Kamis, 01 September 2011

Pohon Fosil Hidup Ginkgo biloba


1) Tempat Hidup Gingko biloba

Pohon Gingko biloba
Pohon Gingko biloba

Gingko biloba merupakan spesies tunggal dari salah satu divisio anggota tumbuhan berbiji terbuka yang pernah tersebar luas di dunia. Pada masa kini tumbuhan ini diketahui hanya tumbuh liar di Asia Timur Laut, namun telah tersebar luas di berbagai tempat beriklim sedang lainnya sebagai pohon penghias taman atau pekarangan. Bentuk tumbuhan modern ini tidak banyak berubah dari fosil-fosilnya yang ditemukan.

2) Ciri-ciri Gingko biloba

Pohon tahunan, tipe peluruh, dan dapat berumur ratusan tahun. Daun berbentuk kipas, tumbuh dari ujung batang/cabang. Urat-urat daun memanjang dari pangkal. Ia tidak berbunga dan berbuah karena merupakan tumbuhan berbiji terbuka. Biji terlindungi oleh selapis jaringan lunak yang dikenal sebagai salut biji.


3) Petunjuk Gingko biloba termasuk  “Fosil Hidup”

Daun, bunga dan buah Gingko biloba
Daun, bunga, dan buah Gingko biloba

Petunjuk adanya Ginkgo diperoleh dari fosil-fosil berumur dari kala Perm awal, 280 juta tahun yang lalu. Pada masa keemasannya, anggota Ginkgoaceae diperkirakan mencakup 16 marga atau genera dan merupakan bagian penting dari vegetasi dunia. Diperkirakan keragaman ini terakhir menyusut ketika terjadi periode glasial di awal Pleistosen. Akibatnya, pada masa kini hanya tinggal satu jenis yang menjadi representasinya, yaitu pohon yang dikenal sebagai ginkgo. Berdasarkan kajian cpDNA, populasi yang berhasil bertahan adalah yang tumbuh di wilayah barat daya Cina sekarang. Dari sini, para rahib Buddhisme menyebarkannya ke berbagai tempat di Asia Timur Laut. Tumbuhan ini dimasukkan ke dalam Daftar Merah IUCN sejak 1997 karena populasi-populasi alami di pedalaman Cina terancam oleh desakan populasi manusia.

4) Pemanfaatan

Obat Suplemen Gingko
Obat Suplemen Gingko

Biji ginkgo dapat dimakan dan diolah menjadi obat. Sejumlah produk makanan suplemen mengandung ekstrak biji ginkgo, karena dianggap berkhasiat mempertahankan daya ingat.

5) Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae, Divisi: Ginkgophyta, Kelas: Ginkgoopsida, Ordo: Ginkgoales, Famili: Ginkgoaceae, Genus: Ginkgoaceae, Spesies: Ginkgo biloba L.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Ginkgo
gambar dari Google Images

Tidak ada komentar: