A. Tujuan:
Mengamati Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman
B. Alat dan Bahan: (1) Pot 3 buah, (2) Biji kacang hijau 15 butir, (3) Kapas 3 potong, (4) air secukupnya, (5) Kardus 1 buah, (6) Kamera 1 buah.
C. Prosedur Kerja
1. Menanam
masing-masing tiga biji kacang ke dalam beberapa pot yang berisi kapas. Berikut
ini adalah perlakukan untuk setiap pot.
Pot
A = kapas basah + disimpan di tempat terang
Pot
B = kapas basah + disimpan di tempat redup
Pot
C = kapas basah + disimpan di tempat gelap (dalam kardus)
2. Mengamati
pertumbuhan kacang hijau dengan memotret tanaman kacang hijau
a. Tempat terang
Pertumbuhan kacang hijau di tempat terang |
b. Tempat redup
Pertumbuhan kacang hijau di tempat redup |
b. Tempat gelap
Pertumbuhan kacang hijau di tempat gelap |
3.
Mencatat data pertambahan tinggi tanaman kacang selama 7 hari dalam bentuk
tabel.
Hari |
Tempat
Gelap (cm) |
Tempat
Redup (cm) |
Tempat Terang (cm |
1 |
1,6 |
1,5 |
0,8 |
2 |
4,8 |
4,6 |
1,1 |
3 |
5,5 |
5,0 |
1,2 |
4 |
6,7 |
6,2 |
2,6 |
5 |
9,8 |
7,4 |
2,8 |
6 |
18,4 |
12,6 |
3,2 |
7 |
28,4 |
20,4 |
3,6 |
4.
Mengubah data pertambahan tinggi tanaman kacang selama 7 hari dalam bentuk
tabel menjadi grafik.
Grafik pertambahan tinggi tanaman kacang hijau |
5.
Menjawab pertanyaan
a.
Apa variabel bebas dan terikat dari percobaan ini?
Jawab: Variabel
bebasnya adalah cahaya (terang = cahaya kuat, redup = cahaya lemah, gelap =
tanpa cahaya). Variabel terikatnya adalah pertumbuhan kacang atau tinggi
tanaman kacang.
b.
Apa hipotesis yang dapat dibuat dari percobaan ini?
Jawab: Hipotesis percobaannya adalah lingkungan
abiotik (cahaya) diduga berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang.
c.
Faktor abiotik apa saja yang berpengaruh terhadap pertumbuhan berdasarkan hasil
percobaan?
Jawab: faktor abiotik
yang berpengaruh adalah cahaya
d.
Apa kesimpulan percobaan ini?
Lingkungan abiotik (misalnya cahaya) berpengaruh
terhadap pertumbuhan tanaman kacang.
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani
Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)
Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017.
https://rizki2812.wordpress.com/percobaan-pertumbuhan-perkecambahan
Baca juga:
Ekologi dan Keaneka ragaman Hayati Indonesia | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar