Senin, 13 Juni 2022

Aktivitas Merancang Percobaan

 

Siswa Berkebun
Siswa Berkebun

A. Ayo Amati - Aktivitas 1.6

Berdirilah di halaman sekolah atau rumah kalian, lalu perhatikan keadaan di sekeliling kalian. Catatlah dua pengamatan yang kalian lakukan dengan menggunakan alat indra yang berbeda.

Perhatikan rambu-rambu berikut

1. Pengamatan: ada daun yang jatuh.

2. Kesimpulan: ada angin sepoi-sepoi lalu menjadi lebih kencang.

3. Prediksi: akan ada angin ribut. 


Contoh Jawaban:

1. Pengamatan Indra Penglihatan: ada kecambah biji kacang hijau di kebun

2. Pengamatan Indra Pendengaran: ada suara anak-anak kucing memanggil induknya 


B. Ayo Buat - Aktivitas 1.7

Dari pengamatan yang telah kalian lakukan pada Aktivitas 1.6, buatlah satu pertanyaan yang bisa menjadi sebuah tujuan percobaan. Ingatlah bahwa tujuan percobaan harus dapat diuji, dapat dilakukan dan bukan merupakan pendapat pribadi.

Jawab:

1. Pengamatan: "Ada kecambah biji kacang hijau di kebun".

2. Pertanyaan yang bisa menjadi sebuah tujuan percobaan: “Berapa panjang kecambah biji kacang hijau dalam satu hari?”

3. Tujuan percobaan: "Mengukur panjang kecambah biji kacang hijau dalam satu hari"


C. Ayo Amati - Aktivitas 1.8

Amatilah gambar di bawah ini. Jika kalian akan melakukan penyelidikan, apakah tujuan percobaan dan hipotesisnya berdasarkan pengamatan kalian? Ingatlah bahwa hipotesis didukung oleh alasan yang ilmiah.

Gambar Dua perlakuan berbeda tanaman Agnes dan Ida

Gambar Dua perlakuan berbeda tanaman Agnes dan Ida

Jawab:

1. Tujuan Percobaan: “Menyelidiki pengaruh pupuk terhadap pertumbuhan tanaman”

2. Hipotesis: “Dugaan sementara, ada pengaruh pemberian pupuk terhadap kesuburan tanaman”


D. Ayo Rancang - Aktivitas 1.9

Ayu membantu ibunya menanam tanaman tomat, cabe dan bawang. Ia ingin mengetahui tanaman mana yang paling cepat tumbuh. Tentukanlah variabel bebas, variabel terikat dan tiga macam variabel kontrol dalam penyelidikan Ayu ini.

Rambu-rambu jawaban: 

Variabel bebas adalah jenis tanaman yang ditanam. 

Variabel terikat adalah pertumbuhan tanaman yang dapat diukur dari tinggi tanaman. 

Variabel kontrol bisa beberapa, antara lain sebagai berikut: 

(a) Jenis tanah yang digunakan, 

(b) Jenis dan volume air untuk menyiram, 

(c) Waktu penyiraman, 

(d) Tanaman ditempatkan di area yang sama.


Jawab: “Ayu membantu ibunya menanam tanaman tomat, cabe, dan bawang”.

1. Variabel bebas adalah jenis tanaman yang ditanam, yaitu tomat, cabe, dan bawang.  

2. Variabel terikat adalah pertumbuhan tanaman yang dapat diukur dari tinggi tanaman, yaitu mengukur tinggi tanaman tomat, cabe, dan bawang tiap hari.

3. Variabel control adalah tanaman tomat, cabe, dan bawang, ditanam pada tanah, disiram air, waktu penyiraman, dan ditempatkan pada area yang sama.


E. Ayo Rancang – Aktivitas 1.10

Bantulah Ayu untuk dapat menjalankan percobaannya dalam menanam tomat, cabe dan bawang pada Aktivitas 1.9 dengan menuliskanlah alat-alat dan bahan yang akan ia butuhkan. Kemudian buat prosedur percobaan, berupa langkah-langkah percobaan yang harus Ayu lakukan, secara berurutan dan spesifik.

Jawab: “Ayu membantu ibunya menanam tanaman tomat, cabe, dan bawang”.

1. Alat-alat dan bahan percobaan ialah: 

(a) tanaman tomat, cabe, dan bawang, 

(b) tanah, 

(c) air, 

(d) polibag/pot, 

(e) penggaris.


2. Langkah-langkah percobaan: 

(a) Menyediakan alat dan bahan yang diperlukan untuk percobaan; 

(b) pot/polibag diberi tanah yang sama ukurannya; 

(c) di atas tanah diberi biji tomat, biji cabe, dan umbi bawang merah; 

(d) tanaman disiram dengan ukuran air yang sama, dan waktu penyiraman sama; 

(e) setelah berkecambah diukur panjang batang dan akar tiap hari; 

(f) mencatat hasil pengukuran kedalam tabel.


Nah sekarang kalian sudah bisa merancang suatu percobaan secara lengkap dengan menggunakan metode ilmiah. Marilah berlatih menjadi ilmuwan cilik dengan melakukan penyelidikan melalui Aktivitas 1.11 berikut ini.


F. Ayo Rancang – Aktivitas 1.11

Amatilah keadaan di dalam rumah kalian, kemudianlah buatlah suatu rancangan percobaan secara lengkap yang bisa dilakukan di rumah kalian. Rancangan percobaan kalian harus berisi:

a) Tujuan Percobaan Dapat dituliskan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan, misalnya: “Menyelidiki pengaruh (variabel bebas) terhadap (variabel terikat)” atau “Bagaimana pengaruh (variabel bebas) terhadap (variabel terikat)?”

b) Hipotesis Suatu perkiraan hasil percobaan berdasarkan variabel bebas dan terikat, disertai dengan alasan secara saintifik. 

c) Variabel Terdiri atas variabel bebas, terikat dan kontrol secara terperinci.


Jawab:

a). Tujuan Percobaan:

Mengukur panjang kecambah biji kacang hijau selama 5 hari, dimulai dari biji berkecambah.

b). Hipotesis:

Berapa panjang kecambah biji kacang hijau pada hari ke-5?. Dugaan sementara 3,5 cm, karena pada saat biji kacang hijau berkecambah mengalami pertumbuhan cepat.

c). Variabel

(1). Variabel bebas: hari ke-1 sampai dengan hari ke-5

(2). Variabel terikat: pertambahan panjang kecambah biji kacang hijau

(3). Variabel kontrol: ukuran biji kacang hijau sama besar, wadah tempat perkecambahan sama, suasana gelap sama.


Untuk memperoleh ide merencanakan percobaan kalian dapat mengakses:  www.sciencefun.org/kidszone/experiments/


Referensi      

Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)

Baca juga:

Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

01

Apa Itu Sains?

02

Ilmuwan Sains Indonesia

03

Penemuan Ilmuwan Sains Dunia

04

Membuat Poster Ilmuwan Sains Dunia dan Indonesia

05

Uji Apa Itu Sains?

06

Laboratorium IPA

07

Alat-alat Laboratorium IPA

08

Bahan Kimia dalam Laboratorium IPA

09

Keselamatan Kerja di Laboratorium

10

Uji Laboratorium IPA

11

Memanaskan Cairan dalam Tabung Reaksi

12

Merancang Percobaan

13

Aktivitas Merancang Percobaan

14

Uji Merancang Percobaan

15

Pengukuran

16

Aktivitas Pengukuran

17

Uji Pengukuran

18

Pelaporan Hasil Percobaan

19

Aktivitas Pelaporan Hasil Percobaan

20

Uji Pelaporan Hasil Percobaan

21

Review Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar