Gambar Menghitung Frekuensi Pernapasan |
A. Tujuan: menghitung frekuensi pernapasan selama satu menit
B. Alat dan Bahan: Pencatat Waktu (stopwatch) pada HP Android
C. Cara Kerja
1. Bernapaslah secara normal atau seperti
biasa dan hitung berapa jumlah napasmu selama 1 menit. Satu kali bernapas dapat
diartikan dengan sekali menghirup udara dan sekali mengembuskan udara. Jumlah
kekerapan (frekuensi) pernapasan adalah jumlah bernapas dalam satuan waktu
tertentu.
2. Hitunglah kekerapan (frekuensi)
pernapasanmu dengan menghirup udara dan menghembuskan udara selama satu menit.
3. Cobalah menghitung frekuensi pernafasan
pada tiga orang temanmu
4. Catatlah hasil menghitung
frekuensi pernafasan pada Tabel berikut.
Tabel Hasil Pengamatan
No |
Nama |
Frekuensi Pernafasan (1 menit) |
1 |
Arif |
12 |
2 |
Beny |
13 |
3 |
Sinta |
11 |
4 |
Yanti |
10 |
|
Rata-rata |
46:4 = 11,5 |
D. Diskusikan dengan
temanmu!
1. Organ apa saja yang berperan dalam sistem
pernapasan?
Jawab: Organ yang berperan dalam sistem pernapasan
diantaranya adalah hidung, faring (tenggorokan), laring (ruang suara), trakea
(batang tenggorokan), bronkus, dan paruparu.
2. Berdasarkan rerata frekuensi pernapasan
selama 1 menit, hitunglah frekuensi pernapasanmu selama 1 hari!
Jawab: Rata-rata frekuensi pernapasan selama 1 hari = 11,5
x 60 menit x 24 jam = 16.560 kali.
3. Apakah rerata frekuensi pernapasanmu dan
temanmu berbeda?
Jawab: Ya, berbeda.
4. Menurutmu mengapa rerata frekuensi
pernapasanmu berbeda dengan temanmu?
Jawab: Kemungkinan dikarenakan aktivitas yang berbeda,
massa tubuh yang berbeda, tinggi badan yang berbeda, umur yang berbeda, jenis
kelamin yang berbeda, aktifitas yang berbeda.
E. Kesimpulan:
a. Satu kali bernapas dapat diartikan dengan sekali
menghirup udara dan sekali mengembuskan udara.
b. Rata-rata frekuensi pernapasan sekitar 17 ribu kali
selama 1 hari (24 jam)
c. Frekuensi pernapasan orang yang satu dengan orang yang lain berbeda-beda karena perbedaan aktivitas, massa tubuh, tinggi badan, umur, jenis kelamin, dan aktifitas.
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam, untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017.
Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4 / Rinie Pratiwi P,--Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga:
Sistem Respirasi Manusia | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar