Kamis, 25 Agustus 2022

Proyek Membuat Kunci Determinasi


Kalian telah menyelesaikan pembelajaran tentang organisasi kehidupan dan klasifikasi makhluk hidup. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan tentang klasifikasi makhluk hidup, kalian akan melakukan sebuah proyek sederhana terkait klasifikasi makhluk hidup. Ikuti langkahlangkah berikut ini.

1. Buatlah kunci klasifikasi (kunci determinasi) untuk tumbuhan yang ada di sekitar sekolah kalian secara berkelompok.

2. Tukarkan kunci klasifikasi yang sudah dibuat dengan kunci klasifikasi yang dibuat kelompok lainnya.

3. Berikan masukan terhadap kunci klasifiaksi yang dibuat oleh kelompok lainnya.

4. Gunakan kunci klasifikasi yang dibuat kelompok lain untuk mengidentifikasi tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah. Apakah kunci klasifikasi tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi tumbuhan di sekitar sekolah?

5. Kumpulkan kunci klasifikasi yang sudah diperbaiki kepada guru beserta laporan sederhana hasil identifikasi tumbuhan di lingkungan sekolah.


Jawab:

Contoh cara membuat kunci determinasi

Buatlah bentuk diagram untuk diubah menjadi kunci dikotom

Contoh kunci determinasi


Data pada diagram kunci dikotom di atas, jika ditulis akan menjadi kunci determinasi sebagai berikut:

kunci determinasi

 

F. Bagaimanana cara menggunakan kunci determinasi?

Lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Bacalah dengan teliti kunci dikotom mulai dari awal pada kegiatan di atas.

2. Cocokkan ciri-ciri tumbuhan yang kamu amati dengan ciri-ciri yang terdapat pada kunci dikotom.

3. Jika ciri-ciri yang terdapat pada kunci dikotom sudah sesuai dengan ciri-ciri tumbuhan yang kamu amati, catatlah nomornya dan lanjutkan pembacaan kunci pada nomor berikutnya yang ditunjukkan di akhir pernyataan.

4. Buat daftar kunci determinasi berdasarkan kunci dikotom dan bandingkan dengan kelompok yang lain.

 

Tabel Pengamatan Kunci Determinasi

No

Nama Tumbuhan

Urutan Nomor Kunci Determinasi

1

Suplir

1.a => 2.a

2

Lumut

1.a => 2.b

3

Melinjo

1.b => 2.a => 3.b

4

Jagung

1.b => 2.a => 3.a => 4.b

5

Kedelai

1.b => 2.a => 3.a => 5.a

6

Terung

1.b => 2.a =>3.a => 4.a => 5.b

 

Referensi:

Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1).

Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. 

Baca juga:

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

01

 Makhluk Hidup atau Benda Mati?

02

 Aktivitas Percobaan Pertumbuhan Perkecambahan

03

 Uji Makhluk Hidup atau Benda Mati?

04

 Mengapa Makhluk Hidup Dikelompokkan?

05

 Ayo Buat Klasifikasi Berbagai Jenis Hewan

06

 Ayo Identifikasi Hewan

07

 Uji Mengapa Makhluk Hidup Dikelompokkan?

08

 Makhluk Hidup Beraneka Ragam

09

 Aktivitas Makhluk Hidup Beraneka Ragam

10

 Uji Makhluk Hidup Beraneka Ragam

11

 Proyek Membuat Kunci Determinasi