Selasa, 06 September 2011

Hoatzin “Fosil Hidup” Burung


1) Deskripsi Hoatzin

Burung Hoatzin dari Peru
Hoatzin (Opisthocomus hoazin) adalah burung yang berasal dari famili Opisthocomidae, dari ordo Cuculiformes. Hoatzin berasal dari Lembah Amazon dan sering ditemukan di pohon. Hoatzin biasa berwarna cokelat/hitam menyerupai Cracidae. Hoatzin muda memiliki cakar di sayapnya, yang dengan organ itu ia bisa memanjat. Cakar itu tak menandakan kedekatan kekeluargaan dengan Archaeopteryx atau bentuk cakar yang lebih tua: kembali ke keadaan lama. Opisthocomus hoazin adalah spesies burung tropis yang ditemukan di rawa-rawa, sungai dan hutan mangrove dari Amazon dan Orinoco delta di Amerika Selatan. Hoatzin adalah satu-satunya anggota genus Opisthocomus, dalam bahasa Yunani Kuno artinya: "mengenakan rambut belakang panjang", merupakan satu-satunya yang masih ada dalam keluarga Opisthocomidae.
Burung Hoatzin berukuran sekitar 65 sentimeter, dengan leher panjang dan kepala kecil. berwarna coklat, memiliki wajah biru dengan mata marun, dan kepala atas runcing berwarna karat. Ekor jelaga-cokelat panjang. Hoatzin adalah herbivora, ia makan daun dan buah, dan memiliki sistem pencernaan mirip dengan sistem pencernaan mamalia ruminansia. Hoatzin adalah spesies berisik, dengan suara panggilan, termasuk keluhan, mendesis dan dengusan. Panggilan burung ini sering dikaitkan dengan gerakan tubuh seperti sayap menyebar. Panggilan digunakan untuk mempertahankan kontak antara individu dalam kelompok, memperingatkan dari ancaman dan penyusup dan oleh anak burung yang meminta makanan.
Burung yang baru menetas memiliki cakar pada ibu jari dan jari telunjuk dan diaktifkan untuk memanjat di cabang-cabang pohon dengan ketangkasan yang besar sampai saat sayap cukup kuat untuk mempertahankan dalam penerbangan.

2) Perilaku Hoatzin

Anak Hoatzin memiliki cakar pada sayap
Hoatzin makan daun, buah dan bunga dari tanaman yang tumbuh di habitat rawa dan sungai tempat tinggalnya. Burung berjalan kikuk antara cabang-cabang, dan cukup jinak, meskipun mereka menjadi stres dengan kunjungan yang sering. Hoatzin menggunakan benjolan kasar di bagian bawah tanaman untuk membantu keseimbangan diri pada cabang-cabang. Pernah  diduga, spesies hanya bisa makan daun arums dan mangrove, namun spesies ini sekarang dikenal untuk mengkonsumsi daun lebih dari lima puluh spesies. Satu studi yang dilakukan di Venezuela menemukan bahwa makanan Hoatzins adalah daun 82%, bunga 10% dan buah 8%.
Salah satu dari banyak keanehan spesies ini adalah bahwa ia memiliki sistem pencernaan yang unik di antara burung. Hoatzins menggunakan bakteri fermentasi di bagian depan usus untuk memecah bahan nabati yang mereka konsumsi, seperti sapi dan lainnya ruminansia. Tidak seperti ruminansia, yang memiliki rumen, perut khusus untuk fermentasi bakteri,  pada hoatzin fermentasi tanaman pada pembesaran kerongkongan. Konsumsi makan tanaman dari hoatzin begitu besar untuk menggantikan energi saat terbang. Karena senyawa aromatik dalam daun mereka konsumsi dan fermentasi bakteri, burung memiliki bau kotoran tidak sedap.
Hoatzins berkembang biak selama musim hujan, waktu yang tepat bervariasi. Hoatzins suka berteman dan bersarang di koloni kecil, meletakkan 2-3 telur di sarang,  menggantung pada pohon di atas air di musim hutan banjir. Anak burung diberi makan pada makanan fermentasi muntahan, Anak burung memiliki fitur lain yang aneh, memiliki dua cakar pada setiap sayap. Segera setelah menetas, mereka mampu menggunakan cakar, serta kaki besar mereka, untuk memanjat di sekitar cabang-cabang pohon tanpa jatuh ke dalam air. Ketika predator seperti Elang Hitam Besar menyerang sarang koloni hoatzin, burung dewasa terbang ribut berteriak-teriak, mencoba mengalihkan perhatian predator, sementara anak burung menjauh dari sarang dan bersembunyi di antara semak-semak. Jika ditemukan, mereka memiliki trik lain yang menakjubkan, mereka menjatuhkan diri ke air dan berenang di bawah permukaan air untuk melarikan diri, kemudian menggunakan sayapnya bercakar untuk naik kembali dengan  selamat sampai ke sarang.

3) Klasifikasi Ilmiah:
Koloni Burung Hoatzin
Kerajaan: Animalia, Filum: Chordata, Kelas: Aves, Ordo: Cuculiformes, Famili: Opisthocomidae, Genus: Opisthocomus, Spesies: Ophisthocomus hoazin

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Hoatzin  dan  http://en.wikipedia.org/wiki/Hoatzin

Artikel Organisme Fosil Hidup
No
ORGANISME FOSIL HIDUP
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto
06
Semiyanto
07
Semiyanto
08
Semiyanto
09
Semiyanto

Tidak ada komentar: