Jumat, 20 Mei 2011

Galaksi

1. Galaksi 
                                                                    
Galaksi Sombrero
Galaksi Sombrero

Galaksi adalah sistem organisasi dari ribuan hingga ratusan ribu tahun cahaya terdiri dari jutaan hingga triliunan bintang, saling tercampur dengan gas dan debu, semua terikat dalam gravitasi bersama. Ada sekitar 300 miliar galaksi di alam semesta. Ada tiga jenis galaksi berdasarkan bentuknya, spiral, elips, dan tak beraturan.  Sebagian besar galaksi elips memiliki kluster globular yang terang dan banyak.


2. lubang hitam di pusat galaksi

lubang hitam (black hole)
lubang hitam (black hole)

Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya. Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam". Istilah "lubang hitam (black hole)" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam (black hole) dapat memiliki ukuran apapun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.


3. Kluster bintang

Kluster bintang (Globular)
Kluster bintang (Globular)

Sebuah gugus bola adalah bola kumpulan bintang-bintang yang mengorbit inti galaksi sebagai satelit. Gugus bola sangat erat terikat oleh gravitasi, yang memberikan mereka bentuk bola dan bintang kerapatan yang tinggi relatif terhadap pusat-pusat mereka.

Kluster bintang atau globular adalah kumpulan bintang yang membentuk tata bintang tunggal, terdiri dari puluhan hingga jutaan bintang. Matahari kita tidak berada dalam kluster bintang.  Dalam radius sepuluh tahun cahaya, matahari hanya punya sedikit tetangga. Hal ini karena matahari berada di dekat lengan spiral luar galaksi bima sakti. Bila matahari kita ada dalam kluster bintang galaksi kita, ribuan bintang dapat berada dalam radius tersebut.

Globular pada pusat galaksi
Globular pada pusat galaksi

Globula diduga merupakan tempat kelahiran bintang. Jenisnya dicirikan oleh bentuknya. Globula kometer dicirikan oleh kepala debu dan ekor. Fitur ini menyebabkan globula kometer memiliki bentuk visual mirip komet, namun kenyataannya sangat jauh berbeda. Di kepala globula terdapat bintang-bintang sangat muda. Globula kometer yang terkenal adalah CG4.


4. Nebula

Nebula
Nebula

Nebula sama dengan globula. Hanya saja bentuk nebula lebih tidak beraturan dan tidak sepekat globula. Nebula emisi biasanya berisi hidrogen energi tinggi. Beberapa kluster bintang dapat berada di dalam nebula. Contoh nebula emisi adalah nebula hati dan jiwa (IC 1805) berjarak 6 ribu tahun cahaya dan lebarnya 300 tahun cahaya di arah rasi Cassiopeia. Nebula seperti ini merupakan daerah pembentukan bintang. Bintang yang lebih tua memicu pembentukan bintang yang lebih muda. Pembentukan bintang terpicu oleh aliran gas dingin penekan pada simpul yang cukup padat hingga dapat secara gravitasi menjadi bintang. Pada nebula semacam ini biasanya terdapat pilar-pilar spektakuler yang perlahan terbangun oleh gas panas yang mengalir keluar.

Nebula planeter adalah nebula yang tampak seperti planet bila dilihat secara visual. Terbentuk dari gas yang disemburkan oleh bintang mirip matahari yang sekarat. Nebula planeter yang terkenal adala nebula heliks (NGC 7293). Jaraknya 700 tahun cahaya dari bumi, di rasi Aquarius. Nebula planeter lain yang terkenal adalah nebula cincin (M57) berjarak 2000 tahun cahaya di rasi Lira. Cincin tengahnya selebar satu tahun cahaya. Lapisan-lapisan gasnya merupakan lapisan luar bintang yang terlontar dari bintang yang sekarat dan bertipe mirip matahari.

Supernova
Supernova

5. supernova

Supernova adalah ledakan bintang pada saat bintang itu kehabisan bahan bakar nuklirnya. Hanya bintang dengan jangkauan massa tertentu yang mengalami supernova. Pada tahun 1006 M, cahaya mencapai bumi dari supernova di rasi Lupus, menciptakan “bintang dadakan” di langit yang tampak lebih terang dari Venus dan berlangsung selama dua tahun. Supernova itu, dinamakan SN 1006, terjadi pada tempat 7 ribu tahun cahaya dari bumi, dan menciptakan bekas yang terus mengembang dan memudar sampai sekarang. SN 1006 memiliki diameter 60 tahun cahaya. Dalam tahun-tahun terakhir, supernova yang lebih kuat lagi terjadi jauh di kedalaman alam semesta yang tampak tanpa alat bantu, namun hanya dalam beberapa detik.
 

6. Tata bintang

Tata bintang ganda
Tata bintang ganda

Tata bintang adalah sistem organisasi sekitar satu tahun cahaya terdiri dari satu bintang dan jutaan hingga triliunan benda langit kecil, dari planet, komet, asteroid, meteoroid, satelit, debu, dan gas, semua terikat dengan gravitasi bersama. Tata bintang kita disebut tata surya terdiri dari satu bintang yaitu matahari, dan 8 planet, serta tak terhitung benda lainnya. Ada tata bintang yang terdiri dari bintang ganda, rangkap tiga, rangkap banyak bahkan ratusan hingga jutaan bintang. Bila telah membentuk sistem lebih dari sepuluh, tata bintang itu disebut kluster bintang. 85% bintang di galaksi bima sakti adalah tata bintang ganda. Pada gambar menunjukkan tata bintang ganda.
 

7. Bintang

Bintang  memancarkan cahaya
Bintang  memancarkan cahaya

Bintang adalah benda langit tunggal yang memancarkan cahaya sendiri. Tidak semua bintang memiliki planet. Matahari adalah salah satu bintang kuning biasa di alam semesta. Usianya 5 miliar tahun. Korona matahari berukuran 20 kali diameter matahari sendiri dan dapat disaksikan pada saat gerhana matahari total. Matahari dan bintang pada umumnya memiliki bintik yang merupakan daerah lebih dingin dari sekitarnya. Mereka juga memiliki flare, sebuah juluran materi bintang yang mirip rambut api. Matahari dengan benda langit yang mengelilinginya disebut tata surya, terdiri dari satu bintang yaitu matahari, dan 8 planet, serta tak terhitung benda lainnya. 

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Galaxi
http://id.wikipedia.org/wiki/Bintang
http://en.wikipedia.org/wiki/Globular_cluster
http://en.wikipedia.org/wiki/Nebula
http://en.wikipedia.org/wiki/Supernova

Tidak ada komentar: