Kalian telah menyelesaikan pembelajaran tentang organisasi kehidupan dan klasifikasi makhluk hidup. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan tentang klasifikasi makhluk hidup, kalian akan melakukan sebuah proyek sederhana terkait klasifikasi makhluk hidup. Ikuti langkahlangkah berikut ini.
1.
Buatlah kunci klasifikasi (kunci determinasi) untuk tumbuhan yang ada di
sekitar sekolah kalian secara berkelompok.
2.
Tukarkan kunci klasifikasi yang sudah dibuat dengan kunci klasifikasi yang
dibuat kelompok lainnya.
3.
Berikan masukan terhadap kunci klasifiaksi yang dibuat oleh kelompok lainnya.
4.
Gunakan kunci klasifikasi yang dibuat kelompok lain untuk mengidentifikasi
tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah. Apakah kunci klasifikasi tersebut
dapat digunakan untuk mengidentifikasi tumbuhan di sekitar sekolah?
5.
Kumpulkan kunci klasifikasi yang sudah diperbaiki kepada guru beserta laporan
sederhana hasil identifikasi tumbuhan di lingkungan sekolah.
Jawab:
Contoh cara membuat
kunci determinasi
Buatlah bentuk diagram untuk diubah menjadi kunci dikotom
Data pada diagram kunci dikotom di atas, jika ditulis akan
menjadi kunci determinasi sebagai berikut:
F. Bagaimanana cara
menggunakan kunci determinasi?
Lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Bacalah dengan teliti kunci dikotom mulai dari awal pada
kegiatan di atas.
2. Cocokkan ciri-ciri tumbuhan yang kamu amati dengan
ciri-ciri yang terdapat pada kunci dikotom.
3. Jika ciri-ciri yang terdapat pada kunci dikotom sudah
sesuai dengan ciri-ciri tumbuhan yang kamu amati, catatlah nomornya dan
lanjutkan pembacaan kunci pada nomor berikutnya yang ditunjukkan di akhir
pernyataan.
4. Buat daftar kunci determinasi berdasarkan kunci dikotom
dan bandingkan dengan kelompok yang lain.
Tabel Pengamatan Kunci
Determinasi
No |
Nama Tumbuhan |
Urutan Nomor Kunci
Determinasi |
1 |
Suplir |
1.a => 2.a |
2 |
Lumut |
1.a => 2.b |
3 |
Melinjo |
1.b => 2.a => 3.b |
4 |
Jagung |
1.b => 2.a => 3.a => 4.b |
5 |
Kedelai |
1.b => 2.a => 3.a => 5.a |
6 |
Terung |
1.b => 2.a =>3.a => 4.a => 5.b |
Referensi:
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani
Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1).
Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Baca juga:
Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 |
makasih
BalasHapus