Selasa, 23 Agustus 2022

Aktivitas Makhluk Hidup Beraneka Ragam

 

A. Cari Fakta Sains, siapakah Carolus Linnaeus yang mendapat gelar Bapak Taksonomi?

Jawab:

Gambar Carolus Linnaeus


B. Ayo Amati Air Kolam

Amati kolam yang ada di sekitar sekolah atau rumah kalian yang berwarna hijau.

1. Mengapa air kolam tersebut berwarna hijau?

Jawab: Air Kolam berwarna hijau disebabkan oleh adanya organisme jenis ganggang mikroskopis yang berwarna hijau.

Chlorela vulgaris
Chlorela vulgaris

2. Amati juga bagian tepi kolam (dinding kolam) atau dasar kolam. Bagi sekolah yang memiliki mikroskop, amati air kolam tersebut. Adakah organisme yang mirip tumbuhan terlarut di dalam air kolam tersebut?

Jawab: Ada. Bila dilihat dengan mata biasa gambar seperti dibawah ini.

Gambar Ulothix
Gambar Ulothix
 

3. Adakah organisme berwarna hijau yang menyerupai benang halus di tepi/dasar kolam? Bagaimana bentuk organisme yang menyerupai benang tersebut di bawah pengamatan mikroskop?

Jawab: Ada. Gambarnya seperti di bawah ini.

Spirogyra sp
Spirogyra sp

4. Adakah organisme lain yang bergerak di dalam setetes air kolam saat diamati dengan menggunakan mikroskop?

Jawab: Ada. Gambarnya seperti di bawah ini.

Paramaecium
Paramaecium

C. Ayo Identifikasi Tumbuhan

Ambil 14 spesimen tumbuhan yang ada di sekitar rumah atau sekolah. Amati karakteristiknya sesuai kriteria berikut.

Berbagai Jenis Tunbuhan
Berbagai Jenis Tunbuhan

1. Berilah label setiap spesimen tumbuhan, misalnya tumbuhan A, B, C, D dan seterusnya.

Jawab:

Nama Tumbuhan pada gambar spesimen: (A) Pohon Pinus, (B) Pohon Melinjo, (C) Tanaman Pakis, (D) Tumbuhan Lumut, (E) Pohon Mangga, (F) Pohon Jambu, (G) Pohon Jeruk, (H) Tanaman Terung, (I) Tumbuhan Paku Tiang, (J) Tanaman Tebu, (K) Tanaman Pandan, (L) Tumbuhan Kelengkeng, (M) Tanaman Padi, (N) Tanaman Suplir. 

2. Apakah berspora atau berbiji?

Jawab:

a. Tumbuhan Berspora: D, I, N

b. Tumbuhan Berbiji: A, B, C, E, F, G, H, J, K, L, M

 

3. Jika tumbuhannya berspora, apakah terdapat struktur daun muda menggulung atau tidak? Jika tidak terdapat struktur daun muda menggulung maka termasuk lumut. Akan tetapi, jika terdapat struktur daun muda menggulung maka termasuk paku.

Jawab:

Tumbuhan berspora D, I, N

a. Struktur daun muda tidak menggulung, termasuk lumut, yaitu D.

b. Struktur daun muda menggulung, termasuk paku, yaitu I dan N


4. Jika tumbuhannya berbiji, apakah dapat berbunga atau tidak dapat berbunga sepanjang hidupnya? Jika dapat berbunga termasuk Angiospermae, namun jika tidak dapat berbunga serta terdapat strobilus termasuk Gymnospermae.

Jawab:

Tumbuhan Berbiji: A, B, C, E, F, G, H, J, K, L, M

a. Tumbuhannya berbiji, tidak dapat berbunga, terdapat strobilus, termasuk Gymnospermae, yaitu: A, B, C.

b. Tumbuhannya berbiji, dapat berbunga, termasuk Angiospermae, yaitu: E, F, G, H, J, K, L, M.

 

5. Jika tumbuhannya dapat berbunga, apakah memiliki tulang daun menyirip/menjari atau sejajar? Jika memiliki tulang daun menyirip/menjari maka termasuk Dikotil, namun jika memiliki tulang daun sejajar termasuk Monokotil.

Jawab:

Tumbuhan Angiospermae, yaitu: E, F, G, H, J, K, L, M

a. Tumbuhan berbunga, memiliki tulang daun menyirip/menjari, termasuk Dikotil, yaitu: E, F, G, H, L

a. Tumbuhan berbunga, memiliki tulang daun sejajar termasuk Monokotil, yaitu: J, K, M


6. Apa ciri lainnya yang dapat kalian amati dari tumbuhan yang termasuk ke dalam Dikotil atau Monokotil? Jelaskan berdasarkan pengamatan kalian. 

a. Ciri Dikotil lainnya: (1). Memiliki dua keping daun lembaga, (2). berakar tunggang, (3). batang berkambium, (4). berkas pengangkut tersusun dalam satu lingkaran, (5). kelopak bunga kelipatan empat atau lima.

b. Ciri Monokotil lainnya: (1). Memiliki satu keping daun lembaga, (2). berakar serabut,  (3). batang tidak berkambium, (4). berkas pembuluh pengangkut tersebar, (5). kelopak bunga pada umumnya kelipatan tiga. 

 

Referensi:

Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1).

Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

 Baca juga:

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

01

 Makhluk Hidup atau Benda Mati?

02

 Aktivitas Percobaan Pertumbuhan Perkecambahan

03

 Uji Makhluk Hidup atau Benda Mati?

04

 Mengapa Makhluk Hidup Dikelompokkan?

05

 Ayo Buat Klasifikasi Berbagai Jenis Hewan

06

 Ayo Identifikasi Hewan

07

 Uji Mengapa Makhluk Hidup Dikelompokkan?

08

 Makhluk Hidup Beraneka Ragam

09

 Aktivitas Makhluk Hidup Beraneka Ragam

10

 Uji Makhluk Hidup Beraneka Ragam

11

 Proyek Membuat Kunci Determinasi

Tidak ada komentar: