Pergilah kalian ke kebun sekolah, kolam sekolah atau taman sekolah. Catat nama ekosistem yang kalian amati.
A. Foto Pengamatan Kebun
Sekolah
Gambar Siswa mengamati lingkungan di sekitar sekolah |
Amati secara teliti apakah
terdapat faktor biotik dan abiotik? Tulislah jumlah organisme yang kalian
temukan.
B. Tabel Hasil pengamatan
No |
Makhluk Hidup (Biotik) |
Jumlah |
Makhluk tak hidup (Abiotik) |
Keterangan |
1 |
Padi |
banyak |
Tanah |
Hitam kecoklatan |
2 |
Kacang Panjang |
23 |
Air |
Jernis kehijauan |
3 |
Ulat |
4 |
Udara |
Bersih dan segar |
4 |
Belalang |
7 |
Sinar Matahari |
Terasa hangat |
5 |
Semut |
banyak |
Kerikil |
Agak bulat, keras |
C. Jawablah pertanyaan berikut:
1. Apa nama ekosistem yang
diamati?
Jawab: Kebun Sekolah
2. Apa saja contoh faktor
biotik yang ditemukan?
Jawab: Komponen biotik yang ditemukan ialah Padi,
Kacang Panjang, Ulat, Belalang, dan Semut.
3. Apa saja contoh faktor
abiotik yang ditemukan?
Jawab: Komponen abiotik yang ditemukan ialah tanah, air, udara, sinar matahari, dan kerikil.
4. Berilah contoh individu,
populasi dan komunitas yang ditemukan.
Jawab:
a. contoh individu: 1 ekor belalang
b. contoh populasi: 7 ekor belalang
c. contoh komunitas: Padi, Kacang Panjang, Ulat,
Belalang, dan Semut.
5. Presentasikan temuan
kalian dalam bentuk media kreatif.
Jawab:
Presentase Pengamatan Kebun Sekolah |
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani
Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)
Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Baca juga:
Ekologi dan Keaneka ragaman Hayati Indonesia | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar