Jumat, 20 Mei 2011

Pengelompokan Galaksi dalam Alam Semesta


1. Alam Semesta
Peta  Alam Semesta 93 miliar tahun cahaya
Kata Alam semesta digunakan untuk menjelaskan seluruh ruang waktu kontinu di mana kita berada, dengan energi dan materi yang dimilikinya. Alam semesta yang belum teramati sangat luas sekali dan belum dapat diamati dari ujung tepi sampai  ke ujung tepi pada arah berlawanan. Sedangkan untuk   alam semesta teramati diperkirakan memiliki diameter sekitar 28 milyar parsec (93 miliar tahun cahaya ), menempatkan tepi alam semesta teramati sekitar 46 - 47 miliar tahun cahaya. usia alam semesta diperkirakan 13,7 miliar tahun.
Menurut kosmologi Big Bang , alam semesta teramati terdiri dari galaksi dan materi lainnya yang dapat kita amati pada prinsipnya dari bumi pada hari ini, karena cahaya (atau sinyal lain) dari objek tersebut memiliki waktu untuk menghubungi kami sejak awal kosmologi ekspansi. Dengan asumsi alam semesta adalah isotropik, jarak ke tepi alam semesta teramati adalah kira-kira sama di setiap arah, alam semesta teramati adalah volume bola berpusat pada pengamat, terlepas dari bentuk alam semesta sebagai keseluruhan. Setiap lokasi di alam semesta memiliki alam semesta teramati sendiri yang mungkin atau tidak tumpang tindih dengan yang berpusat di Bumi.
Perhatikan visualisasi “alam semesta teramati tiga dimensi” dari 93 miliar tahun cahaya, atau 28 milyar parsec. Skala ini sedemikian rupa sehingga butiran halus cahaya merupakan koleksi dari sejumlah besar superkluster dan   Supercluster Virgo - rumah Milky Way - ditandai di pusat, tetapi terlalu kecil untuk dilihat pada gambar.
Struktur Organisasi muncul untuk mengikuti model hirarki dengan organisasi dimulai dari Puncak Terbesar sampai Galaksi urutannya adalah:  Alam Semesta Belum Teramati  =>  Alam semesta teramati => Filamen galaksi => Superkluster Galaksi => Group Galaksi => Galaksi.

2. Filament Galaksi

Peta Alam Semesta 500 juta Tahun Cahaya
Filamen Galaksi atau Dinding Galaksi adalah kumpulan dari puluhan hingga ratusan Superkluster galaksi. Gravitasi bersama mereka mengikatnya menjadi Filamen Galaksi dengan panjang 300 hingga 900 juta tahun cahaya, lebar 150 hingga 300 juta tahun cahaya dan tebal 15 hingga 30 juta tahun cahaya. Di antara Superkluster Galaksi yang satu dengan Superkluster Galaksi  lainnya terdapat ruang kosong raksasa dengan sedikit galaksi.

3. Superkluster Galaksi

Atlas Alam Semesta radius 100 juta tahun cahaya
Superkluster Galaksi adalah kumpulan dari puluhan hingga ratusan kluster galaksi. Gravitasi bersama mereka mengikatnya menjadi Superkluster Galaksi dengan panjang 300 juta tahun cahaya, lebar 150 juta tahun cahaya dan tebal 15 juta tahun cahaya. Di antara Superkluster Galaksi yang satu dengan Superkluster Galaksi  lainnya terdapat ruang kosong raksasa dengan sedikit galaksi.

Pada gambar Superkluster Galaksi tampak antara lain Lokal Group tepat ditengah, Virgo Cluster sebelah kanan, dan Fornax Cluster,  Eridarus Cluster sebelah kiri bawah.

4. Group galaksi

Peta  Group Lokal Galaksi
Kluster galaksi  adalah kumpulan dari puluhan hingga ribuan galaksi, semua terikat dalam gravitasi bersama. Kluster galaksi membentang dalam ukuran jutaan tahun cahaya. Kluster galaksi kita dinamakan Grup Lokal Galaksi. Terdiri dari 25 galaksi. Membentang 3 juta tahun cahaya. Anggota galaksi group lokal antara lain berisi 3 galaksi besar yaitu andromeda, bima sakti dan triangulum. Galaksi  grup lokal yang berukuran kecil antara lain NGC 185,  Leo A, Sextan A, seperti tampak pada Peta Group Lokal Galaksi

 5. Galaksi

Galaksi Bima Sakti dengan galaksi-galaksi kecil tetangganya
Galaksi adalah sistem organisasi dari ribuan hingga ratusan ribu tahun cahaya terdiri dari jutaan hingga triliunan bintang, saling tercampur dengan gas dan debu, semua terikat dalam gravitasi bersama. Ada empat jenis galaksi berdasarkan bentuknya, spiral, elips, sferoid dan tak beraturan.

Galaksi kita adalah Bima Sakti. Sebuah galaksi berbentuk spiral berisi sekitar 200 miliar bintang, salah satu Bintang adalah matahari kita. Bima sakti kita tidak sendiri. Ia adalah bagian dari 25 galaksi dalam kluster galaksi grup lokal. Pada Peta Alam semesta 500.000 tahun cahaya, tampak Galaksi Bima Sakti dengan galaksi-galaksi kecil tetangganya.

Sumber

Tidak ada komentar: