Saat ini 1 dari 5 orang di seluruh dunia masih kekurangan akses untuk menggunakan energi listrik. Selain itu 3 miliar orang di antara kita masih bergantung pada sumber energi yang menjadi penyebab utama perubahan iklim dan penyumbang sekitar 60% emisi gas rumah kaca secara global untuk memasak dan menerangi ruangan. Sumber daya alam itu di antaranya adalah fosil, kayu, batu bara, arang, bahkan kotoran hewan.
Sebagai
pelajar yang peduli dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable
Development Goals), kamu berinisiatif untuk menghasilkan listrik yang
terjangkau tanpa merusak lingkungan secara permanen. Kamu bekerja sama dengan
para ilmuwan dan insinyur di kotamu. Bekerja sama untuk merancang dan membangun
bendungan yang menghasilkan listrik dari aliran air.
Model Kincir Air |
Kamu mendapat tugas untuk merancang, membuat, dan menghitung daya kincir air serta bekerja mengukur gaya, jarak, dan waktu dari kincir air tersebut. Tugas ini sangat penting untuk mengetahui potensi pembangkit listrik tenaga air dan memperkirakan lebih lanjut wilayah pedesaan atau perkotaan mana saja yang dapat disuplai listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga air tersebut.
Setelah
selesai, presentasikan hasilnya di depan guru dan temanmu. Apa yang terjadi
pada kincir air ketika kamu mengalirkan air di atasnya? Tim manakah yang
berhasil membuat kincir air dengan daya paling besar? Apa yang dapat kamu
lakukan untuk meningkatkan daya kincir air yang telah kamu buat?
Contoh tata cara membuat kincir air sederhana namun dapat
menghasilkan listrik dapat dipelajarai dari “Video Pembuatan Kincir Air
Penghasil Listrik” di bawah ini.
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Okky Fajar
Tri Maryana, Dkk. ISBN: 978-602-244-383-4
Video kincir air dari https://www.youtube.com/watch?v=hC8NEiwrLTg
Baca juga:
Bab 3 Usaha, Energi, Pesawat Sederhana | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar