diri.
Lubang-lubang dipinggir daun perangkap memungkinkan mangsa kecil untuk melarikan diri, mungkin karena manfaat yang akan diperoleh dari mereka akan kurang dari energi mencerna mereka. Jika mangsa terlalu kecil dan kabur, perangkap akan dibuka kembali dalam waktu 12 jam. Jika mangsa bergerak di dalam perangkap, maka perangkap mengencangkan diri dan pencernaan dimulai lebih cepat. Kecepatan penutupan dapat bervariasi tergantung pada jumlah kelembaban, cahaya, ukuran mangsa, dan kondisi pertumbuhan umum.
Ketika tumbuh dari bibit, tanaman memakan waktu sekitar empat sampai lima tahun untuk mencapai kematangan, dan akan hidup selama 20 sampai 30 tahun jika dibudidayakan di kondisi yang tepat.

B. Habitat

Pertumbuhan Tanaman Dionaea muscipula
Tumbuhan penangkap lalat Venus ditemukan dalam lingkungan dan miskin nitrogen fosfor, seperti rawa dan savana basah. Sosok tanaman kecil dan lambat tumbuh. Meskipun telah berhasil ditanam di seluruh dunia, ditemukan pada habitat aslinya hanya di Carolina Utara dan Selatan, di negara Amerika Serikat.


Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Venus_Flytrap


Artikel Organisme Unik
No
ORGANISME UNIK
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto
06
Semiyanto
07
Semiyanto
08
Semiyanto
09
Intan Furaida
10
Rizki Ari M
11
M. Ikhsan S
12
Rena Fillias A.
13
M. Ali Nurdin.
14
Semiyanto
15
M.N. Maulana 
16
Semiyanto
17
Semiyanto

Tidak ada komentar: