Siswa Berkebun |
A. Ayo Amati - Aktivitas 1.6
Berdirilah
di halaman sekolah atau rumah kalian, lalu perhatikan keadaan di sekeliling
kalian. Catatlah dua pengamatan yang kalian lakukan dengan menggunakan alat
indra yang berbeda.
Perhatikan rambu-rambu berikut
1. Pengamatan: ada daun yang jatuh.
2. Kesimpulan: ada angin sepoi-sepoi lalu menjadi lebih
kencang.
3. Prediksi: akan ada angin ribut.
Contoh Jawaban:
1. Pengamatan Indra Penglihatan: ada kecambah biji kacang
hijau di kebun
2. Pengamatan Indra Pendengaran: ada suara anak-anak kucing memanggil induknya
B. Ayo Buat - Aktivitas 1.7
Dari
pengamatan yang telah kalian lakukan pada Aktivitas 1.6, buatlah satu
pertanyaan yang bisa menjadi sebuah tujuan percobaan. Ingatlah bahwa tujuan
percobaan harus dapat diuji, dapat dilakukan dan bukan merupakan pendapat
pribadi.
Jawab:
1. Pengamatan: "Ada kecambah
biji kacang hijau di kebun".
2. Pertanyaan yang
bisa menjadi sebuah tujuan percobaan: “Berapa panjang
kecambah biji kacang hijau dalam satu hari?”
3. Tujuan percobaan: "Mengukur panjang kecambah biji kacang hijau dalam satu hari"
C. Ayo Amati - Aktivitas 1.8
Amatilah
gambar di bawah ini. Jika kalian akan melakukan penyelidikan, apakah tujuan
percobaan dan hipotesisnya berdasarkan pengamatan kalian? Ingatlah bahwa
hipotesis didukung oleh alasan yang ilmiah.
|
Jawab:
1. Tujuan Percobaan: “Menyelidiki pengaruh pupuk terhadap
pertumbuhan tanaman”
2. Hipotesis: “Dugaan sementara, ada pengaruh pemberian
pupuk terhadap kesuburan tanaman”
D. Ayo Rancang - Aktivitas 1.9
Ayu
membantu ibunya menanam tanaman tomat, cabe dan bawang. Ia ingin mengetahui
tanaman mana yang paling cepat tumbuh. Tentukanlah variabel bebas, variabel
terikat dan tiga macam variabel kontrol dalam penyelidikan Ayu ini.
Rambu-rambu jawaban:
Variabel bebas adalah jenis tanaman yang ditanam.
Variabel terikat adalah pertumbuhan tanaman yang dapat diukur dari tinggi tanaman.
Variabel kontrol bisa beberapa, antara lain sebagai berikut:
(a) Jenis tanah yang digunakan,
(b) Jenis dan volume air untuk menyiram,
(c) Waktu penyiraman,
(d)
Tanaman ditempatkan di area yang sama.
Jawab: “Ayu membantu
ibunya menanam tanaman tomat, cabe, dan bawang”.
1. Variabel bebas
adalah jenis tanaman yang ditanam, yaitu tomat, cabe, dan bawang.
2. Variabel terikat
adalah pertumbuhan tanaman yang dapat diukur dari tinggi tanaman, yaitu
mengukur tinggi tanaman tomat, cabe, dan bawang tiap hari.
3. Variabel control
adalah tanaman tomat, cabe, dan bawang, ditanam pada tanah, disiram air, waktu
penyiraman, dan ditempatkan pada area yang sama.
E. Ayo Rancang – Aktivitas 1.10
Bantulah
Ayu untuk dapat menjalankan percobaannya dalam menanam tomat, cabe dan bawang
pada Aktivitas 1.9 dengan menuliskanlah alat-alat dan bahan yang akan ia
butuhkan. Kemudian buat prosedur percobaan, berupa langkah-langkah percobaan
yang harus Ayu lakukan, secara berurutan dan spesifik.
Jawab: “Ayu membantu
ibunya menanam tanaman tomat, cabe, dan bawang”.
1. Alat-alat dan bahan percobaan ialah:
(a) tanaman tomat, cabe, dan bawang,
(b) tanah,
(c) air,
(d) polibag/pot,
(e) penggaris.
2. Langkah-langkah percobaan:
(a) Menyediakan alat dan bahan yang diperlukan untuk percobaan;
(b) pot/polibag diberi tanah yang sama ukurannya;
(c) di atas tanah diberi biji tomat, biji cabe, dan umbi bawang merah;
(d) tanaman disiram dengan ukuran air yang sama, dan waktu penyiraman sama;
(e) setelah berkecambah diukur panjang batang dan akar tiap hari;
(f) mencatat hasil pengukuran kedalam tabel.
Nah
sekarang kalian sudah bisa merancang suatu percobaan secara lengkap dengan
menggunakan metode ilmiah. Marilah berlatih menjadi ilmuwan cilik dengan
melakukan penyelidikan melalui Aktivitas 1.11 berikut ini.
F. Ayo Rancang – Aktivitas 1.11
Amatilah keadaan di dalam rumah kalian,
kemudianlah buatlah suatu rancangan percobaan secara lengkap yang bisa
dilakukan di rumah kalian. Rancangan percobaan kalian harus berisi:
a) Tujuan Percobaan Dapat dituliskan dalam
bentuk pernyataan atau pertanyaan, misalnya: “Menyelidiki pengaruh (variabel
bebas) terhadap (variabel terikat)” atau “Bagaimana pengaruh (variabel bebas)
terhadap (variabel terikat)?”
b) Hipotesis Suatu perkiraan hasil percobaan
berdasarkan variabel bebas dan terikat, disertai dengan alasan secara
saintifik.
c)
Variabel Terdiri atas variabel bebas, terikat dan kontrol secara terperinci.
Jawab:
a). Tujuan Percobaan:
Mengukur panjang kecambah biji kacang hijau selama 5 hari,
dimulai dari biji berkecambah.
b). Hipotesis:
Berapa panjang kecambah biji kacang hijau pada hari ke-5?.
Dugaan sementara 3,5 cm, karena pada saat biji kacang hijau berkecambah
mengalami pertumbuhan cepat.
c). Variabel
(1). Variabel bebas: hari ke-1 sampai dengan hari ke-5
(2). Variabel terikat: pertambahan panjang kecambah biji
kacang hijau
(3). Variabel kontrol:
ukuran biji kacang hijau sama besar, wadah tempat perkecambahan sama, suasana
gelap sama.
Untuk memperoleh ide merencanakan percobaan kalian dapat mengakses: www.sciencefun.org/kidszone/experiments/
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)
Baca juga:
Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 | |
21 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar