Jawablah Pertanyaan di bawah ini!
1. Perhatikan gambar!
Jika balok bergeser sejauh 5 meter, usaha yang dilakukan oleh gaya sebesar ... .
Diketahui:
F
= (300 + 200) – 400 = 100 N
S
= 5 m
Ditanya:
W = ... ?
Jawab:
W = F x S
W = 100 N x 5 m
W = 500 J
2. Perhatikan gambar berikut!
Besarnya usaha yang dihasilkan gaya F sehingga berpindah dari posisi (1) ke (2) adalah . . . .
Jawab:
W = F x S
W = (F2 – F1) x 5 m
W = (85 N – 25 N) x 5 m
W = 60 N x 5 m
W = 300 Nm = 300 J
3. Perhatikan gambar!
Ali yang tubuhnya bermassa 60 kg ingin menaiki tangga
dari lantai A ke lantai B seperti tampak pada gambar. Jika percepatan gravitasi
bumi di tempat tersebut 10 m/s2, maka usaha yang dilakukan oleh Ali
sebesar … .
Pembahasan
S
= 75 cm = 0,75 m
F
= m x g
F = 60 kg x 10 m/s2 = 600 N
W
= F x S
W
= 600 N x 0,75 m
W = 450 joule
4. Buah kelapa A massanya
0,5 kg, berada pada ketinggian 10 m. Apabila g = 10 m/s2,
maka energi potensial yang dimiliki buah kelapa tersebut adalah ... .
Jawab:
Ep
= m x g x h
Ep
= 0,5 kg x 10 m/s2 x 10 m
Ep
= 50 J
5. Sebuah Pot Bunga yang
massanya 8 kg berada di lantai 2 pada ketinggian 3 m. Apabila percepatan
gravitasi di tempat tersebut 10 m/s2, hitunglah besarnya usaha untuk
memindahkan benda tersebut.
Diketahui:
m = 8 kg
h = 3 m
g = 10 m/s2
Ditanyakan W
= ... ?
Jawab:
W = m x g x h
W = (8 kg)(10 m/s2)(3 m)
W = 240 J
Jadi, usaha untuk memindahkan benda sebesar 240
joule.
6. Sebuah mainan mobil yang
massanya 100 g mula-mula diam, kemudian didorong dengan kecepatan 5 m/s.
Berapakah energi kinetik yang dimiliki mainan mobil yang sedang bergerak?
Diketahui:
m = 100 g = 0,1 kg
v = 10 m/s
Ditanyakan:
Ek = ... ?
Jawab:
Ek = ½ x m x v2
Ek = ½ x 0,1 kg x (10 m/s)2
Ek = 0,5 joule
Jadi, energi kinetik yang dimiliki kelereng sebesar
0,5 joule.
7. Seorang anak bermain bola
yang massanya 40 kg berlari dengan kecepatan 5 m/s. Berapakah energi kinetik
yang dimiliki oleh anak tersebut?
Diketahui:
m = 40 kg
v = 5 m/s
Ditanyakan: Ek = . . . ?
Jawab:
Ek = ½ m v2
Ek = ½ x 40 kg x (5 m/s)2
Ek = 500 J
Jadi, energi kinetik yang dimiliki anak tersebut
adalah 500 J.
8. Seorang ibu mendorong anak
bermain ayuan, yang beratnya 450 N, sejauh 1,0 m dalam waktu 3,0 sekon.
Berapakah daya yang diperlukan?
Diketahui:
gaya (F) = 450 N
jarak (d) = 1,0 m
waktu (t) = 3,0 s
Ditanyakan: P = . . .?
Jawab:
Jadi, daya yang yang diperlukan untuk mendorong anak tersebut sebesar 150 watt.
9. Tentukan jenis pesawat sederhana pada gambar A, B, C dan
D !
Jawab:
A = bidang miring
B = pengungkit
C = roda
dan poros
D = bidang miring
10. Perhatikan gambar
Sebuah pengungkit dengan panjang 3 m digunakan untuk mengangkat batu yang beratnya 2.000 N. Jika panjang lengan kuasa 2,5 m, hitunglah:
a. gaya kuasa yang harus diberikan untuk mengangkat batu;
b. keuntungan mekanis tuas.
Diketahui:
l
= lk + lb = 3 m
lk
= 2,5 m
lb
= (3 m – 2,5 m) = 0,5 m
Fb
= 2.000 N
Ditanya:
a.
gaya kuasa (Fk)
b.
keuntungan mekanis (KM)
Jawab:
11. Perhatikan gambar
Sebuah peti harus dinaikkan ke atas truk. Agar lebih ringan, digunakan bidang miring yang licin dan panjangnya 4 m. Jika tinggi truk 1 m dan berat peti 600 N, hitunglah:
a.
gaya yang diperlukan untuk mengangkat peti tersebut,
b.
keuntungan mekanis bidangmiring tersebut.
Diketahui:
l = 4 m
h = 1 m
Fb = 600 N
Ditanyakan:
a. gaya untuk memindahkan peti (Fk)
b. keuntungan mekanis
bidang miring (KM)
Jawab:
Jadi, gaya untuk mengangkat peti adalah 150 N dan keuntungan mekanisnya 4.
12.
Pak Rudi menimba air di sumur dengan menggunakan katrol tetap. Jika berat ember dan air 80 N,
berapakah gaya tarik yang dikerjakan Pak Rudi?
Diketahui:
W = 80 N
Ditanyakan: F = . . .
?
Jawab: Karena
keuntungan mekanik katrol tetap adalah 1 maka
KM = W/F
1 = 80/F
F = 80
Jadi, Pak Rudi
mengerjakan gaya tarik sebesar 80 N.
13. Sebuah
benda seberat 100 N digantungkan pada katrol ganda dengan jumlah katrol yang
bergerak 2 buah. Berapakah keuntungan mekanisnya?
Diketahui: w = 100 N
n = 2
Ditanyakan: Km= . . .?
Jawab:
Km = 2n
Km = 2 × 2
Km = 4
Jadi, keuntungan
mekanis yang dihasilkan oleh katrol ganda tersebut adalah 4.
Referensi:
Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII /
SMP/MTs Saeful Karim
– Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII/oleh H. Moch. Agus
Krisno [et.al].; editor Intan Mahanani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga:
Bab 3 Usaha, Energi, Pesawat Sederhana | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar