I. Ayo Latihan: "Membuat Grafik"
Sando dan Luvena ingin meneliti apakah panjang sayap suatu helikopter kertas memengaruhi lama waktu bertahan di udara.
Helikopter kertas |
Setelah melakukan percobaan, mereka
memperoleh hasil sebagai berikut.
a) Apakah jenis grafik yang paling cocok untuk data di atas, grafik batang atau grafik garis? Berikan alasannya.
Jawab: Jenis grafik yang paling cocok untuk data di atas adalah
grafik garis. Alasannya: karena variabel bebasnya berupa angka.
b)
Buatlah grafik secara lengkap dari tabel data percobaan di atas.
Jawab: Perbandingan Panjang Sayap dan Lamanya Helikopter Melayang di
Udara
Perbandingan Panjang Sayap dan Lamanya Helikopter Melayang di Udara |
c)
Apakah kesimpulan dari grafik di atas?
Jawab: Semakin panjang sayap, maka helicopter melayang di udara
semakin lama.
*********************************
II. Proyek Akhir Bab
Sebagai
calon ilmuwan cilik, inilah aktivitas penentuan apakah kalian berhasil atau
tidak, yaitu membuat laporan penyelidikan seperti pada aktivitas berikut ini.
Untuk
melengkapi rancangan percobaan yang telah kalian susun pada bagian Ayo Rancang
(Aktivitas 1.11), buatlah laporan lengkap dari penyelidikan tersebut, dimulai
dari tujuan percobaan sampai kesimpulan. Gunakan struktur langkah melaporkan
hasil percobaan secara lengkap seperti di atas. Bacalah dengan cermat lembar
penilaian sumatif, termasuk rubrik penilaian yang diberikan oleh guru kalian,
sebelum mulai menulis laporan percobaannya.
A. Petunjuk Menulis
Laporan Percobaan
Penilaian
Sumatif: Metode Ilmiah
Nama
: …
Kelas
: …
Menulis
Laporan Percobaan
Setelah
melaksanakan percobaan yang telah kamu rancang sendiri untuk mengaplikasikan
metode ilmiah, buatlah laporan data hasil percobaan, secara individual, dengan lengkap
sesuai truktur di bawah ini. Bacalah dengan teliti kriteria penilaian pada
halaman selanjutnya.
Struktur laporan
percobaan:
1. Tujuan Percobaan
Dapat
dituliskan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan, misalnya: “Menyelidiki
pengaruh (variabel bebas) terhadap (variable terikat)” atau “Bagaimana pengaruh
(variabel bebas) terhadap (variabel terikat)?”
2. Hipotesis
Suatu
perkiraan hasil percobaan berdasarkan variabel bebas dan terikat, disertai dengan alasan secara saintiik/ilmiah.
3. Variabel
Terdiri
atas variabel bebas, terikat dan kontrol secara terperinci.
a.
Variabel bebas: faktor/hal yang kalian uji.
b.
Variabel terikat: faktor yang kalian ukur, sebagai akibat dari perubahan
variabel bebas.
c.
Variabel kontrol: faktor-faktor lain (minimal 3) yang harus dipertahankan sama
supaya eksperimen fair atau hanya menguji satu variabel saja.
4. Alat dan Bahan
Daftar
alat-alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan, disertai dengan jumlah
alat/bahan dan ukuran alat yang diperlukan.
5. Prosedur
a.
Tuliskan langkah-langkah percobaan secara berurutan.
b.
Sebutkan apa data yang akan diukur/diamati dan bagaimana kamu akan mengukur
atau mengamati faktor tersebut. Percobaan harus diulangi minimal sebanyak tiga
(3) kali apabila memungkinkan.
c.
Jelaskan bagaimana kalian mempertahankan setiap faktor dalam variabel kontrol
supaya percobaan kalian fair.
6. Pengumpulan dan
Pengolahan Data Percobaan
a.
Catatlah data percobaan dalam bentuk tabel, dengan variabel bebas pada kolom sebelah
kiri dan variabel terikat pada kolom bagian kanan.
b.
Tulis pula judul dan satuan pengukuran.
c.
Semua data dalam satu kolom dicatat dalam jumlah angka desimal yang sama.
Hitunglah nilai rata-rata dari data kalian.
d.
Dari tabel hasil percobaan di atas, buatlah graik yang sesuai. Biasanya
variabel bebas diplot pada sumbu-x dan variabel terikat pada sumbu-y graik.
e.
Lengkapilah dengan komponen-komponen grafik, seperti judul grafik dan label
untuk sumbu x dan y serta satuan masing-masing.
7. Kesimpulan
a.
Berdasarkan grafik yang telah kalian buat, nyatakanlah hubungan antara variabel
bebas dan variabel terikat dalam percobaan kalian dengan didukung oleh
data-data percobaan.
b.
Bandingkanlah kesimpulan kalian dengan teori Sains yang telah kalian pelajari.
Teori ini bisa diperoleh dari buku, ensiklopedia, situs internet atau
sumber-sumber lain yang terpercaya.
8. Daftar Pustaka
Tuliskan
secara lengkap referensi-referensi yang kalian gunakan dalam menuliskan laporan
percobaan ini.
*********************************
III. Membuat Laporan
Percobaan
Nama : ...
Kelas : ...
Panjang Kecambah Biji Kacang Hijau
1. Tujuan Percobaan:
Mengukur "panjang batang" kecambah biji kacang hijau selama 5 hari
2. Hipotesis:
Berapa panjang kecambah biji kacang hijau pada hari ke-5?. Dugaan
sementara 3,5 cm, karena pada saat biji kacang hijau berkecambah mengalami
pertumbuhan cepat.
3. Variabel
a. Variabel bebas: hari ke-1 sampai dengan hari ke-5
b. Variabel terikat: pertambahan panjang kecambah biji kacang
hijau
c. Variabel kontrol: ukuran biji kacang hijau sama besar, wadah
tempat perkecambahan sama, suasana terang sama.
4. Alat dan Bahan
a. Pisin/Piring Kecil = 1 buah
b. Potongan Kapas/Kain = 1 potong
c. Air = secukupnya
d. Biji Kacang Hijau = 3 buah
5. Prosedur
a. Menyediakan sebuah pisin dengan perlakuan sebagai berikut,
pisin diberi potongan kapas/kain dan diatasnya ditaruh 3 buah biji kacang
hijau, dan diletakkan pada tempat TERANG.
b. Setiap hari pada pisin disiram dengan air pada pukul 06.00
WIB.
c. Mengukur “panjang batang” kecambah biji kacang hijau selama 5
hari, dimulai dari biji berkecambah. Pengukuran panjang batang dilakukan pada
pukul 17.00 WIB.
d. Mencatat hasil
pengamatan kedalam tabel berikut.
6. Pengumpulan dan Pengolahan Data Percobaan
Gambar Kecambah Kacang Hijau
Pertumbuhan Biji Kacang Hijau di Tempat Terang |
Tabel hasil pengamatan
Grafik Hasil Pengamatan dipilih grafik garis karena variabel
bebasnya berupa angka
Grafik panjang kecambah biji kacang hijau |
7. Kesimpulan
Panjang kecambah biji kacang hijau pada hari ke-5 adalah 3,0 cm.
Pada saat biji kacang hijau berkecambah mengalami pertumbuhan cepat.
8. Bacaan: Kecambah, Wikipedia Bahasa Indonesia.
Referensi:
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani
Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)
Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis : Budiyanti Dwi Hardanie, dkk. ISBN : 978-602-244-382-7 (jilid-1).
Cara membuat helicopter
kertas dari id.everaoh.com
Percobaan Pertumbuhan Biji Kacang Hijau dari https://rizki2812.wordpress.com
Baca juga:
Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 |
1 komentar:
bagussss
Posting Komentar