Coba
pikirkan, mengapa saat berada di dalam bus yang sedang melaju kencang dan
tiba-tiba bus direm badan kita akan terdorong ke depan? Mengapa pada saat
berada di dalam mobil kita perlu mengenakan sabuk pengaman?
Sebelum
mempelajari Hukum I Newton, lakukanlah “Aktivitas
Sifat Kelembaman Suatu Benda” seperti gambar berikut ini!
Gambar Set Percobaan Kelembaman Suatu Benda |
1. Letakkan selembar kertas di atas meja, kemudian letakkan gelas di atas kertas tersebut
2. Tariklah kertas secara horizontal dengan
perlahan. Amati apa yang terjadi pada gelas dan ulangi hingga 3 kali!
Jawab: Gelas akan ikut bergerak
mengikuti gerakan kertas.
3. Tariklah kertas secara horizontal dengan
sekali hentakan yang cepat! Amati peristiwa yang terjadi pada gelas dan ulangi
hingga 3 kali!
Jawab: Gelas tetap
mempertahankan posisi diamnya.
4. Berapa besar resultan gaya pada benda
diam?
Jawab:Resultan gaya pada benda
diam adalah nol. Resultan gaya pada benda diam
adalah nol.
Pada
percobaan sifat kelembaman suatu benda, kamu menemukan fakta bahwa gelas akan
tetap diam saat kertas ditarik dengan cepat secara horizontal. Hasil percobaan
tersebut menunjukkan bahwa benda memiliki kecenderungan untuk tetap
mempertahankan keadaan diam atau geraknya dengan kecepatan tetap yang disebut
sebagai inersia atau kelembaman benda.
Contoh
lain yang menunjukkan inersia benda adalah saat kamu berada di dalam sebuah
mobil yang sedang melaju kencang kemudian tiba-tiba di rem. Badan kamu akan
terdorong ke depan karena badan ingin mempertahankan geraknya ke depan.
Peristiwa tersebut yang pada akhirnya memunculkan ide teknologi sabuk pengaman
yang dipasang di kendaraan bermotor, khususnya mobil. Perhatikan Gambar berikut!
Gambar Sabuk Pengaman Wajib Digunakan saat Berada di dalam Mobil yang Sedang Melaju |
Newton menyatakan sifat inersia benda bahwa benda yang tidak
mengalami resultan gaya (∑F=0) akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan.
Hal ini selanjutnya dikenal dengan Hukum I Newton.
Sumber:
Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
Baca juga:
GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKITAR | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | Gangguan dan Kelainan pada Sistem Gerak dan Upaya Mencegah serta Mengatasinya |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar