Tumbuhan (a) bayam, (b) kacang, (c) padi, (d) kentang, (e) kedelai, (f ) melati, (g) kacang panjang, (h) kamboja, (i) sawi, ( j) cemara , (k) ketela pohon, (l) kol |
A. Pengantar
Masih
ingatkah kamu apa itu organ? Organ merupakan kumpulan dari beberapa macam
jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi
tertentu. Tahukah kamu organ penyusun tumbuhan berpembuluh? Tubuh tumbuhan
berpembuluh tersusun atas beberapa organ. Secara umum, organ penyusun tumbuhan
berpembuluh dapat dikelompokkan menjadi organ vegetatif dan organ generatif.
Organ
vegetatif merupakan organ tumbuhan yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan
dan perkembangan tumbuhan, terutama berguna untuk penyerapan, pengolahan,
pengangkutan, dan penimbunan zat-zat makanan. Organ vegetatif tumbuhan
berpembuluh terdiri atas akar, batang, dan daun. Organ generatif merupakan
organ tumbuhan yang berfungsi dalam proses perkembangbiakan secara generatif
atau seksual (didahului oleh peristiwa perkawinan). Pada tumbuhan berbiji
tertutup (Angiospermae) organ generatif terdiri atas bunga, buah, dan biji.
B. Apa yang kamu perlukan?
1.
Tumbuhan bayam (Amaranthus sp.), tumbuhan pacar air (Impatiens balsamina),
kangkung (Ipomoea reptans), atau tanaman lainnya lengkap dengan akar, batang,
dan daun.
2.
Jahe/kunyit/lengkuas
3.
Kentang
4.
Wortel
5.
Singkong
6.
Tumbuhan kaktus/tumbuhan buah naga
C. Apa yang harus kamu lakukan?
1.
Bersama kelompokmu, amati dan deskripsikan ciri-ciri umum dari akar, batang,
dan daun dari tumbuhan bayam, pacar air, atau kangkung.
2.
Jelaskan fungsi dari masing-masing organ yang telah kamu amati!
D. Hasil Pengamatan
Gambar
Hasil Pengamatan Tubuh Tumbuhan
Gambar Organ Penyusun Tumbuhan |
Hasil Identifikasi Tubuh Tumbuhan
1. Nama Organ A: Akar.
Fungsi: Menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah dan menyerap air serta mineral
dalam tanah.
2. Nama Organ B:
Batang. Fungsi: Menyokong bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, dan
sebagai jalan pengangkutan air dan mineral dari akar menuju daun.
3. Nama Organ C: Daun.
Fungsi: Alat untuk mengambil gas karbon dioksida (CO2) yang
digunakan sebagai sumber dalam fotosintesis, mengatur penguapan air
(transpirasi), dan pernapasan (respirasi) tumbuhan.
4. Nama Organ D: Bunga.
Fungsi: Alat reproduksi generatif pada tumbuhan
Tabel
Hasil Identifikasi Organ Penyusun Tumbuhan beserta Fungsinya
E. Apa yang perlu kamu diskusikan?
1.
Bersama kelompokmu amatilah rimpang jahe/kunyit/lengkuas, kentang, wortel, dan
singkong! Apakah termasuk batang, akar, atau daun? Kemukakan alasanmu!
Jawab: Hasil identifikasi
rimpang jahe, kentang, wortel, dan singkong:
a. Rimpang
jahe/lengkuas, kunyit: merupakan modifikasi dari batang. Ciri yang menguatkan
rimpang adalah batang, karena beruas-ruas (terdapat buku dan nodus) dan
terdapat daun pada nodusnya.
b. Kentang : merupakan
modifikasi dari batang karena pada umbi kentang dapat tumbuh daun dari
nodusnya.
c. Wortel dan
singkong: merupakan modifikasi dari akar karena masih terdapat cabang-cabang
akar yang melekat pada umbinya, dan tidak dapat tumbuh daun dari umbi
tersebut.
2.
Bersama kelompokmu amatilah tanaman kaktus/buah naga. Apakah tanaman
kaktus/buah naga memiliki daun? Di manakah tempat fotosintesis tanaman kaktus?
Jawab: Daun kaktus
termodifikasi menjadi duri. Kaktus melakukan fotosintesis pada batang karena
batangnya mengandung klorofil.
3. Berdasarkan
pengamatan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Organ pada Tumbuhan
terdiri dari
a. Akar. Fungsi:
Menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah dan menyerap air serta mineral dalam
tanah.
b. Batang. Fungsi:
Menyokong bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, dan sebagai jalan
pengangkutan air dan mineral dari akar menuju daun.
c. Daun. Fungsi: Alat
untuk mengambil gas karbon dioksida (CO2) yang digunakan sebagai
sumber dalam fotosintesis, mengatur penguapan air (transpirasi), dan pernapasan
(respirasi) tumbuhan.
d. Bunga. Fungsi: Alat reproduksi generatif pada tumbuhan
Referensi:
Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
Baca juga:
Struktur dan Fungsi Tumbuhan | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar